Ketahui Segudang Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Buah anggur, siapa yang tidak tahu dengan buah ini. Tentu diantara kamu banyak penggemar atau yang menyukai buah anggur. Buah anggur sudah tumbuh di muka bumi ini sejak 5000 sebelum masehi dan dikonsumsi sejak dahulu kala. Di bumi ini banyak sekali jenis anggur, mulai dari anggur berwarna merah, hijau, kuning, hitam dan ungu. Selait itu, rasanya pun beragam, ada yang manis ada juga yang masam menyegarkan. Dibalik rasa yang lezat, ternyata buah anggur memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Buah anggur mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B1, B2, dan C. Selain itu, buah anggur juga mengandung antioksidan dan kandungan serat yang baik untuk dikonsumi serta baik untuk tubuh.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan dan menjadi ancaman bagi semua orang. Penyakit Kanker bisa menyerang siapa saja, dari orang dewasa sampai anak-anak. Bahkan para ahli medis pun sampai sekarang belum mengetahui apa penyebab dari penyakit mematikan ini. Maka dari itu, hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mencegahnya. Nah dengan kamu mengonsumsi anggur, kamu bisa mencegah kanker. Hal itu karena anggu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menangkal efek radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit kanker.

Melancarkan Buang Air Besar

Makanan yang mengandung vitamin, mineral, serta serat sangan baik untuk pencernaan. Nah, buah anggur adalah salah satu makanan tersebut. Sehingga jika kamu mengalami gangguan pencernaan atau susah buang air besar, kamu bisa mengobatinya dengan mengonsumsi buah anggur.

Mengobati Asma

Penyakit asma adalah penyakit yang cukup banyak kita temui. Penyebab dari penyakit tersebut adalah banyaknya kadar air dalam paru-paru, sehingga pernafasan jadi terganggu. Kandungan yang ada di dalam buah anggur menjadi salah satu yang dapat mengatasi penyakit asma. Dengan buah anggur, air di dalam paru-paru akan terserap, sehingga buah anggur sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asma.

Memutihkan Gigi

Gigi putih tentu menjadi keinginan banyak orang dan menambah kepercayaan diri. Salah satu dari manfaat buah anggur adalah memutihkan gigi. Kandungan asam malat yang ada pada anggur dapat menghilangkan noda yang menempel pada gigi sekaligus memutihkan gigi.

Mengatasi Susah Tidur

Kualitas istirahat sangat mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan hidup kamu. Maka dari itu kita harus istirahat dengan cuku, namun tidak sedikit orang yang memiliki masalah dengan susah tidur. Jika kamu susah tidur maka kamu akan kurang istirahat dan akhirnya kesehatan kamu pun akan terganggu. Untuk itu, jika kamu susah tidur, kamu bisa mengonsumsi buah anggur secara rutin. Karena anggur mengandung melatonin yang dapat memperngaruhi hormone yang ada dalam tubuh sehingga akan memberikan efek rileks dan tidur yang nyenyak.

Insufisiensi Vena Kronis

Insufisiensi vena kronis merupakan gejala seperti kaki terasa berat, lelah, nyeri, kesemutan dan tegang. Dengan secara rutin mengonsusmi ekstrak biji buah anggur, maka akan mengurangi gejala insufisiensi vena kronis. Bahkan menurut penelitian eksrak daun anggur dapat menurunkan kaki bengkak setelah 6 minggu. Jadi selain buahnya, biji dan daun anggur pun memiliki banyak manfaat.

Tekanan Darah Tinggi

Setelah adanya penilitian terhadap tikus, ditemukan bahwa buah anggur memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan kalium yang ada pada buah anggur juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Diabetes

Menurut penelitian, ternyata buah anggur adalah salah satu buah yang dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7%. Hal itu karena anggur memilikik kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kecantikan Kulit

selain dari buahnya, minyak biji anggur pun dapat bermanfaat untuk perawatan wajah. Minyak biji anggur dipercaya dapat menjaga kelembutan dan kekencangan kulit serta mencegah dari tanda-tanda penuaan seperti keriput, muncul flek hitam, dan lain sebagainya. Selain itu, kandungan antioksidan dan asam lemak esensial dapat membuat wajah kamu tampak lebih muda.

Memperlambat Penuaan

Buah anggur mengandung resveratrol. Kandungan tersebut mampu mecegah penyakit degeneratif, mengaktifkan gen panjang usia, dan membantu sel hidup lebih lama. Selain itu, anggur juga mengandung asam lemak esensial linolenat dan lemak tidak jenuh yang dapat berfungsi untuk mengurangi serta melindungi peradangan dan meningkatkan.

Nah itulah beberapa segudang khasiat dan manfaat dari buah anggur. Tak disangka kan ternyata buah anggur memiliki begitu banyak kandungan yang dapat bermanfaat untuk tubuh kita. Bagian lain selain buahnya pun memiliki banyak khasiat dan manfaatnya. Jadi kamu jangan sampai tidak suka dengan buah yang super enak ini ya! (elevenia)