Ketahuilah Beberapa Hewan Langka yang Dilindungi di Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
tujuh-hewan-langka-ini-hanya-ada-di-indonesia-Hu9ZpvSpf2-768x422[1]
Daftar Topik

Di mata dunia, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Akan tetapi, selain itu masih banyak kekayaan yang dimiliki oleh negara kita ini. Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan flora dan fauna yang begitu beragam, termasuk juga fauna yang telah langka yang hanya ada di Indonesia. Akan tetapi, ada sebagian orang yang tidak bertanggung jawab malah membunuh fauna-fauna tersebut untuk kepentingan pribadi dan bukannya menjaganya.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia pada akhirnya mengeluarkan undang-undang yang mengatur tentang hewan langka yang dilindungi Indonesia. Berikut merupakan hewan-hewan yang termasuk dilindungi oleh Indonesia.

Orang Utan (Pongo pygemus)

Orang utan merupakan salah satu hewan langka yang mirip seperti kera. Akan tetapi tentu saja keduanya memiliki ciri khas yang berbeda, dimana orang utan memiliki rambut yang lebih panjang daripada jenis kera yang ada. Makanan utama dan yang paling disukai oleh orang utan adalah buah-buahan. Di Indonesia, orang utan ini tersebar di seluruh dataran rendah dan hutan tropus yang terdapat di pulau Kalimantan.

Badak Bercula Satu (Rhinoceras sundaicus)

Badak bercula satu merupakan salah satu hewan langka yang ada di Indonesia. hewan ini hanya tersisa sekitar 50 an ekor saja yang masih hidup, dan dapat kita temukan di hutan ujung kulon. Badak bercula satu ini merupakan salah satu jenis hewan herbivora yaitu hewan yang memakan daun-daunan.

Badak Bercula Dua (Dicerorhinus sumatrensis)

Badak bercula dua memiliki bentuk badan yang agak mirip dengan badak bercula satu, hanya saja yang membedakannya adalah adanya dua cula yang terletak di bagian depannya. Badak bercula dua ini hanya bisa kita temukan di pulau Sumatera.

Musang Congkok (Prionodon linsang)

Musang congkok merupakan salah satu hewan langka yang memiliki berat tubuh sekitar 5 Kg dan mempunyai panjang tubuh 71 cm. Hewan ini bisa kita temukan di daerah Aceh dan pegunungan Sumatera Barat. Hewan yang menyukai mamalia kecil dan beberapa jenis serangga ini termasuk jenis hewan yang cukup gesit ketika memanjat pohon.

Singapuar (Tarsius bancanus)

Singapuar merupakan hewan yang mendapat julukan primata terkecil di dunia dan Indonesia harusnya merasa bangga karena telah memilikinya. Salah satu hewan langka ini mempunyai berat tubuh sekitar 80-140 gram dan memiliki panjang tubuh 12-15 cm. Hal inilah yang membuatnya mendapat julukan sebagai primata terkecil yang ada di dunia.

Singapuar ini memiliki sepasang mata besar yang ukurannya melebihi volume otaknya sendiri dan hanya dapat digunakan pada malam hari saja. Jika dilihat sekilas, hewan ini mirip dengan burung hantu. Pulau Kalimantan merupakan habitat asli dari hewan yang satu ini, tepatnya di kepulauan Riau. Selain itu, singapuar juga dapat kita temukan di Kepulauan Sumatera bagian selatan dan tenggara.

Ikan Belida (Notopetrus chitala)

Ikan ini memiliki berat tubuh yang mencapai 1Kg dan panjang tubuh 87,5 cm. ukuran tersebut merupakan ukuran yang cukup besar untuk ukuran ikan air tawar. Ikan ini memiliki bentuk tubuh seperti pisau, dan makanan kesukaannya adalah ikan-ikan kecil serta udang. Perairan air tawar di wilayah Jawan dan Kalimantan merupakan habitat asli dari hewan langka yang satu ini.

Harimau Sumatra (Pantheras tigris sumatra)

Harimau Sumatera ini merupakan salah satu hewan langka yang sangat dilindungi oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan keberadaannya yang sangat memprihatinkan dengan jumlah yang hanya tersisa 500 an ekor saja. Salah satu penyebab dari langkanya hewan ini adalah penebangan hutan yang dilakukan secara liar dan sembarangan serta perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. Sesuai namanya, hewan ini hanya bisa kita temukan di daerah Sumatera.

Anoa (Bubalus depressicornis)

Jika diperhatikan, sekilas hewan yang satu ini mirip dengan seekor kambing dengan ukuran yang lebih besar. Akan tetapi yang membedakan keduanya selain ukurannya adalah adanya tanduk runcing dikepalanya yang panjangnya hingga 30cm. anoa merupakan salah satu jenis mamalia yang mempunyai jumlah kuku yang genap. Habitat asli dari hewan langka yang satu ini adalah daerah Sulawesi.

Burung Elang Jawa (Spizaetus bartelsi)

Burung elang jenis ini mempunyai bentuk tubuh yang sangat gagah. Akan tetapi, yang disayangkan adalah populasinya yang kini hanya tersisa 250 ekor saja. Keberadaan hewan langka yang satu ini tersebar di sekitar hutan di pulau Jawa.

Komodo

Komodo merupakan salah satu hewan langka dan hanya terletak di Indonesia saja, tepatnya di pulau komodo. Hewan langka yang satu ini juga termasuk spesies kadal terbesar yang ada di dunia dengan panjang rata-rata 2-3 meter dan beratnya yang bisa mencapai 100 Kg.

Habitat komodo telah mengalami penyusutan, apalagi di alam yang bebas. Oleh karena itu, maka IUCN (International Union fot the Conversation of Nature) memasukkan komodo termasuk sebagai hewan yang langka. Hewan ini pun termasuk salah satu hewan langka yang dilindungi pemerintah Indonesia.

Itulah beberapa hewan langka yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP