Kenapa Baterai Xiaomi Cepat Habis?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Review-Xiaomi-Redmi-Note-6-Pro-Dual-Kamera-Belakang[1]
Daftar Topik

Siapa yang tidak mengenal smartphone Xiaomi yang saat sudah sudah terkenal di kalangan masyarakat. Seperti yang diketahui smartphone yang satu ini memiliki baterai tanam yang sudah paten. Salah satu masalah yang terjadi pada masyarakat pada umumnya adalah borosnya penggunaan baterai smartphone.

Namun, kebanyakan orang tidak menyadari apa penyebab dari cepat habisnya baterai pada smartphone. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar smartphone dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Terutama bagi pengguna Xiaomi yang menggunakan baterai tanam. Dengan mengetahui penyebab baterai Xiaomi cepat habis maka hal tersebut dapat dihindari sehingga hal yang tidak diinginkan juga dapat dicegah.

Penggunaan Ponsel Berlebihan


Setiap peralatan elektronik tentu memiliki batas penggunaan masing-masing. Dalam hal ini, jika pengguna memaksakan ponsel untuk menggunakannya secara berlebihan maka mesin pada smartphone juga akan bekerja lebih keras. Dalam hal ini, penyebab baterai Xiaomi cepat habis dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

  1. Penggunaan Ponsel Tidak Wajar

Kebanyakan dari pengguna smartphone Xiaomi sering menggunakan ponselnya untuk memainkan game HD. Xiaomi memang memiliki spek gahar yang baik dalam hal ini, akan tetapi jika digunakan selama berjam-jam tentu juga akan membutuhkan daya yang besar. Hal ini dapat ditandai dengan cepat baiknya temperatur pada ponsel.

Oleh karena itu, untuk menjaga agar smartphone awet maka gunakanlah ponsel dalam batas wajar. Tidak hanya untuk aktifitas game saja, akan tetapi juga berlaku pada aktivitas lain tentunya.

  1. Widget Home Screen Berlebihan

Selain aktifitas ponsel, penggunaan widget yang juga berlebihan pada home screen ponsel juga menjadi penyebab cepat habisnya baterai. Hal ini dikarenakan RAM smartphone berada pada kondisi yang terbebani dengan keadaan tersebut.

Penggunaan widget yang berlebihan akan meningkatkan program yang berjalan dari keadaan normal. Oleh karena itu, menggunakan widget pada home screen juga harus diperhatikan dan memilah yang penting-penting saja.

  1. Banyak Aplikasi yang Berjalan Pada Background

Komputer akan tidak akan bisa mematikan program tertentu yang sudah terinstal di dalamnya. Hal ini juga berlaku pada smartphone tidak terkecuali pada Xiaomi. Hal ini dikarenakan program tersebut berguna dalam pengelolaan sistem dalam smartphone dengan beragam fungsi.

Dalam hal ini, apabila program yang sedang berjalan pada background membutuhkan RAM yang cukup besar. Maka kondisi ini juga tentu akan meningkatkan kinerjanya serta membutuhkan daya yang sebanding. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan penggunaan RAM. Setelah itu pilihlah aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting dan meng-uninstall-nya.

Pengaturan Ponsel Tertentu


Borosnya penggunaan baterai pada Xiaomi juga disebabkan oleh beberapa pengaturan tertentu pada ponsel. Berdasarkan hal ini, penyebab borosnya ponsel dapat terjadi pada beberapa kondisi sebagai berikut.

  1. Menonaktifkan Mode Power Saving

Kecanggihan smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan adanya fitur penghemat daya. Namun kebanyakan penggunanya tidak tau atau bahkan mengabaikan hal ini. Apabila mode hemat baterai atau power saving diaktifkan, maka secara otomatis sistem ponsel akan dapat diatur.

Dalam hal ini, sistem akan melakukan langkah-langkah yang mampu menghemat penggunaan baterai. Sebagai contoh yaitu mematikan bluetooth, GPS, hingga mematikan aplikasi pada background ponsel. Selain itu, mode ini juga dapat mengatur suhu ponsel agar tetap stabil. Dengan demikian, baterai pada ponsel tidak akan cepat habis jika mengaktifkan mode power saving ini.

  1. Layar Terlalu Cerah

Kecerahan yang diatur pada ponsel juga merupakan salah satu penyebab dari borosnya penggunaan baterai. Jika kecerahan layar diatur terlalu kontras maka ponsel akan terasa semakin terbebani.

Dalam hal ini, semakin tinggi tingkat kecerahan layar maka daya yang dibutuhkan juga akan semakin meningkat. Oleh karena itu, akan lebih baik jika mengaktifkan fitur kecerahan layar otomatis sehingga penggunaan baterai tidak cepat habis.

Melakukan Overlock pada Ponsel


Fitur canggih lainnya yang disediakan oleh Xiaomi yaitu overlock, dimana mampu memberikan dampak positif tertentu. Dalam hal ini jika mengaktifkan fitur overlock, maka pengguna akan mendapatkan kinerja ponsel yang semakin lebih cepat. Hal ini tentu sangat diidam-idamkan bagi pengguna smartphone. Namun, tidak hanya memiliki dampak positif saja akan tetapi juga disertai dengan dampak negatif.

Adapun dampak negatif yang terjadi adalah suhu ponsel lebih cepat panas. Kondisi ini tentu menjadi penyebab cepat habisnya baterai pada ponsel. Selain itu, jika dibiarkan hal ini juga akan memberikan efek lebih parah. Apabila terjadi overheating pada ponsel maka akan dapat membuatnya hang atau restart dengan tiba-tiba. Terjadinya hal ini juga akan membuat umur processor lebih pendek sehingga smartphone akan cepat rusak.

Itulah beberapa penyebab baterai Xiaomi cepat habis yang perlu diketahui. Dengan demikian, smartphone akan dapat dirawat serta mampu bertahan lebih lama.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP