Ketahui Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Perut kembung merupakan kondisi gangguan pencernaan dimana perut terasa penuh dan berangin. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa yang tidak nyaman pada perut menjadikan kita tidak nyaman untuk melakukan apapun. Penderita perut kembung biasanya banyak mengalami kesakitan.

Gejala umum yang dirasakan oleh penderita perut kembung:

  • Rasa penuh, sesak, atau pembengkakan pada bagian perut.
  • Perut terrasa nyeri dan penuh gas.
  • Kram perut akibat rasa sakit yang muncul.
  • Sering bersendawa.
  • Perut terasa bergejolak.
  • Buang angin secara berlebihan.

Penyebab Perut Kembung

Banyak Udara Yang Tertelan

Ketika banyak udara yang tertelan maka udara akanan masuk melewati saluran pencernaan, kemudian dilepaskan melalui buang angin. Namun jika angina yang masuk pada tubuh terlalu banyak maka beresiko membuat perut kembung dan bias memicu cegukan serta sendawa.

Makanan dan Minuman

Makanan yang mengandung laktosa, jika dimakan terlalu banyak maka akan menyebabkan perut kembung. Contoh makanan yang mengandung laktosa diantaranya adalah susu,  roti, sereal, dan salad dressing. Selain makanan yang banyak mengandung laktosa, ada beberapa jenis sayuran yang menyebabkan perut kembung. Diantaranya adalah asparagus, brokoli, toge, bawang, kembang kol, mentimun, paprika hijau, lobak, dan kentang mentah . Adapun ada beberapa buah-buahan yang dapat menyebabkan perut kembung seperti pisang, melon, pir, dan apel. Pada minuman juga ada yang dapat menimbulkan perut kembung. Contohnya adalah minuman bersoda, minuman berkarbonasi, bir, dan anggur merah.

Rasa Stress

Ternyata rasa stress yang berlebihan hingga depresi dan perasaan putus asa juga dapat memicu terjadinya perut kembung.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Jika kamu sedang mengalami perut kembung kamu bisa mengikuti cara mengatasinya di bawah ini!

Konsumsi Jahe

Siapa yang tidak kenal dengan rempah satu ini. Banyak orang yang menggunakan jahe sebagai bumbu masakan. Namun ternyata jahe dapat mengatasi dan mengurangi radang pada usus, karena dia mengandung bahan aktif, gingerol dan shogaols. Untuk mengurangi jumlah tumpukan gas pada usus kamu bisa mengkonsumsi air rebusan jahe, sehingga perut kamu tidak kembung lagi.

Makanan Dengan Probiotik

Probiotik adalah  jenis mikroorganisme baik yang ada di usus, yang berfungsi membantu proses sistem pencernaan di dalam usus. Sehingga pencernaan menjadi lancar. Jadi, probiotik dapat mengatasai perut kamu yang kembung, karena dia dapat mengurangi tumpukan gas yang ada di dalam usus. Salah satu makanan yang mengandung probiotik adalah yogurt.

Jauhi Minuman Bersoda

Seperti yang sudah dikatakan di atas, minuman bersoda adalah salah satu penyebab perut kembung. Banyak diantara kamu pasti menyukai minuman satu ini, namun kamu harus segera berhenti karena minuman ini tidak baik untuk kerja organ pencernaan. Minuman bersoda mengandung karbonasi yang dapat mengakibatkan resiko tinggi terjadi tumpukan gas pada tubuh. Jika kamu ingin sembuh dari perut kembung maka kamu harus segera menghindari minuman bersoda.

Teh Chamomile

Kandungan yang ada pada Teh bunga chamomile dapat berperan sebagai anti-inflamasi dan anti-spasmodik. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membuat organ di perut menjadi nyaman. Oleh karena itu, ketika kamu merasa perutmu kembung, maka sebaiknya kamu meminum teh dengan tambahan madu agar perut kembung kamu menjadi reda dan perut nyaman kembali.

Jintan Dan Minyak Peppermint

Campuran dari jintan dan minyak peppermint merupakan bahan aktif yang dapat meredakan perut kembung.

Mengkonsumsi Jus Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. kandungan vitamin C dapat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengatasi masuk angina pada perut. Jadi jika kamu mengalami masuk angina atau perut kembung kamu bisa mengonsumsi jeruk agar segera teratasi.

Dengan Daun Pepaya

Rasa pahit pada daun papaya dapat mengatasi kembung pada perut. Kamu bisa mengonsumsinya dengan meminum air rebusan daun papaya ketika hangat. Jika tidak kuat dengan rasa pahitnya, kamu bisa menambahkan madu.

Cara Mencegah Terjadinya Perut Kembung

Setelah kita mengetahui beberapa cara untuk mengatasinya atau pengobatannya, maka kita juga harus tahu bagaimana cara agar kita terhindari dari perut kembung. Cara pencegahannya kamu bisa simak di bawah ini!

Makan Dengan Pelan

Nah kamu yang punya kebiasaan mengunyah cepat, sebaiknya mulai sekarang kamu harus berlatih makan dengan pelan dan pastikan makanan kamu kunyah sebelum kamu telan. Jika kamu makan dengan cepat dan kamu tidak mengunyah dengan benar, maka makanan yang masuk pada tubuh akan sulit untuk dicerna. Itulah kemudian bisa menjadi penyebab perut kembung.

Batasi Konsumsi Minuman Berkarbonasi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, minuman berkarbonasi adalah pemicu terjadinya perut kembung. Jika memungkinkan kamu bisa meminum air dengan campuran lemon, jeruk nipis, atau mentimun.

Batasi Asupan Sodium

Sodium merupakan komponen utama dalam garam. Makanan dengan banyak mengandung sodium dan kurang serat dapat menyembabkan perut terasa kembung.

Demikianlah beberapa cara mengatasi perut kembung dengan alami tanpa dokter serta cara pencegahannya. Jika kamu ingin sehat dan tidak terkena gangguan pencernaan seperti perut kembung maka kamu harus menjaga kesehatan dan pola makan. Jika sudah terlanjur mengalami perut kembung, kamu bisa ikuti cara di atas. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA