Ketahui 10 Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Air lemon merupakan salah satu minuman yang menyegarkan. Air lemon juga ternyata memiliki banyak kandungan vitamin dan zat lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Biasanya buah ini hanya dijadikan hiasan atau bumbu masakan, namun sekarang banyak yang mengolahnya jadi minuman yang menyegarkan. Kandungan yang ada pada lemon dapat membantu kita agar tidak mudah terkena berbagai penyakit yang berbahaya.

Telah berabad-abad, air lemon dikenal dengan manfaat kesehatannya. Bahkan orang mesir kuno percaya, jika minum jus lemon maka mereka akan mendapat perlidungan terhadap tubuh dari macam-macam racun dan penyakit. Ekstrak buah lemon atau botanical citrus binomial x limon ini mengandung lebih dari 100% vitamin C. agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah ini, kamu harus dapatkan air perasan buah lemon secara langsung. Nah sekarang ini sudah banyak kemasan instan dari lemon, namun itu belum tentu bagus untuk kesehatan. Yang paling baik adalah langsung dari buahnya.

Kandungan Nutrisi Air Lemon

Buah lemon adalah salah satu jenis jeruk, jeruk jenis inilah yang banyak dipakai diseluruh dunia. Buah lemon sendiri memiliki berbagai kandungan zat yang bermanfaat seperti asam sitrat (kandungan utama), magnesium, kalsium, vitamin C, pectin, bioflavonoid, dan limonin. Kandungan-kandungan tersebut mampu membantu mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai anti infeksi.

Berikut ini kandungan nutrisi dalam 100 gram buah lemon :

Nutrisi Jumlah Kandungan %
Energy 29 Kcal 1.5%
Karbohidrat 9.32 g 7%
Protein 1.10 g 2%
Lemak 0.30 g 1%
Kolesterol 0 0%
Serat 2.80 g 7%
Folat 11 µg 3%
Niacin 0.100 mg 1%
Panthotenic acid 0.190 mg 4%
Pyridoxin 0.080 mg 6%
Riboflavin 0.020 mg 1.5%
Thiamin 0.040 mg 3.5%
Vitamin C 53 mg 88%
Vitamin A 22 IU 1%
Vitamin E 0.15 mg 1%
Sodium 2 mg 0%
Potasium 138 mg 3%
Kalsium 26 mg 35%
Copper 37 µg 4%
Zat Besi 0.60 mg 7.5%
Magnesium 8 mg 2%
Mangaan 0.030 mg 1%
Zinc 0.06 mg 0.5%
Β- karoten 3 µg
a-karoten 1 µg
Crypto-xanthin-β 20 µg
Luthein-Zeazantin 11 µg

Manfaat Air Lemon

  1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Air lemon mengandung sejumlah kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Nah bagi kamu yang menderita gangguan hiperteensi, hal ini akan sangat berguna. Dengan mengonsumsinya secara teratur, air lemon akan membantu agar tekanan darah menjadi normal dan juga pikiran jadi lebih relaks. Dengan demikian tingkat stress dan depresi akan diatasi dengan baik.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Masalah pencernaan, seperti mulas, sendawa, perut kembung, mual, maupun gangguan sembelit (susah buang air besar) ternyata dapat diatasi oleh jeruk ini. Cara pengobatannya mudah sekali, kamu hanya tinggal mencampurkan air perasan jeruk denga air hangat, lalu kamu minum. Agar mendapat hasil yang maksimal, sebaiknya kamu konsumsi secara teratur.

  1. Merangsang Fungsi Hati

Air lemon mengandung senyawa alami yang mampu melarutkan kandungan asam urat serta racun berbahaya lainnya yang bersarang pada organ hati. Air lemon juga mampu memecahkan batu ampedu serta dapat menurukan panas demam karena malaria. Di dalam air lemon terdapat kandungan kalium, hal ini dapat membantu menyebuhkan gejala pada gangguan hati (biliousness seperti muntah, sembelit, pusing, serta hilangnya nafsu makan. Cara pengobatannya kamu bisa meminum air lemen setiap satu jam setelah makan.

  1. Membersihkan Tubuh Dari Bakteri

Jethro Kloss dalam bukunya yang berjudul “Back To Eden” mengatakan bahwa ekstrak air lemon memiliki kemampuan membantu menghilangkan tumpukan bakteri dalam tubuh (sepsis). Dalam buku “You Are What you Eat” dari Dr. Gillian, dijelaskan bahwa dengan mengkonsusi satu gelas air lemon yang hangat pada pagi hari akan membantu membersihkan lendir yang tidak berguna dalam tubuh. Selain di pagi hari, diminup pada malam hari sebelum tidurpun bagus.

  1. Membantu Meredakan Demam

Cara pengobatannya yaitu dengan mengkonsumsi air lemon hangay yang dicampurkan dengan madu. Ramuan tersebut dapat berguna untuk membantu meredakan panas dan gejala-gejala flu lainnya.

  1. Sebagai Aromaterapi

Buah lemon mengandung minyak essential yang dapat membantu memberikan efek ketenangan, meringankan lelah, gelisah, gugup, pusing dan ketegangan. Sehingga konsentrasi dan kewaspadaan akan meningkat.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Nah bagi kamu yang diet, air lemon akan sangat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena air lemon mengandung serat pectin , sehingga membantu tubuh agar merasa kenyang lebih lama.

  1. Membantu Perawatan Gigi

Buat kamu yang bermasalah dengan sakit gigi, kamu boleh coba untuk menempelkan ekstrak lemon pada bagian yang sakit. Dengan demikian, ekstrak lemon akan membantu untuk menghilangkan rasa sakit atau tidak nyaman. Manfaat lain untuk perawatan gigi adalah dapat membantu mengatasi gusi berdarah dan mencegah bau mulut.

  1. Mengurangi Peradangan

Dengan rutin mengkonsumsi air lemon, tubuh kamu akan mengatasi jenis penyakit berbahaya dari tingkat keasaman dalam tubuh. Air lemon akan menghilangka asam urat dalam sendi yang merupakan penyebab utama peradangan.

  1. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam lemon dapat bermanfaat untuk menjaga system kekebalan tubuh agar tetap sehat. Selain itu, vitamin C dalam tubuh dapat membantu menurunkan stress.

Demikian 10 manfaat dari air lemon yang baik untuk kesehatan. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA