7 Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Arti Kedutan di Mata Identik dengan Pertanda Baik, Bagaimana jika Kedutan  di Kelopak Mata Kiri Atas? - Tribun Batam
Daftar Topik

Beberapa orang pasti pernah mengalami kedutan mata kiri atas yang bisa terjadi berkali-kali. Perlu Anda ketahui bahwa terjadinya kedutan bisa saja karena hal biasa atau bahkan bisa terjadi akibat adanya penyakit. Untuk itu, Anda perlu mengetahui kedutan seperti apa yang dapat terjadinya akibat adanya suatu penyakit.

Kedutan yang bisa terjadi akibat adanya penyakit biasanya memiliki gejala lain yang bisa dirasakan. Jika tidak ada gejala lain, maka kedutan tersebut tidak berbahaya melainkan hanya terjadi akibat melakukan kegiatan tertentu. Kegiatan yang bisa menyebabkan terjadinya kedutan yaitu mengonsumsi kafein, merokok, kelelahan, terlalu lama bermain smartphone dan kurangnya tidur.

Arti Kedutan di Mata kiri atas

Cara Mengurangi Terjadinya Kedutan Terlalu Sering

Adapun cara yang bisa dilakukan supaya kedutan yang dirasakan bisa segera menghilang. Salah satunya yaitu dengan mengompres mata dengan menggunakan air hangat. Dengan mengompres mata, maka kedutan pada mata akan berangsur menghilang. Hal ini perlu Anda lakukan sebelum menjelang tidur. Jika kedutan masih terasa, maka Anda bisa mengganti air hangat dengan air dingin untuk mengompres mata. Hal ini juga bisa Anda lakukan secara bergantian antara air hangat dan air dingin.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi terjadinya kedutan yaitu dengan melakukan pijat secara perlahan-lahan pada daerah mata, melakukan tidur lebih awal kalau bisa hindari begadang, kurangi mengonsumsi kafein dan alkhohol. Berbagai cara itulah yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahkan mencegah terjadinya kedutan pada mata.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Alami dan Aman

Kedutan pada Mata Bisa Menjadi Tanda Penyakit

Kedutan mata kiri atas bisa menjadi gejala awal yang dialami seseorang akibat adanya penyakit tertentu. Tetapi tidak semua kedutan termasuk berbahaya, karena ada beberapa kedutan terjadi akibat kelelahan ataupun telah mengonsumsi kafein. Berikut penyebab terjadinya kedutan mata pada bagian kiri yang bisa menjadi tanda dari sebuah penyakit.

1. Penyakit Blepharospasm

Salah satu penyebab terjadinya kedutan pada bagian kiri mata yaitu penyakit Blepharospasm. Blepharospasm merupakan penyakit akibat kontraksi yang dialami otot-otot kelopak mata yang abnormal. Penyakit ini bisa disebabkan akibat gangguan yang terjadi pada fungsi motorik di otak. Salah satu gejala dari penyakit ini yaitu sensitif terhadap cahaya yang terlalu terang.

2. Penyakit Multiple Sclerosis (MS)

Penyakit Multiple Sclerosis disebabkan karena gangguan pada sistem imun yang menganggap sel tubuh sehat sebagai zat asing. Penyakit ini terjadi pada sistem saraf dan sumsum tulang belakang, sehingga dapat menyebabkan terjadinya gangguan keseimbangan. Salah satu gejala yang muncul ketika mengidap penyakit ini yaitu adanya perasaan lelah yang dirasakan oleh tubuh secara ekstrem.

3. Penyakit Bell’s Pallsy

Bell’s Pallsy merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya kelumpuhan saraf pada wajah. Penyakit ini memang dapat membuat mata Anda secara tidak langsung mengalami kedutan pada bagian kiri atas mata. Gejala yang muncul akibat penyakit ini yaitu terjadinya kedutan pada mata, rasa sensitif terhadap suara, kelumpuhan wajah dan juga rasa sakit pada telinga bagian belakang.

4. Penyakit Hemificial Spasm

Penyakit dengan gejala kekejangan yang terjadi pada otot mata ini dapat mengakibatkan terjadinya iritasi pada saraf wajah. Hal ini bisa terjadi karena adanya pembesaran pembuluh darah yang terlalu kuat sehingga dapat menekan saraf. Akibat dari penyakit ini, Anda akan sering mengalami kedutan pada bagian mata kiri atas.

5. Penyakit Dystonia

Dystonia merupakan penyakit yang dapat mengganggu otot-otot yang ada di seluruh tubuh. Penyakit ini bisa terjadi karena adanya kelainan kontraksi otot yang dapat mengakibatkan gerakan berulang pada tubuh. Penyakit Dystonia terbagi dalam beberapa macam seperti Dystonia Multifokal, Dystonia Segmental dan sebagainya. Gejala dari penyakit ini yaitu terjadinya kram pada kaki dan rasa gemetar yang terjadi di bagian tubuh tertentu.

6. Penyakit Amiotrophic Lateral Sclerosis (ALS)

Terjadinya kedutan pada mata bagian kiri atas dapat terjadi akibat adanya gejala dari penyakit Amiotrophic Lateral Sclerosis. Gejala yang muncul akibat penyakit ini memang salah satunya yaitu sebuah kedutan pada mata. Amiotrophic Lateral Sclerosis sendiri merupakan penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya pelemahan otot dan juga disfungsinya sel-sel neuron.

7. Penyakit Alergi

Mata memiliki sebuah alergi yang dapat menyebabkan terjadinya kedutan pada mata. Alergi pada mata biasanya dapat membuat mata terasa gatal dan bengkak. Dari gatal inilah, mata akan mengalami kedutan pada bagian kiri atas. Faktor yang menyebabkan terjadi kedutan berasal dari keluarnya zat histamin pada mata yang mengalami alergi.

Terjadinya kedutan di mata kiri atas memang tidak selalu menjadi tanda-tanda adanya penyakit. Namun, Anda tetap harus waspada ketika mengalami hal ini. Jika memang yang dialami hanya sekedar kedutan tidak masalah, tetapi jika terdapat gejala lain maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya penyakit tertentu.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP