Ketahuilah! Inilah Cara Menghilangkan Komedo di Hidung yang Paling Aman

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara-menghilangkan-komedo-825x500[1]
Daftar Topik

Komedo merupakan salah satu permasalahan kulit yang sangat dihindari oleh semua orang, terutama para wanita. Komedo merupakan sumbatan pada folikel rambut pada kulit. Sumbatan ini terbentuk dari serpihan kulit atau keratin yang berpadu dengan minyak.

Komedo pada hidung sering kali membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman bahkan ada pula yang merasa tidak percaya diri karena adanya komedo pada hidungnya. Jika kamu termasuk seseorang yang sedang mengalaminya, maka kamu tidak perlu cemas karena sekarang sudah ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan komedo di hidung yang bisa kamu andalkan.

Pada umumnya, komedo dikenal dengan dua jenis yaitu komedo hitam yang merupakan komedo yang terbuka dan komedo putih yang merupakan komedo yang tertutup kulit. Umumnya, komedo ini muncul pada saat masa-masa pubertas, yaitu pada saat produksi minyak kelenjar sebasea meningkat. Salah satu faktor munculnya komedo di hidung adalah perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Selain itu, faktor yang lainnya adalah menstruasi, kehamilan, keringat berlebih, penggunaan pil KB dan sebagainya.

Cara Menghilangkan Komedo

Ada berbagai cara yang bisa kami praktikkan untuk menghilangkan komedo yang menyerang hidungmu. Mulai dari pengangkatan komedo yang dilakukan sendiri di rumah atau dengan cara memeriksakannya ke dokter kulit atau dermatologis. Kamu bisa menggunakan cara yang dirasa cocok untuk mengatasi permasalahan komedo kamu.

Menggunakan ekstraktor komedo

Cara yang satu ini dapat kamu mulai dengan cara mencuci wajah kamu hingga bersih. Kemudian dekatkan wajah kamu pada uap panas dari air mendidih secara perlahan. Uap ini akan membuka pori-pori wajah kamu sehingga komedo dapat diangkat dengan lebih mudah. Untuk mendapatkan ekstraktor komedo, kamu bisa mencarinya di toko kecantikan pada umumnya. Sebelum menggunakannya, kamu harus membersihkan dan mensterilkannya terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga harus membersihkan alat tersebut secara teratur serta tidak menggunakannya secara bergantian.

Cara mudah untuk mensterilkan ekstraktor tersebut adalah membersihkannya dengan menggunakan alkohol. Setelah alat tersebut steril, berkacalah pada cermin dan tekan permukaan kulit hidung pada area komedo lalu tangan lainnya memegang ekstraktor. Keluarkan komedo dari pori-pori hingga ke akarnya secara perlahan. Untuk melembabkannya, oleskan penyegar wajah atau kamu juga bisa menggunakan es pada pori yang komedonya telah kamu angkat. Setelah itu, sterilkan kembali ekstraktor yang telah kamu gunakan sebelum beralih pada komedo yang lainnya. Lakukanlah cara tersebut hingga komedo pada hidungmu telah bersih. Kamu harus melakukan cara ini dengan sangat hati-hati, karena cara ini cukup berisiko menyebabkan bekas jaringan parut pada kulit.

Strip pori

Strip pori atau yang lebih kita kenal dengan nama pore pack merupakan strip yang ditempelkan pada hidung selama beberapa saat untuk kemudian dikelupas. Komedo yang tertempel pada pore pack tersebut akan ikut terangkat. Kamu bisa menemukan pore pack ini di supermarket terdekat. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling cepat dan murah serta sangat tepat digunakan pada kulit yang berminyak atau kombinasi. Hal yang perlu kamu waspadai adalah bahwa cara ini bisa saja ikut mengangkat lapisan epidermis pada kulit hidung kamu.

Memeriksakan kulit ke dermatologi

Menghilangkan komedo di hidung pada dermatologis biasanya dilakukukan dengan sesuai dengan jenis komedo dan kondisi kulit kamu. Dermabrasi dan terapi laser mungkin bisa kamu coba untuk menghilangkan komedo. Akan tetapi, teknik ini ternyata dapat menyebabkan bekas jaringan parut. Seorang dokter kulit atau dermatologis dapat menghilangkan komedo yang berukuran satu millimeter atau bahkan lebih dengan proses operasi atau kauterisasi.

Jika kamu memutuskan untuk mengatasi masalah komedo kamu di dermatologis, maka datangilah klinik kecantikan telah terpercaya dan berlisensi untuk melakukan perawatan. Selain itu, perhatikanlah bahwa alat yang digunakan haruslah steril pada saat sebelum digunakan.

Setelah kulit hidung kamu bersih, hal ini bukan berarti kamu akan terbebas dari masalah komedo selamanya. Kamu harus ingat bahwa ada kondisi alami tubuh yang dapat membuat komedo kembali. Akan tetapi, kamu tidak perlu merasa cemas karena ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah komedo datang lagi, seperti:

  • Gunakanlah produk perawatan kulit yang berlabel nonacnegenic dan noncomedogenic karena keduanya lebih aman dan tidak berisiko menyebabkan penyumbatan pori-pori.
  • Hindarilah penggunaan produk pembersih eksfolian yang bersifat abrasive karena justru akan berisiko menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Jangan pernah menyentuh wajah dalam keadaan tangan yang kotor. Hal ini dapat menyebabkan bakteri dari tangan berpindah pada wajah sehingga bisa menimbulkan munculnya komedo.

Itulah beberapa cara menghilagkan komedo yang paling aman yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP