Ketahui Segudang Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai berbagai aktivitas. Udara di pagi hari memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal itu karena udara pada pagi hari memiliki berbagai zat yang dapat larut bersama air. Dengan demikian, air pada pagi hari menjadi lebih baik untuk kesehatan tubuh. Nah, aktivitas yang baik dilakukan pada pagi hari adalah mandi pagi, agar dapat memperolah tubuh yang sehat. Hal ini mungkin sudah terbiasa dilakukan sebagian orang, tetapi tidak sedikit juga yang masih meninggalkan rutinitas mandi pada pagi hari dengan berbagai alasan.

Ada 3 gaya hidup sehat sebelum jam 6 pagi, diantaranya adalah berolahraga, minum air putih, dan mandi. Bagi sebagian orang, mandi pagi merupakan salah satu aktivitas yang sulit dilakukan, karena beralasan dinginnya air di pagi hari yang dapat membuat rasa malas. Padahal, mandi pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Mandi Pagi

Daya Tahan Tubuh Naik

Sel darah putih yang ada pada tubuh akan bertambah akibat dari rangsangan yang terjadi ketika kita mandi. Sel darah putih tersebut berperan dalam melawan berbagai bibit penyakit yang menyerang tubuh. Dengan adanya sel darah putih yang banyak, maka akan berdampak pada imunitas tubuh yang kuat.

Meningkatkan Kesuburan

Mandi pagi merupakan salah satu pemicu produksi hormon testoteron/hormon pria dan estrogen/hormon wanita salah satunya. Produksi hormon yang baik dapat meningkatkan kesuburan reproduksi pria dan wanita.

Melancarkan Peredaran Darah

Jika seseorang sering melakukan rutinitas mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lancar, hal ini kita ketahui berdasarkan hasil penelitian pada sebuah lembaga riset trombosit di Inggris. Ketika peredaran lancar, maka tubuh terasa lebih segar, rileks, dan bugar.

Meningkatkan Sel Darah Putih

Diketahui ternyata mandi pagi dapat meningkatkan sel darah putih dalam tubuh, hal ini merupakan hasil studi di Inggris. Apabila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka dapat membuat daya tahan serta kemampuan tubuh dalam melawan virus akan semakin meningkat. Dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih kuat serta tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Terhindar Dari Penyakit Rheumatik

Mandi pada malam hari seringkali dapat mengakibatkan penyakit rheumatik. Namun, mandi pagi justru dapat membuat Anda terhindar dari penyakit rheumatik karena air pagi memiliki kandungan karbondioksida yang berbeda daripada pada saat malam hari.

Mengurangi Tingkat Stres

Ketika mandi di pagi hari dan tubuh terbasahi dengan air dingin, maka seluruh bagian tubuh akan mendapatkan pasokan oksigen dengan jumlah yang mencukupi. Kebutuhan oksigen pada berbagai organ tubuh dapat terpenuhi sehingga mampu mengurangi tingkat stres yang sedang dialami.

Menurunkan Resiko Darah Tinggi

Mandi pagi mampu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan demikian mandi pagi dapat menurunkan resiko darah tinggi, varises, serta mengerasnya pembuluh darah.

Mengurangi Kadar Gula Darah

Dengan melakukan rutinitas mandi pagi, kamu bisa mengatasi kadar gula yang tinggi. Karena pada proses detokfikasi, kadar gula dalam darah akan diseimbangkan oleh suhu air.

Menjaga Kulit Tetap Segar Dan Lembab

Mandi pagi merupakan aktifitas yang hampir sama dengan proses detoksifikasi, yaitu proses yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dan kulit. Kulit akan segar dan terjaga kelembabannya karena kandungan karbondioksida yang ada dalam air pagi hari. Dengan membiasakan diri melakukan mandi pagi, maka jaringan kulit akan semakin membaik, kulit menjadi lebih kenyal, lebut serta tidak kering. Mandi pagi juga dapat mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bawah mata. Hal ini dapat membuat kesegaran wajah akan semakin terpancar.

Meningkatkan Kesehatan Rambut Kepala

Ternyata mandi pagi juga bermanfaat bagi rambut. Hal itu karena mandi pagi dapat menguatkan akar rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok, terjaga dan sehat.

Meredakan Depresi

Para pejuang samurai Jepang pada zaman dulu terbiasa melakukan mandi pagi. Dalam bahasa jepang mandi pagi biasa disebut dengan misogi. Mereka melakukan kebiasaan tersebut dengan tujuan agar jiwa mereka bersih sehingga pikiran dapat menjadi lebih tenang dan rileks, serta dapat menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Meningkatkan Energi Dan Pikiran

Mungkin bagi kamu yang pernah mandi pagi tentunya tahu bagaimana segarnya mandi pagi. Dengan demikian kamu bisa membangkitkan tubuh dan pikiran agar lebih segar dan kembali fokus.

Meningkatkan Gerakan Limfatik

Dalam mengangkut sel darah putih untuk melawan infeksi maka dibutuhkan sistem limfatik, yaitu proses yang bergantung pada kontraksi otot. Dengan melakukan mandi pagi, maka akan mendorong terjadinya kontraksi tersebut dan membantu kerja sistem limfatik.

itulah manfaat dari mandi pagi yang jarang orang sukai. Sebaiknya kamu membiasakan diri untuk mandi pagi agar tubuh kamu terjaga kesehatannya. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA