Kerja Bangku: Pengertian, Peralatan, dan Fungsinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Kerja bangku - cover
Daftar Topik

Kerja bangku. Pernah mendengar istilah kerja bangku? Kerja bangku merupakan pekerjaan perkakas tangan yang di gunakan untuk melakukan pembentukan, perbaikan dan perakitan yang sesuai dengan masing-masing fungsi peralatan tangan dengan mesin dan semua pekerjaan dilakukan di atas meja kerja (work bench).

Pengertian Kerja Bangku

Kerja bangku meliputi pekerjaan yang bisa atau dapat dilakukan di atas meja, seperti:

  1. Mengikir
  2. Mengetap
  3. Menggeerinda
  4. Melukis 
  5. Menandai
  6. Menggergaji
  7. Menekuk
  8. Mengebor
  9. Pekerjaan merakit serta finishing.

Pekerjaan kerja bangku meliputi berbagai jenis kontruksi geometris yang sesuai dengan perintah kerja. Kerja bangku tidak hanya menitikberatkan pada pencapaian hasil kerja, tetapi juga pada prosesnya. Pada proses tersebut lebih menitikberatkan pada etos kerja yang meliputi ketekunan, disiplin, ketahanan, serta teknik sebagai dasar sebelum melanjutkan ke pengerjaan yang menggunakan mesin-mesin produksi.

Kunci kesuksesan dari kerja bangku adalah kesabaran dan ketelitian dalam bekerja. Karena setiap pekerjaan yang dilakukan pasti akan menyita waktu yang lama bila dibandingkan dengan alat yang menggunakan mesin pada waktu sekarang.

Peralatan Kerja Bangku

1. Mesin Bor (Drilling)

Mesin Bor

Mesin bor digunakan untuk mengebor / membuat lubang pada benda kerja seperti plat aluminium, besi dan lain sebagaianya. Untuk mengebor biasanya digunakan alat bantu tangan untuk member tekanan bor.

2. Ragum (Vice)

Ragum

Ragum adalah suatu alat penjepit untuk menjepit benda kerja yang akan dikikir, dipahat, digergaji, di tap, di-sney dan lain sebagaianya. Dengan memutar tangkai (handle) ragum, maka mulut ragum akan menjepit atau membuka / melepas benda kerja yang sedang dikerjakan.

Bibir mulut ragum harus dijaga jangan sampai rusak akibat terpahat, terkikir dan lain sebagainya. Memilih tinggi ragum yang sesuai cara memilih ragum yang sesuai dengan tinggi badan anda :

  • Berdiri tegak di ragum
  • Tempelkan kepalan tangan pada dagu 
  • Sikut harus berada diatas mulut ragum dan apabila lengan kita ayunkan,sikut jangan sampai menyentuh bibir mulut ragum.

3. Sikat Baja (Wire Brush)

Sikat Baja

Sikat baja biasa digunaka untuk menghilangkan karbon, bahan gasket yang lama dan kotoran atau karat dari permukaan permukaan logam.

4. Gergaji Besi (Hacksaw)

Gergaji Besi kerja bangku

Gergaji besi digunakan untuk memotng bemacam-macam logam campuran (alloy) dan baja dengan kadar karbon rendah yaitu logam lunak.

5. Handel Tap (Tap Stoc Handle)

Handel Tap kerja bangku

Handle tap berfungsi untuk menahan tap dengan kuat untuk memungkinkan mekanik memberikan tekanan yang kuat dan merata pada sistem tuas dan untuk memastikan bahwa sudut cut thread adalah 90° dengan komponen tersebut.

6. Penggores (Scriber)

Penggores

Penggores adalah alat tangan yang digunakan dalam pengerjaan logam untuk menandai garis pada benda kerja, seperti kayu atau logam yang akan dipotong. Proses menggunakan penggores hanya untuk menandai titik untuk selanjutnya dikerjakan oleh mesin.

Hal ini  digunakan untuk menggantipensil atau tinta garis, karena tanda sulit dilihat, mudah dihapus, dan tidak akurat dengan garis yang tipis dan semi permanen. Penggores (Scriber) terbuat dari baja cor yang telah mengeras yang diasah dengan sudut 30 derajat atau 40 derajat.

7. Siku-Siku (Steel Square)

siku-siku

Siku-siku adalah sebuah alat ukur yang terdiri dari badan dan daun siku, dimana badan  lebih tebal dan lebih berat jika dibanding dengan daunnya, hal ini berfungsi untuk ketepatan dan kemantapan pegangan sewaktu digunakan. Fungsi siku-siku hampir sama dengan busur derajat yaitu untuk:

  • Membuat garis sudut
  • Memeriksa kemiringan atau kesikuan bagian suatu benda
  • Memeriksa kerataan permukaan benda.

8. Arbour Press

Arbour Press

Arbour press memiliki tumpuan vertikal di sisi belakang. Pada bagian atas dipasangkan tuas lurus (tuas penekan) yang mempunyai rack gear. Press bar dipasang secara vertikal. Di dekat press bar terdapat peralatan adjustment. Ketika pengatur dioperasikan, press bar bergerak secara aksial ke atas dan ke bawah. 

Kebanyakan peralatan adjustment menggerakkan press bar dengan cepat dan yang lain menggerakkan tuas dengan lebih lambat tetapi lebih bertenaga. Di bagian bawah support vertical terdapat support horizontal. Support ini akan menahan material saat dikerjakan. 

Arbour press terdiri dari berbagai ukuran. Arbour press dapat dipasang pada work bench atau lantai sesuai dengan ukurannya. Arbour press digunakan untuk mendorong satu part ke dalam atau keluar dari part kedua, misalnya untuk mendorong shaft keluar dari gear atau bearing.

Material yang akan dipasang atau dilepaskan dari shaft diletakkan di atas support horizontal. Shaft diletakkan sejajar dengan press bar. Support horizontal memiliki lubang yang sejajar secara vertikal dengan press bar. Lubang ini akan memberikan clearance antara shaft dan tumpuan horizontal.

Press bar diturunkan sampai menyentuh shaft. Ketika sudah sejajar, press bar akan mendorong shaft ke posisi yang diinginkan. Tenaga operator dilipatgandakan dengan keuntungan mekanis arbour press. 

9. Meja Perata

Meja Perata kerja bangku

Meja Perata ini berfungsi untuk menguji kerataan permukaan. Selain itu, meja datar di gunakan untuk meletakkan benda kerja serta alat-alat menggambar. Biasanya meja perata (surface table) terbuat dari besi tuang, keramik atau batu granit. 

Alat ini dipergunakan sebagai landasan untuk memukul atau meratakan benda kerja yang bengkok. Harus diusahakan agar permukaan meja datar ini tidak rusak atau cacat, dan hasil lukisan atau pekerjaan yang dikerjakan tetap baik.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai kerja bangku. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Baca juga:

Cara Membunuh Kecoa dengan Bahan Alami

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA