Keistimewaan Surah Al A’raf yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
surah-al-a'raf
Daftar Topik

Keistimewaan Surah Al A’raf – Turunnya Al-Qur’an merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW. Kehadirannya banyak membawa keistimewaan, khususnya bagi umat muslim. Salah satu keunikan Al-Qur’an ialah dalam setiap surah memiliki keistimewaan dan manfaat tersendiri.

Al’Araf merupakan salah satu surah makiyah yang tergolong istimewa karena memiliki kisah menarik dan juga manfaat yang baik. Untuk tahu lebih lanjut, simak ulasan yang satu ini sampai habis, ya.

Ragam Keistimewaan Kandungan Surah Al A’raf

surah-al-a'raf

Secara garis besar, surah ini menggambarkan tentang penciptaan manusia dan juga ajakan untuk bertakwa pada Allah. Temukan ragam fakta unik, kandungan, hingga keistimewaan surah Al-A’raf di sini.

Fakta Unik Surah Al-A’raf

fakta-unik-surah-al-a'raf

Surah Al-A’raf diturunkan di Kota Mekah. Dalam urutan Al-Quran, Surah ini merupakan surah yang ke-7. Adapun jumlah ayat yang dimiliki surah ini ialah 206 ayat.

Beberapa ayat yang terkenal dari surah ini ialah ayat ke 46 tentang Ashab A’raf, ayat ke 53-56 (Ayat Sukhrah), hingga ayat ke 172 (Ayat Mitsaq). Karena kandunggan tantang Ashab A’raf ini lah, surah ini kemudian diberi nama surah Al’Araf. Secara bahasa, surah ini berarti “Tempat Tertinggi”.

Kandungan Surah Al-A’raf

kandungan-surah-al-a'raf

Surah ini banyak berfokus pada penciptaan Nabi Adam as, pembuktian tauhid, pengadilan di hari kiamat, melawan kemusyrikan hingga posisi manusia dalam penciptaan. Selain itu, surah ini juga membahas mengenai kekalahan, kegagalan dan juga nasib kaum-kaum yang menyimpang dari tauhid. Seperti nasib kaum Nabi Luth, kaum Nabi Nuh hingga kaum Nabi Syu’aib. Selain itu, dikisahkan juga tentang mukjizat nabi Musa hingga azab umat Nabi Saleh yang berupa gempa.

Baca Juga: Fadhilah Surat Al-Waqiah yang Perlu Kita Tahu

Dalam ayat-ayatnya, surah ini menyoroti beberapa perintah Allah. Seperti berhias saat beribadah dan diam saat berdzikir. Selain itu, dijelaskan juga tentang peristiwa meruginya Bal’am Ba’ura, sampai penjelasan kuasa Allah. Diantara tentang ilmu ghaib serta Hari Kiamat. Surah ini seolah mengingatkan kita untuk bersikap takut dan penuh harap akan ampunan-Nya. Beberapa surahnya juga menegaskan bahwa orang yang ingkar tidak akan masuk surga.

Keistimewaan dan Manfaat Surah Al-A’raf

keistimewaan-dan-manfaat-surah-al-a'raf

Ada beberapa keistimewaan yang didapat setelah membaca dan menghafalkan surah ini, diantaranya:

  • Al-A’raf merupakan salah satu surah hafalan orang-orang alim.
  • Merupakan Al-Matsani Ath-Thiwal untuk Rasulullah dan pengembang Lauh Nabi Musa.
  • Merupakan As-Sab’uth-Thiwal atau pengganti Taurat.
  • Dijauhi dari kecemasan, ketakutan dan kesedihan di Hari Kiamat.
  • Dijauhi dari gangguan syaitan dan juga iblis.
  • Dengan membaca Al-A’raf setiap bulan, kita akan mendapatkan kesaksian serta syafaat dari Nabi Adam as di Hari Kiamat.
  • Sebagai wasilah dan doa memohon ampunan. Membacanya dengan rutin dapat menjadi wasilah agar segala dosa kita diampuni oleh Allah SWT.

Itu dia tadi informasi seputar keistimewaan Surah Al-A’raf. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua di bulan yang penuh berkah ini.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP