Kebudayaan Tradisional India yang Indah untuk Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
203-india-1
Daftar Topik

Budaya India tidak kaku sehingga mampu bertahan dalam kebanggaan pada masa modern. Budaya India menyerap nilai-nilai berbagai budaya lain dan muncul sebagai tradisi kontemporer yang bisa diterima siapa saja. Inilah yang unik dari budaya India, yakni berjalan seiring waktu. Berikut ini beberapa unsur dalam budaya India yang terkenal di seluruh dunia.

Mengucapan Salam


Dalam budaya India Namaste adalah ucapan salam untuk menyapa pendatang dan orang yang lebih tua. Kedua telapak tangan ditangkupkan dan diangkat hingga ke bagian bawah wajah. Salam ini bukan sekadar menunjukkan penghormatan, melainkan juga membuat pendatang merasakan keakraban. Ucapan “halo” atau “hai” tidak akan dapat menggantikannya.

Karangan Bunga


Menyambut tamu dengan karangan bunga adalah juga merupakan budaya India. Dalam upacara perkawinan, pertukaran karangan bunga antara pengantin laki-laki dan perempuan merupakan ritual wajib. Dalam ibadah mereka, orang juga mempersembahkan karangan bunga kepada dewa dewi.

Acara Pernikahan


Waktu telah berubah, tetapi kemeriahan tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari perkawinan pada masyarakat India. Budaya India percaya bahwa perkawinan bukan sekadar lembaga yang menyatukan laki-laki dan perempuan, melainkan juga menyatukan dua keluarga. Oleh karena itu, budaya India yang diperlihatkan melalui upacara perayaan perkawinan selalu ramai dengan musik dan tari-tarian. Di India, setiap kasta dan komunitas memiliki tradisi sendiri berkaitan dengan ritual perkawinan.

Budaya India kaya akan berbagai agama, suku atau kasta. Dalam perkawinan masyarakat Hindu, penduduk Punjab melaksanakan upacara Roka dalam perkawinan. Sedangkan, penduduk Sindh melakukan “Berana”. Akan tetapi, yang paling lazim adalah upacara perayaan Hast Milap yang biasa juga disebut Paanigrahan Sanskar.

Budaya India untuk pemeluk Islam juga memiliki cara sendiri dalam merayakan perkawinan, yang biasa disebut Nikaah. Dalam kesempatan yang penuh pengharapan itu, keluarga mempelai laki-laki memberikan mehar (maskawin) kepada pengantin perempuan. Orang Parsi menanam pohon mangga dalam pot pada upacara perkawinannya. Upacara ini disebut Madhasvaro.

Tata Busana


Cara berbusana juga merupakan salah satu budaya India yang tetap dipelihara oleh masyarakatnya. Kecantikan perempuan India tampak dari pakaian yang mereka kenakan. Pakaian tradisional India, yakni sari, sangat dikenal di seluruh dunia. Sari dikenakan dengan blus yang menutup bagian atas tubuh.

Budaya India yang berkenaan dengan tata cara berbusana juga bermacam-macam. Di daerah pedalaman, sejenis sari yang disebut ghagara-choli sangat populer. Choli mirip blus pendek yang menutupi bagian atas tubuh dan ghagara mirip rok panjang. Untuk meyempurnakan penampilan dan agar tampak anggun, perempuan mengenakan duppata, kain lembut yang dipakai di bahu.

Meski sedikit beragam, salwar kameez merupakan busana yang terkenal di seluruh India dan menjadi budaya India yang diakui oleh masyarakatnya secara luas. Pakaian tersebut terdiri atas dua bagian, yakitu kameez, semacam baju untuk menutup bagian atas tubuh dan salwar yang mirip celana panjang.Seperti ghagara choli, salwar kameez juga dilengkapi dupatta.

Cara berbusana untuk laki-laki ternyata juga menjadi bagian dari budaya India. Dari dhoti kurta hingga kemeja dan celana, pria India memilih apa pun yang pas dan serasi. Namun, di India bagian utara para pria mengenakan kurta pajama, dhoti kurta, atau sherwani pada perayaan resmi sedangkan pria India bagian selatan mengenakan lungi dengan kemeja.

Perhiasan perempuan India selalu memiliki desain unik dan tampak artistik. Perhiasan dari emas dan perak tersebut mencerminkan budaya India dan tradisi masyarakatnya. Di daerah pedalaman, sejenis resin (lak) dipakai sebagai bahan perhiasan. Gelang kaki dan tangan berbahan lak dari Gujarat dan Rajashtan dipakai dan digemari perempuan dari semua negara bagian.

Dalam budaya India, tanpa aksesoris penampilan seorang perempuan belumlah lengkap. Dari anting, anting hidung, gelang, kalung, hingga gelang kaki, perhiasan khas India memberi apa pun yang dibutuhkan perempuan untuk menambah kecantikannya.

Mehndi


Budaya India berkenaan dengan penampilan yang selanjutnya adalah  Mehndi. Mehndi  atau henna adalah sejenis pasta yang dipakai perempuan untuk membuat desain-desain tertentu di telapak tangan tangannya. Mehndi, yang di Indonesia disebut inai atau pacar, dipakai pada kesempatan khusus, seperti pertunangan, perkawinan, atau perayaan lain.

Pasta mehndi dibubuhkan di telapak tangan dan dibiarkan selama beberapa jam atau semalaman hingga benar-benar kering. Mehndi akan meninggalkan jejak pola merah kecokelatan pada telapak tangan.

Agama


Hindu, Islam, Sikh, Kristen, Buddha, Jain atau Zoroaster; semua agama dapat dijumpai di India. India merupakan negara sekuler dan budaya India membebaskan setiap warga negara untuk memilih agama tertentu. Lebih dari dua pertiga penduduk India merupakan pemeluk Hindu dan tempat-tempat ziarah Hindu dapat dijumpai di setiap bagian negeri.

Seni Pertunjukan


Tari, drama, teater, dan musik India memiliki keunikan masing-masing. Pada budaya India, agama, mitologi, dan literatur klasik merupakan basis bagi seni pertunjukan. Tarian klasik India, seperti  Bharatnatyam, Kathakali, Kathak, Manipuri, Odissi, dan Kuchipudi mengikuti aturan-aturan natya shastra, mitologi, dan literatur klasik seperti epik Ramayana dan Mahabharata.

Menurut budaya India, bagi jiwa, musik bagaikan makanan bagi tubuh. Sejak zaman Veda, musik telah menawan hati dan pikiran setiap orang India. Salah satu bentuk seni pertunjukan yang membuat India terkenal adalah film. India memproduksi lebih dari 1.000 film setiap tahun yang bukan hanya populer di pasar domestik, tetapi juga tersebar di negara-negara lain di Asia dan di Eropa.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA