Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Harus Diketahui Umat Muslim

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
158-puasa
Daftar Topik

Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang ada dalam penanggalan Hijriyah. bulan Dzulhijjah ini menjadi salah satu bulan yang cukup istimewa dan disucikan bagi umat muslim. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim “sesungguhnya zaman akan terus berputar seperti bentuk semula saat Allah telah menciptakan langit serta bumi. Di dalam satu tahun terdapat 12 bulan yang di antara bulan-bulan tersebut ada bulan-bulan yang dihormati. Yaitu yang 3 bulan berturut-turut di antaranya bulan Dzulqa’idah, bulan Dzulhijjah dan juga bulan Muharram. Selain itu ada satu bulan lagi yang terpisah yakni bulan Rajab Mudhar yang mana ada di antara bulan Jumadil Akhir dan Sya’ban”.

Jika mendengar bulan Dzulhijjah, maka sangat erat kaitannya dengan musim haji. Ternyata penamaan dari nama Dzulhijjah sendiri berasal dari dua kata yaitu kata dzul yang berarti pemilik dan kata hijjah yang berarti haji. Bagi orang-orang yang hendak menunaikan ibadah haji, maka bulan Dzulhijjah ini adalah suatu momen yang sangat dinanti-nantikan yang mana puncak haji yaitu wukuf di Arofah tanggal 9 Dzulhijjah.

Nah, tentunya kita semua harus tahu bahwa saat masuk bulan Dzulhijjah ini disunnahkan bagi umat muslim untuk berpuasa. Nah berpuasa di bulan Dzulhijjah ini memang sangat dianjurkan karena ada 7 keutamaan bulan Dzulhijjah yang harus diketahui umat muslim.

1. Puasa Tanggal 1 Dzulhijjah Keutamaannya Diampuni Dosanya


Saat tanggal 1 Dzulhijjah, maka Allah telah mengampuni dosa-dosa Nabi Adam AS di Arofah. Hal tersebut sama seperti Nabi Adam AS, maka umat muslim yang saat tanggal 1 Dzulhijjah melaksanakan puasa sunnah akan mendapatkan keutamaan yakni pengampunan atas segala dosa-dosa yang pernah dilakukan.

2. Puasa Tanggal 2 Dzulhijjah Keutamaannya Dianggap Sama dengan Beribadah Selama Setahun


Saat tanggal 2 Dzulhijjah juga disunnahkan berpuasa yang mana pernah terjadi suatu peristiwa yakni Allah mengabulkan doa-doa Nabi Yunus AS. Kemudian doa Nabi Yunus dikabulkan oleh Allah SWT sehingga Nabi Yunus keluar dari perut ikan Nun. Oleh sebab itu, umat muslim yang berpuasa pada tanggal 2 Dzulhijjah mendapatkan keutamaan yang sama dengan beribadah selama 1 tahun.

3. Puasa Tanggal 3 Dzulhijjah Keutamaannya akan Dikabulkan Doanya


Saat tanggal 3 Dzulhijjah, maka disunnahkan berpuasa dan akan mendapatkan keutamaan yakni dikabulkan doanya. Sebagaimana Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakariya AS.

4. Puasa Tanggal 4 Dzulhijjah Keutamaannya Akan Dihilangkan Kesusahannya


Saat memasuki tanggal 4 Dzulhijjah, maka disunnahkan berpuasa dan di dalamnya terdapat keutamaan. Yang mana pada tanggal tersebut juga telah lahir Nabi Isa AS. Maka keutaman yang akan didapatkan yaitu akan dikumpulkan bersama dengan orang-orang mulia saat di hari kiamat nanti.

5. Puasa Tanggal 5 Dzulhijjah Keutamaannya Akan Terlepas dari Sifat Munafik


Saat tanggal 5 Dzulhijjah disunnahkan berpuasa yang bertepatan juga dengan lahirnya Nabi Musa AS dan merupakan manusia yang dimuliakan doanya. Oleh sebab itu, keutamaan berpuasa tanggal 5 Dzulhijjah ini akan dilepaskan dari sifat-sifat munafik serta siksa kubur.

6. Puasa Tanggal 6 Dzulhijjah Keutamaannya Akan Dipenuhi Rasa Kasih serta Penuh Rahmat


Pada tanggal 6 Dzulhijjah merupakan momen dimana Allah SWT telah membukakan pintu kebaikan kepada semua nabi. Oleh sebab itu, jika kita berpuasa pada tanggal 6 Dzulhijjah akan mendapatkan keutamaan berupa selalu dilihat oleh Allah SWT dengan rahmat serta kasih sayang.

7. Puasa Tanggal 7 Dzulhijjah Keutamaannya Dijauhkan Dari Pintu Kesulitan dan Kemelaratan


Yang terakhir yaitu saat tanggal 7 Dzulhijjah merupakan momen dimana pintu neraka akan dikunci dan tidak akan dibuka lagi hingga tanggal 10 Dzulhijjah. Oleh sebab itu, bagi yang berpuasa pada tanggal 7 Dzulhijjah akan mendapatkan keutamaan yakni dihindarkan dari 30 pintu kesulitan serta kemelaratan.

Bulan Dzulhijjah memang bulan yang sangat mulia yang di dalamnya banyak sekali amalan-amalan sholeh yang baik untuk dikerjakan seperti puasa yang paling utama di sepuluh hari pertamanya. Sebagaimana yang telah disabdakan Rasulullah SAW “Tidaklah ada suatu hari yang mana semua amal sholeh dalam hari-hari tersebut yang lebih dicintai oleh Allah SWT daripada hari-hari ini (10 hari pertama di bulan Dzulhijjah)”. Kemudian sahabat berkata “Tidak juga untuk jihat fii Sabilillah ya Rasulullah?”. Lalu Rasulullah Saw menjawab “Tidak juga untuk jihad fii Sabilillah, kecuali bagi orang-orang yang sedang berjihad dengan diri serta hartanya lalu semua itu tidak lagi kembali kepadanya (mati syahid)”. (HR Bukhari)

Nah, kini sudah tahu bukan 7 keutamaan bulan Dzulhijjah yang sudah dijelaskan di atas. Tentunya semua bulan adalah baik dan bulan yang istimewa di antaranya ada di bulan Dzulhijjah. Oleh sebab itu, banyak-banyaklah berbuat baik dengan beramal sholih dan berpuasa. Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dan manfaat dari artikel di atas.

BACA JUGA!

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP