Ketahui Perbedaan Resume dan CV (Curriculum Vitae)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
perbedaan-cv-dan-resume[1]
Daftar Topik

Dalam dunia kerja, istilah curriculum vitae (CV) dan resume pasti tidak asing lagi di telinga. Apalagi bagi kamu yang baru saja lulus sekolah dan akan bekerja, tentu yang menjadi perbincangan adalah CV dan resume. Dalam mata pelajaranpun CV dan resume tentunya dipelajari. Kebanyakan orang menganggap bahwa CV adalah bentuk lain dari Resume. Namun, tahukah kamu bahwa anggapan tersebut itu salah? Nah, kamu harus tahu, CV dan resume adalah hal yang berbeda. Kali ini kami akan memberitahukan kepada kalian mengenai perbedaan dari CV dan resume.

Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae atau CV adalah suatu dokumen yang isinya merupakan ringkasan atau rangkuman dari pengalaman serta kualifikasi lainnya seseorang yang digambarkan sedemikian rupa. Orang-orang biasa menyebutnya daftar riwayat hidup. Dalam CV biasanya berisi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, pencapaian dalam profesi, dan pencapaian di bidang akademik. Kita dapat menemukan CV pada saat seseorang melakukan lamaran pekerjaan, dan pada umumnya perusahaan menggunakan CV sebagai acuan penilaian karakter dan penentuan pekerjaan. Bisa jadi CV dijadikan penilaian awal diterimanya atau tidaknya seseorang dalam sebuah pekerjaan. Orang HRD biasanya melihat dari dari keahlian dan pencapaian calon karyawan dalam CV. Memang CV dibuat untuk merangkum perjalanan karier seseorang dengan utuh dan cukup mendalam dan perlu dicantumkan foto terbaru kita. Kebanyakan CV dibuat dalam bentuk format kronologis dan tidak ada batasan mengenai data yang dapat menunjukan keunggulan dari pekerjaan kita. CV perlu diperbaharui terus menerus sesuai dengan pengalaman atau pencapaian yang sudah kita raih.

Perbedaan curriculum vitae dengan resume ada di detil informasi yang ditulis. Detil informasi yang tercantum di Curriculum vitae mencakup:

  • Nama lengkap, alamat tinggal, tanggal lahir, nomor indentitas dan kontak
  • Alasan kenapa tertarik melamar kerja dan kenapa seseorang tersebut pantas untuk diterima
  • Karakter dan kepribadian
  • Daftar latar pendidikan formal hingga non-formal yang relevan, disertakan dengan tahun kelulusannya
  • Daftar kemampuan teknis, sertifikat perhargaan yang dimiliki dan relevan
  • Daftar pengalaman kerja dan dicantukan periode kerjanya
  • Referensi kerja dari atasan atau tim di tempat kerja sebelumnya

Resume

Resume atau orang sering sebut juga CV yang lebih singkat, fleksibel dan serba guna. Resume merupakan sebuah Dokumen yang berisi data rangkuman pengalaman profesional seseorang. Selain itu juga, resume berisi tentang informasi tujuan karir. Setiap bagian dari isi resume bisa kita atur sedemikian rupa agar pencapaian tertentu dapat ditekankan. Maka dari itu, resume bersifat fleksibel. Resume lebih ke bersifat sebagai alat pemasaran yang memfokuskan pada kekuatan atau keunggulan seseorang daripada disebut sebagai rangkuaman frofesional seseorang. Lain halnya dengan CV, resume tidak harus ditulis secara kronologis. Selain itu, konten resume bisa kita ubah sesuai dengan kebutuhan lowongan pekerjaan.

Resume adalah satu lembar surat berisi rangkuman dari cover letter dan curriculum vitae.

Resume bertujuan agar tim HRD mudah untukmenilai cocok atau tidaknya seseorang tersebut dengan posisi yang dilamarnya.

Resume umumnya memiliki beberapa paragraf dan poin-poin yang berisi informasi:

  • Nama dan kontak kandidat
  • Penjelasan motivasi melamar kerja dan dari mana mengetahui informasi lowongan tersebut, penjelasannya harus singkat
  • Daftar singkat kemampuan atau pengalaman kerja
  • Daftar singkat penghargaan
  • Daftar singkat latar pendidikan
  • Kepribadian dan karakter

Kamu masih bingung perbedaan dari resume dan CV? Sebetulnya resume dan CV merupakan dokumen yang hampir sama, namun ada beberapa perbedaan dari kedua dokumen tersebut. Perbedaan dari kedua dokumen tersebut terletak pada isi, penulisan, dan tujuannya.

Jika resume merupakan rangkuman dari keahlian, pengalaman dan pendidikan yang harus ditulis kurang dari dua halaman. Ingat, resume tidak boleh lebih dari dua halaman. Tujuan dari resume adalah untuk menyampaikan kualifikasi anda secara singkat, jelas, dan padat. Sehingga akn mudah dipahami walaupun hanya dibaca sekilas saja. Sedangkan CV atau Curriculum Vitae, biasanya ditulis lebih panjang daripada resume. Biasanya terdiri dari dua halaman bahkan ada yang lebih, isinya menjelaskan rangkuman dari latar belakang pendidikan, prestasi dan penghargaan yang pernah didapat. Sebenarnya dalam resume pun disebutka prestasi atau penghargaan, hanya saja dalam resume tidak ditulis dengan lengkap. Sedangkan CV atau Curriculum Vitae ditulis dengan lebih rinci atau detil.

Nah itulah perbedaan dari CV atau curriculum vitae dan resume. Jadi kamu sudah tahu ya bahwa CV dengan resume adalah dua dokumen yang berbeda, namun masih berhubungan satu sama lain. Kedua dokumen tersebut juga memiliki tujuan yang hampir sama serta digunakan pada waktu yang sama, yaitu saat melakukan lamaran pekerjaan. Kedua dokumen tersebut juga menjadi acuan dalam laraman pekerjaan. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP