Ketahui, Inilah Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
pingsan140117b[1]
Daftar Topik

Pingsan merupakan keadaan di mana kesadaran hilang. Mungkin saja kondisi ini tidak sering terjadi di sekitar kamu. Namun bila tiba-tiba seseorang pingsan di sekitar kamu, apa saja yang harus kamu lakukan saat itu? Jika kamu menemui orang yang demikian, maka langkah pertama adalah jangan panik. Kamu dapat melakukan sejumlah langkah pertolongan pertama pada orang pingsan. Pertolongan pertama ini sangatlah berharga untuk si korban.

Namun tentu saja, langkah pertama yang harus kamu lakukan itu tidaklah sembarangan. Kamu harus tahu apa saja yang harus kamu lakukan supaya langkah pertama yang kamu lakukan tidak membuat keadaannya bertambah parah bagi si korban. Agar tidak bingung, manfaatkan tips di bawah ini:

Percikan Air dan Bau Bawang Tak Manjur

Memercikan air ke wajah orang pingsan biasanya sering dilakukan untuk membuat si pingsan sadar, namun ternyata hal ini tidaklah manjur. Selain itu, memberikan bau-bauan seperti bau bawang merah atau bawang putih pun ternyata tidak manjur. Meski metode yang satu ini tidak salahnya dicoba, namun sering kali gagal untuk menyadarkan mereka.

Topang Tubuh Mereka

Pingsan merupakan tahap akhir dari seseorang yang hilang kesadaran. Nah, biasanya tubuh mereka sudah goyah sebelum pingsan dan dia mulai kehilangan kesadaran sedikit demi sedikit. Saat tubuhnya tidak seimbang itulah, kamu harus menopang tubuh korban dan letakkan tubuh korban secara perlahan. Hal ini guna mencegah adanya cedera yang lebih parah, misalnya kepala atau tubuh korban terjatuh saat pingsan.

Survei Area Pingsan

Bila kamu tiba-tiba melihat seseorang sudah tergeletak tidak sadarkan diri, maka langkah yang harus kamu lakukan adalah mengecek area sekitarnya dengan cepat dan jangan sampai membuang-buang waktu. Bisa saja mereka pingsan akibat digigit oleh hewan beracun, gas beracun, panas berlebihan dan sebagainya. Biasa saja hal-hal tersebut justru membahayakan kamu. Jika kamu mendeteksi adanya bahaya, segera pindahkan korban.

Cek Respon Korban

Sangat penting untuk mengecek apakah korban masih bisa merespon kamu atau benar-benar sudah pingsan. Untuk itu kamu bisa memanggil namanya atau mengajukan sejumlah pertanyaan. Kamu juga bisa menepuk-nepuk pundaknya. Biasanya orang yang pingsan ada yang langsung sadar setelah pingsan beberapa saat. Jika mereka sudah sadar, kamu harus menenangkan mereka, terutama saat mereka sudah mulai merespon. Jangan langsung mengajak mereka beranjak dari posisi pingsannya, biarkan mereka dalam posisi tersebut beberapa saat sebelum akhirnya membawa mereka ke dokter terdekat.

Telepon Bantuan dan Lakukan CPR

Bila korban tak kunjung sadar, kamu harus mengecek nafas dan detak jantungnya. Bila nafasnya terasa mulai hilang dan cenderung lemah, jangan buang waktu untuk menelepon bantuan dan juga segera lakukan CPR. CPR ini dilakukan saat kamu benar-benar telah mahir melakukannya. Bila tidak, kamu bisa langsung memanggil ambulan atau bantuan.

Jangan Gerakkan Korban

Bila kamu tahu adanya tulang patah atau cedera lainnya terutama bagian leher dan kepala, maka jangan gerakkan korban. Selain itu kamu juga jangan menggerakkan bagian kepala korban sebab hal ini bisa menyebabkan cidera yang lebih parah. Yang bisa kamu lakukan adalah segera memanggil bantuan. Namun bila kepala korban tidak mengalami cidera, kamu bisa mengangkat kakinya supaya darah lebih lancar mengalir ke jantung dan otak. Hal ini bisa membuat korban cepat sadar, meski memang tidak selalu berhasil.

Jangan Bergerombol di Sekitar Korban

Udara segar sangat penting bagi korban untuk itu jangan sampai bergerombol di sekitar korban. Selain itu, kamu bisa melonggarkan pakaian korban yang terasa sesak. Jangan coba-coba memasukkan apapun ke mulut korban seperti halnya air atau makanan. Sebab, hal tersebut bisa membuat mereka tersedak dan juga menghalangi jalan nafas mereka.

Minuman Manis

Saat akhirnya korban sudah sadar, segera berikan minuman manis kepadanya, misalnya jus atau yang lainnya. biasanya pingsan ini disebabkan oleh rendahnya gula darah, dehidrasi dan kurang garam. Tekanan darah rendah pun dapat menjadi pemicu pingsan.

Itulah sejumlah tips yang bisa kamu lakukan saat harus membantu orang yang pingsan. Pastikan kamu selalu bersama dengan korban untuk menenangkannya sampai akhirnya pertolongan datang, atau sampai kamu membawanya ke dokter. Untuk menyelamatkan nyawa seseorang, tak selalu harus menjadi dokter. Hanya dengan mengetahui pertolongan pertama terhadap suatu kejadian, kamu bisa menyelamatkan orang lain. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP