9 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Unik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10720 Gips Juguran
Daftar Topik

Kerajinan Bahan Lunak yang Unik – Kerajinan yang berasal dari bahan lunak memang menjadi karya kerajinan yang sampai saat ini banyak sekali peminatnya. Kerajinan yang berasal dari bahan lunak terdiri dari dua jenis, yang pertama ialah 2 dimensi dan jenis kedua adalah tiga dimensi.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja kerajinan yang berasal dari bahan lunak, anda bisa langsung mengikuti ulasan berikut ini.

Contoh Kerajinan dari Bahan Lunak yang Unik

1. Kerajinan Bahan Lunak Menggunakan Lilin


10720 Kerajinan Lilin AliEx
Source: AliEx

Untuk yang pertama ini merupakan kerajinan yang menggunakan bahan dasar lilin. Dalam pembuatannya pun juga tergolong cukup mudah dan sangat sederhana sehingga setiap orang pun bisa melakukannya. Lilin ini memang bisa mencair dan hanya perlu adanya tempat untuk mencetak sehingga memiliki bentuk yang unik.

2. Kerajinan Berasal dari Gips


10720 Gips Juguran
Source: Juguran

Nah, untuk yang kedua ini adalah kerajinan bahan lunak yang berasal dari bahan gips. Gips ini sendiri ialah bahan mineral yang pada saat sudah dipadatkan tidak akan mudah bisa larut di dalam air. Agar bisa membentuk kerajinan yang sesuai dengan keinginan maka kita pun harus dicairkan. Tips ini memiliki beberapa zat yang berjenis hidrat kalsium sulfat di antaranya ialah karbon, kemudian borat, adanya kandungan nitrat, kemudian sulfat dan lain sebagainya.

Sebetulnya dalam pembuatan kerajinan yang menggunakan bahan gips akan memerlukan cetakan. Cetakan tersebut adalah silicone rubber yang akan memudahkan gips membentuk kerajinan yang indah dan juga cantik.

3. Kerajinan Bahan Lunak yang Terbuat dari Sabun


10720 Sabun Zaidanzalfa
Source: Zaidanzalfa

Untuk yang ketiga ini adalah kerajinan yang menggunakan sabun batangan sebagai bahan dasarnya. Dimana sabun ini dapat diukir menjadi bentuk yang unik dan juga indah. Untuk kerajinan dari sabun memang bisa dilakukan dengan dua cara yang pertama ialah dengan mengukir sehingga bisa membentuk sesuai keinginan. Dan yang kedua sabun terlebih dahulu dicairkan.

Caranya ialah Anda harus memarut sabun agar bisa menjadi bubuk lalu dicairkan dengan air yang juga dicampur dengan sagu. Setelah semuanya teraduk menjadi adonan maka anda bisa membentuk kerajinan yang sesuai dengan keinginan Anda.

4. Kerajinan dari Kertas Bubur


10720 Bubur Kertas Ngertiaja
Source: ngertiaja

Untuk pembuatan kerajinan yang berasal dari bubur kertas memang terbilang cukup mudah bahkan tidak memerlukan banyak biaya. Umumnya kerajinan yang menggunakan bubur kertas ini kerap kali dilakukan untuk tugas dari anak sekolah. Banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dari bubur kertas seperti tempat penyimpanan pensil.

5. Kerajinan Bahan Lunak yang Berasal dari Clay


10720 Clay Sahabatnesia
Source: Sahabatnesia

Polymer clay adalah salah satu tanah liat yang bisa mengeras di mana kandungan dari polymer clay terdapat pvc. Polymer clay ini sedikit tersedia dalam berbagai macam warna sehingga kerap kali digunakan untuk membuat kerajinan seperti boneka ataupun patung.

6. Kerajinan Bahan Lunak Berasal dari Serat Alam


10720 Serat Alam Phaethon
Source: Phaethon

Untuk yang terakhir ini merupakan bahan lunak yang akan dengan mudah didapatkan dari alam. Dimana dalam pembuatannya akan sering menggunakan teknik menganyam. Dan untuk bahan-bahan yang digunakan berasal dari rotan, kemudian bambu, bahan dari daun lontar, daun pandan, berasal dari serat pohon pisang, berasal dari eceng gondok dan lain sebagainya.

7. Kerajinan dari Tanah Liat


10720 Tanah Liat SharingConten
Source: SharingConten

Tanah liat memang menjadi salah satu bahan lunak yang bisa digunakan untuk kerajinan dengan berbagai macam jenis. Jenis kerajinan yang sering kali memakai tanah liat ialah seperti vas bunga, kemudian piring, guci dan lain sebagainya.

8. Kerajinan dari Kulit


10720 Kulit BeritaSatu
Source: BeritaSatu

Untuk yang Berikut ini merupakan kerajinan dari kulit, dan biasanya kerajinan ini akan dilakukan dengan menggunakan proses teknik jahit ataupun teknik ukir. Untuk kulit yang didapatkan bisa berasal dari beberapa hewan seperti kerbau, kemudian kambing, hewan buaya dan juga sapi.

Perlu untuk anda ketahui jika kulit hewan memang memiliki tekstur yang tebal bahkan ketika diukir tidak akan rusak. Dikarenakan memiliki kualitas yang sangat baik sehingga tercapai digunakan sebagai kerajinan yaitu dengan pembuatan jaket, kemudian pembuatan dompet, kerajinan dalam pembuatan wayang, kerajinan dalam pembuatan tas, kerajinan untuk pembuatan sepatu dan masih banyak lagi.

9. Kerajinan dengan Teknik Menenun


10720 Tenun BahanKain
Source: BahanKain

Untuk yang terakhir ini merupakan kerajinan yang berbahan dasar benar, di mana peluang tersebut bisa didapatkan dari ulat yang menghasilkan benang. Menenun memang menjadi salah satu kegiatan yang hampir sama dengan menganyam hanya saja alatnya yang berbeda. Kerajinan dalam menganyam ini bisa menghasilkan sarung ataupun pakaian khas dari beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai kerajinan bahan lunak yang unik. Semoga saja dengan ulasan diatas bisa menambah wawasan Anda.

BACA JUGA!

7 Kerajinan Bahan Keras yang Keren

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA