Keutamaan Bulan Rajab yang Harus Diketahui Para Umat Muslim

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
24320-bulan rajab
Daftar Topik

Saat ini kita telah memasuki bulan Isra’ Mi’raj, yaitu bulan Rajab. Dimana bulan Rajab tahun ini tertanggal pada 25 Februari 2020 jika menurut pada kalender masehi. Seperti yang diketahui, pada bulan Rajab ini umat muslim berbondong-bondong melakukan kebaikan dengan berpuasa sunah. Hal ini dikarenakan keutamaan bulan Rajab itu sendiri.

Baik kalender hijriyah maupun masehi masing-masing memiliki 12 bulan. Namun pada kalender hijriyah ada beberapa bulan yang memang memiliki keutamaan. Nah, salah satu bulan dengan banyak keutamaan adalah bulan rajab.

Keutamaan Bulan Rajab


1. Bulannya Allah

Segala yang ada di bumi memang milik Allah, karena Dia adalah Tuhan semesta alam.  Meski begitu, penyebutan bulan Rajab adalah bulannya Allah ada dalam sebuah hadis yang berbunyi. “Rajab adalah bulannya Allah, Sya’ban bulanku, dan Ramadhan bulannya umatku”.

Berdasarkan penafsiran  para ulama’, maksud hadis tersebut adalah Rajab bulan untuk istigghfar yaitu memohon ampun kepada Allah, sya’ban bulan Sholawat atas Nabi Muhammad, dan Ramadan adalah bulan alquran.

2. Bulan isra’ mi’raj

Malam menakjubkan yang dialami oleh Nabi Muhammad tepat dilakukan pada bulan Rajab tepatnya pada  tanggal 27 Rajab. Peristiwa agung dan suci inlah awal mula ada perintah untuk melaksanakan salat. Peristiwa isra’ mi’raj menjadi peristiwa yang menakjubkan, karena pada saat iru Nabi melihat Allah secara langsung, bertemu dengan nabi sebelumnya, serta  ditunjukkan nikmatnya suurga dan sengsaranya penghuni neraka.

3. Bulan dengan imbalan surga

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Oleh sebab itu tidak ada manusia yang benar-benar suci dari kesalahan, bahkan nabi pun juga pernah melakukan kesalahan. Setiap manusia memiliki potensi untuk masuk surga maupun neraka, hal itu tergantung pribadi manusia itu sendiri.

Oleh karena itu, agar terhindar dari neraka maka manfaatkan momen bulan Rajab ini untuk beribadah dan berpuasa.

4. Bulan dengan pahala berlipat

Sungguh istimewanya bulan Rajab sehingga siapa yang berpuasa satu hari di bulan ini maka seakan telah berpuasa satu bulan. Melihat pahala yang berlipat pada bulan Rajab, apalagi yang kita tunggu. Serta kapan lagi kita mendapat imbalan yang begitu banyanya.

Selain itu, tidak hanya puasa, bahkan ibadah yang lain pun mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah.

5. Bulan menyambut Ramadan

Keutamaan bulan Rajab selanjutnya adalah bulan untuk menyambut Ramadan. Dimana Ramadan adalah waktu yang sangat dinanti oleh umat muslim. Detik-detik menuju bulan Ramadan tertentu terasa sangat istimewa. Bahkan euforianya sudah terasa saat bulan Rajab datang.

Selain itu, malam pertama di bulan Rajab juga menjadi malam yang istimewa jika dibandingkan dengan malam biasanya.

6. Termasuk bulan haram

Terdapat empat bulan yang termasuk ke dalam bulan haram yaitu Rajab, dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Keempat bulan haram tersebut telah disebutkan oleh Rasulullah dalam sabdanya yang artinya “satu tahun terdapat dua belas bulan, yang terdapat empat empat bulan suci. Tiga bulan yang pertama berturut-turut adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram, yang lainnya Rajab mudhor antara bulan Jumadil dan Sya’ban.

Oleh sebab itu siapapun yang beramal baik pahalanya berlipat dan sebaliknya, siapa yang beramal buruk berlipat pula dosanya.

Amalan yang Baik Saat Bulan Rajab


Setelah membahas mengenai keutamaan bulan Rajab, maka selanjutnya amalan apa sih yang hendaknya dilakukan say berada di bulan Rajab?

1. Salat sunnah

Salat sunnah merupakan amalan tambahan setelah salat fardu. Amalan bulan rajab yang satu ini memiliki beberapa macam, yaitu salat khusus yang dilakukan pada malam pertama menjlang bulan Rajab, salat sunah pada malam jumat di minggu pertama bulan Rajab, salat nisfu sya’ban, serta salat pada malam 27 Rajab.

Amalan salat sunah ini telah dijelaskan pula oleh Nabi dalam salah satu sabdanya yang artinya:

“Sesungguhnya amal yang pertama kali akan dihisab adalah salat. Setelah mengatakan hal tersebut Rasulullah bersabda lagi, Allah berfirman kepada para malaikat apakah hamba-Nya sudah sempurna dalam melaksanakan salatnya” (HR. Abu Daud)

Dalam hadis tersebut juga dilanjutkan, bahwa apabila salat tersebut sudah dilakukan dengan sempurna maka pahala untuknya juga sempurna. Sedangkan apabila hamba tersebut memiliki kekurangan maka akan dilihat dari salat sunahnya.

2. Shalawat

Selain berpuasa ada amalan bulan Rajab yang bisa dilakukan adalah memperbanyak sholawat. Seperti yang kita tahu, bersholawat kepada Nabi sudah diperintahkan oleh Allah dalam al-Quran surat al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

 يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا…….

Artinya: “……, Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian atasnya dan ucapkan salam penghormatan padanya (Nabi)”

3. Bersedekah

Sedekah atau zakat telah tercantum dalam lima rukun Islam. Dalam ayat alquran zakat selalu disandingkan dengan kata salat, sehingga zakat bukanlah suatu amalan yang tidak ada dasarnya. Apalagi kita sesama manusia harus berbuat baik kepada manusia lainnya. Selain itu, keutamaan sedekah juga sangat banyak sebagaimana telah difirmankan oleh Allah dalam QS al-baqarah  ayat 261.

Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa siapapun yang bersedia untuk menafkahkan sebagian hartanya untuk jalan Allah, diumpamakan dengan sebutir benih. Dimana benih tersebut akan menumbuhkan tujuh bulir lagi yang setiap bulirnya ada 100 biji.

4. Memperbanyak istighfar

Beristighfar menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk yang penuh dosa, sekaligus dapat memnumbuhkan sikap rendah hati. pada umumnya, bulan Rajab merupakan bulan pengampunan yang pastinya menjadi salah satu waktu terbaik untuk memperbanyak memohon ampun, seperti membaca sayyidul istighfar.

Selain itu, Anda juga bisa sering-sering mengamalkan tasbih, tahmid, takbir, dan dzikir lainnya. Karena bulan Rajab juga merupakan bulan untuk introspeksi diri dengan banyak mengingat Allah.

BACA JUGA!

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP