Ketahui Tujuh Obat Asam Urat dan Kolesterol yang Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Asam urat dan kolesterol merupakan dua penyakit yang akhir-akhir ini banyak kita jumpai. Tidak hanya orang tua namun juga orang yang masih terhitung muda. kebanyakan orang yang menderita penyakit ini menganggapnya enteng, padahal penyakit ini bisa menjadi serius ketika terjadi peradangan.

Banyak cara untuk mengatasai penyakit ini, namun kebanyakan memberikan pengobatan dengan obat berbahan kimia. Obat kimia tentu bukan hal yang dilarang, namun hal yang perlu kamu ketahui adalah Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Dengan demikian banyak tumbuhan yang dapat kita jadikan obat untuk mengatasi asam urat dan kolesterol. Obat herbal atau alami lebih aman dibandingkan obat kimia. obat herbal atau alami tidak menimbulkan efek samping sedangkan bahan kimia pasti memiliki efek samping. Nah daripada kita dilanda banyak kekhawatiran, lebih baik kita menggunakan cara yang aman yaitu menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagai obat asam urat dan kolesterol seperti di bawah ini!

Kumis kucing

Jual daun kumis kucing | herbal kumis kucing | obat batu ginjal - Kab.  Bekasi - BIGBRO Dropshiper | Tokopedia

Kumis kucing adalah salah satu bahan alami yang seringkali digunakan untuk mengobati asam urat. Dulu tumbuhan kumis kucing ini banyak tumbuh dipekarangan rumah, namun sekarang ini mungkin kamu akan lebih sulit untuk menemukannya. Kumis kucing ternyata mengandung garam kalium yang cukup tinggi. Kandungannya tersebut dapat melarutkan batu ginjal. Selain itu, tumbuhan ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida dan sinsetin yang berperan sebagai antibakteri. Dengan sifat diuretic yang dimilikinya, kumis kucing dapat membuang asam urat berlebih melalui urin.

Untuk mengkonsumsinya kamu bisa ikuti cara di bawah ini:

  • Cuci bersih 10 lembar daun kumis kucing segar.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.
  • Setelah dingin, saring dan kamu minum. Untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal sebaiknya kamu minum sekali pada pagi hari.

Sambiloto

Jual Bibit Tanaman herbal Daun Sambiloto Online Desember 2020 | Blibli

Sambiloto adalah bahan alami yang secara alami mampu mengurangi asam urat dan kolesterol. Tanaman satu ini memiliki kandungan flavonoid, senyawa keton, aldehid, natrium, alkane, kalium dan juga kalsium. Dengan demikian, walaupun memiliki rasa yang pahit, tumbuhan ini memiliki khasiat utnu mengatasi asam urat dengan menghilangkan nyeri dan mencegah peradangan.

Daun salam

Jual Daun salam segar - Berat 1 kg - Jakarta Barat - Candra25Herbal |  Tokopedia

Siapa yang tidak kenal dengan daun salam. Pasti kamu tahu dengan tumbuhan satu ini. Daun salam biasa digunakan sebagai penyedap makanan. Namun ternyata daun salam juga mampu dijadikan obat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol. Daun salam mengandung tanin, minyak esensial, dan flavonoid yang bekerja ampuh mengatasi penyakit asam urat dan kolesterol. Selain itu, dengan sifat analgetik yang dimiliki daun salam dapat membantu mengurangi rasa sakit saat asam urat kambuh. Cara pengobatannya kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Siapkan 10 lembar daun salam yang masih muda dan segar, lalu cuci bersih.
  • Rebus dengan air 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas.
  • Angkat lalu tunggu hingga tidak terlalu panas atau hangat dan minum obat alami asam urat tersebut dalam keadaan hangat sebanyak 2 kali sehari.

Cuka apel

Heinz Apple Cider Vinegar ( Cuka Apel ) - 473 Ml | elevenia

Sekarang ini, banyak orang yang menggunakan cuka apel untuk perawatan wajah. Selain bagus untuk kulit, cuka apel juga ampuh untuk mengatasi asam urat dan kolesterol dengan menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh tanpa mengganggu kesehatan.

Brotowali

Tanaman Brotowali | Shopee Indonesia

Brotowali, mungkin masih jarang orang yang mengetahui tumbuhan satu ini. Namun kamu perlu tahu, brotowali adalah salah satu tanaman jenis herbal yang banyak digunakan untuk bahan jamu atau obat tradisional. Selain itu, ternyata brotowali dapat dijadikan obat asam urat dan kolesterol yang ampuh. Cara pengobatannya kamu bisa meminum air rebusan brotowali dan minum setiap hari selama kadar asam urat dan kolesterol sedang naik.

Sidaguri

Daun Sidaguri - obat kanker serviks, tumor, dll | Shopee Indonesia

Sidaguri adalah jenis tanaman liar, namun walaupun demikian tanaman ini mengandung banyak khasiat yang jarang orang tahu. Kandungan yang ada di dalama sidaguri adalah zat alkaloid dengan sifatnya yang diuretik sehingga mampu membantu mengatasi peradangan dan nyeri saat asam urat. Jadi tumbuhan ini bisa menjadi salah satu obat herbal yang ampuh untuk mengatasi asam urat dan kolesterol.

Jahe Merah

Pasar Rame - Jahe Merah

Jahe merah memang cukup terkenal akan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Jahe merah ini juga mampu mengatasi asam urat dan kolesterol dengan cepat. Cara pengobatannya, kamu siapkan jahe merah yang sudah dikupas kulitnya, tumbuk jahe merah lalu rebus sampai mendidih. Selanjutnya kamu bisa meminum air rebusan jahe merah yang biasa kita sebut wedang jahe. Minuman tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga menyembukan peradangan pada persendian dan juga mampu mengurangi timbunan purin pada sendi.

Demikianlah tujuh tumbuhan yang dapat mengobati asam urat dan kolesterol dengan ampuh tanpa efek samping. Selain dengan tumbuhan-tumbuhan yang telah dijelaskan di atas, kamu pun harus menjaga pola makan dan istirahat agar kamu bisa hidup kembali sehat.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA