Ketahuilah 5 Perbedaan Visa dan MasterCard sebelum Mendaftar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Visa dan MasterCard bukan? Bahkan mungkin kamu juga sering menjumpai kedua logo ini di mana mana, baik pada kartu debit maupun pada kartu kredit, di stiker merchant hingga di ATM yang letaknya di pinggir jalan.

Visa dan MasterCard telah mempunyai ruang lingkup bisnis yang sudah sangat menggurita hingga tersebar ke seluruh belahan dunia setidaknya sampai saat ini. Kita memang mengakui bahwa Visa dan MasterCard merupakan jaringan kartu kredit yang sudah sangat besar. Saking sama-sama terkenal, sering kali masyarakat tidak memperhatikan apa perbedaan dari Visa dan MasterCard ini. Padahal Visa dan MasterCard merupakan jaringan kartu kredit yang sangat berbeda dan tentunya saling bersaing untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat lebih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan perbedaan antara Visa dan MasterCard yang harus kamu ketahui.

Perbedaan Dari Segi Perusahaan atau Provider

Perbedaan yang paling utama dari Visa dan MasterCard adalah perusahaan atau provider penyedianya. Visa merupakan kartu kredit yang diproduksi oleh Visa International Services Association (VISA Inc) yang bertempat di Foster City, California, Amerika. Sedangkan MasterCard merupakan kartu kredit yang diproduksi di Purchase, New York, Amerika.

Visa berdiri sejak tahun 1955, sedangkan MasterCard berdiri pada tahun 1966.

Perbedaan Dari Segi Popularitas dan Jangkauan

Hal selanjutnya yang membedakan antara Visa dan MasterCard adalah segi popularitas dan jangkauannya. Untuk popularitasnya, Visa dan MasterCard memiliki tingkat kepopuleran yang sama. Apabila kamu mengamati merchant-merchant, baik itu online maupun offline selalu tersedia pilihan Visa maupun MasterCard.

Begitupun halnya dengan di berbagai ATM, Visa dan MasterCard hampir selalu kita temukan secara berdampingan. Namun meskipun keduanya telah dikenal di seluruh penjuru dunia, ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa Visa lebih banyak digunakan di kawasan Asia Pasifik, sedangkan MasterCard lebih banyak digunakan di kawasan Amerika dan Eropa. Sedangkan kartu kredit MasterCard lebih dominan di kawasan Amerika dan Erpoa.

Perbedaan Dari Segi Tipe Kartu Kredit

Perbedaan yang ketiga dari Visa dan MasterCard terletak pada segi tipe kartu kreditnya. Pada umumnya saat ini memang kartu kredit memiliki tiga tipe kartu yaitu silver, gold, dan platinum baik pada Visa mau pun pada MasterCard. Akan tetapi, ternyata keduanya juga sama-sama menyediakan tipe kartu yang menawarkan keuntungan yang lebih banyak dari ketiga tipe yang sebelumnya telah disebutkan.

Keuntungan pertama adalah, pihak Visa mengeluarkan kartu kredit yang mereka namai dengan Visa Signature yang telah dikenal sebagai salah satu produk yang eksklusif. Penggunaan kartu kredit Visa Singature ini biasanya digunakan oleh mereka yang berprofesi sebagai pengusaha atau professional terkenal. Manfaat dari kartu kredit ini adalah limit minimum awalnya yang terbilang cukup besar yaitu mulai dari 100 juta rupiah bahkan sampai tak terhingga.

Fasilitas yang diberikannya pun sangat eksklusif, mulai dari airport lounge, traver assist, kenggotaan klub golf, special travel dan masih banyak fasilitas lainnya yang lebih eksklusif. Selain produk Visa Signature, ada juga Visa Infinite yang sulit dimiliki oleh orang biasa. Jika kamu ingin memilikinya, sedikitnya kamu harus memiliki asset dalam bentuk tunai diatas US$ 100 ribu atau senilai 1 milyar rupiah.

Selain itu, kamu juga minimal harus terdaftar sebagai salah satu nasabah premium dengan asset rekening, deposito atau investasi dari bank penerbit. Limit dari kartu ini mulai dari 50 juta rupiah hingga tak terbatas. Semakin besar asset yang kamu miliki, maka semakin besar pula limit kartu kredit visa infinite ini. Fasilitas yang diberikan apabila kamu memiliki kartu kredit yang satu ini adalah kamu bisa menikmati asuransi perjalanan, travel assist hingga special priority pass. Kartu ini sangat cocok apabila digunakan untuk kepentingan berbisnis.

Sedangkan MasterCard menyediakan keuntungan yang khusus bagi para nasabah premiumnya yang berbeda dan tentunya tidak kalah saing dengan Visa. MasterCard menyediakan tipe World MasterCard yang bisa dibilang satu level dengan Visa Infinite.

Kamu harus menggunakan kartu kredit minimal sebesar 75 juta dalam satu tahun. Untuk mendapatkan kartu ini, syarat yang diperlukannya hampir sama dengan persyaratan untuk mendapatkan Visa Infinite. Akan tetapi, kartu ini telah diterima 2 kali lipat lebih banyak di berbagai negara dibandingkan dengan yang lainnya. Selain itu, ada pula layanan pelindung identitas yang diberi nama layanan Identity Resolution Service.

Perbedaan Terkait Perlindungan Nasabah

Perbedaan lainnya dari kartu kredit Visa dan MasterCard ini adalah dalam segi perlindungan nasabah. Visa menawarkan sistem pengamanan berupa One Time Password ke dalam jendela verified Visa. Sedangkan dari pihak MasterCard menawarkan perlindungan yang berupa Secure Code yang merupakan pin tambahan yang harus kamu masukkan ketika bertransaksi secara online.

Perbedaan Masalah Biaya Transaksi

Perbedaan terakhir dari kedua jenis kartu kredit ini terletak pada masalah biaya transaksi. Baik Visa maupun MasterCard sama-sama memberlakukan biaya tambahan ketika melakukan transaksi. Untuk pengguna Visa, jika kamu menggunakannya di luar negeri maka biaya yang harus kamu keluarkan adalah 1% dari total transaksi yang kamu lakukan. Sedangkan untuk MasterCard, biaya yang harus kamu bayarkan berbeda-beda yaitu berkisar pada 0,2% hingga 1% dari setiap transaksi yang kamu lakukan. Hal tersebut tergantung pada merchant yang melayani kamu ketika melakukan transaksi.

Itulah lima perbedaan Visa dan MasterCard yang perlu kamu ketahui sebelum membuat akunnya. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA