Fakta Menarik Tentang Kayu Oak, Wajib Tahu!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
kayu-oak
Daftar Topik

Pernahkah kamu mendengar tentang kayu oak? Kayu ini merupakan kayu yang berasa dari pohon oak. Pohon oak sendiri adalah salah satu tanaman yang hanya bisa tumbuh di daerah dingin, seperti di Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika Utara. Kayu dari pohon oak ini pada umumnya digunakan untuk material pembangunan, perabotan rumah, dan furniture. 

Kayu oak tergolong sebagai salah satu kayu yang langka di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran mengapa kayu ini harganya cukup mahal. Namun, meski mahal, kayu ini tetap banyak dicari, karena mempunyai banyak kelebihan. 

Tingkat kekerasan dari kayu ini cukup tinggi, sehingga sangat kuat untuk kamu gunakan sebagai penopang. Tingkat kekerasan kayu ini berada di kelas 2. Nah, di samping itu, kayu ini tahan terhadap serangan jamur dan juga anti rayap. Pori-pori dari kayu ini juga besar, meskipun pada dasarnya kayu ini bukanlah jenis kayu lunak. 

Biasanya, kayu oak tumbuh di daerah yang cuacanya dingin, oleh sebab itu, kayu ini mempunyai ketahanan terhadap kelembaban yang tinggi. Kondisi ini juga membuat kayu ini dapat cepat kering ketika terkena air, dan tidak mudah ditumbuhi jamur. 

Disamping keunggulannya, kayu ini juga punya kekurangan, yakni tidak tahan dengan panas matahari. Jadi, saat terpapar cuaca panas, kayu tersebut akan menjadi bengkok, akibat terjadinya penyusutan. Nah, karena itulah, biasanya seringkali digunakan untuk interior di dalam ruangan, dimana kayu oak tidak akan terpapar sinar matahari secara langsung.

Ragam Fakta Menarik Kayu Oak

Jenis Kayu Oak

Kayu oak

Kayu Oak terdiri dari dua jenis, yakni Oak putih dan Oak merah. Jenis dari kayu oak menjadi penentu dari tingkat kekerasannya. Di Indonesia sendiri, jenis kayu ini yang paling mudah ditemukan adalah Oak putih. Berikut dua jenis, lengkap dengan ciri-cirinya. 

  • Oak Merah

Oak merah mempunyai ciri-ciri tinggi pohon yang mencapai 25 hingga 35 meter, dengan diameter bataknya kurang lebih 1 hingga 1 meter. Serat dari kayu ini berbentuk lurus dan teratur, serta tekstur kayunya agak kasar.

Warna oak merah adalah coklat mudah kemerah-merahan. Kayu ini mempunyai pori-pori sangat besar dan tingkat keawetannya cukup rendah. Oak merah ini cukup rentan terhadap serangan rayap. Namun, keunggulannya kayu ini mempunyai daya susut yang rendah, serta mudah untuk dipotong dengan mesin.

  • Oak Putih

Kayu ini memiliki tinggi pohon yang mencapai 20 sampai 25 meter, sedangkan diameter batangnya adalah 1,2 meter. Bagian serat dari kayu ini lurus dan ada beberapa lekukan. Kemudian tekstur kayunya agak kasar. Oak putih memiliki warna coklat muda, dan sering juga ada yang berwarna kehijauan. Kayu ini tingkat ketahanannya cukup baik terhadap jamur maupun serangan rayap.

Meja dari kayu oak

Oak putih yang telah melewati proses pengeringan tidak mudah mengalami penyusutan. Selain itu, bentuk kayunya juga akan lebih stabil. Oak putih akan mengalami perubahan warna, jika terlalu sering bersentuhan dengan besi, terutama pada besi yang berkarat. Jenis Oak putih ini harganya lebih tinggi dibandingkan dengan Oak merah. 

Baca Juga: Rumah Kayu Minimalis, Tips Memilih Model & Desain

Fakta Unik Kayu Oak yang Wajib Diketahui

pohon-oak

  1. Pohon oak dipercaya sudah ada semenjak 65 tahun yang lalu. Pohon ini diyakini telah ada semenjak zaman purba.
  2. Pohon oak dapat tumbuh hingga seribu tahun. Pohon ini menjadi salah satu pohon yang dapat hidup paling lama. Meskipun pohon ini telah berusia hingga 700 tahun, namun pohon oak akan terus tumbuh. Nanti, jika umur pohon oak sudah mencapai lebih dari seribu tahun, maka pohon tersebut pertumbuhannya akan lambat, dan pohon ini akan mati dengan sendirinya.
  3. Terdapat 600 jenis pohon oak yang ada di dunia. Semuanya tersebar di berbagai daerah yang memiliki iklim dingin.
  4. Pohon oak mulai tumbuh biji ketika usianya sudah mencapai 50 tahun. Memang cukup lama jika kamu menanamnya dari awal hingga nanti mendapatkan bijinya.
  5. Berdasarkan hasil penelitian, dikatakan bahwa hanya ada 1 biji yang bisa tumbuh menjadi tanaman dari 1.000 biji yang dihasilkan oleh pohon oak. Oleh karena itu, membudidayakan pohon oak bukanlah hal yang mudah.
  6. Pohon oak bisa tumbuh di ketinggian mencapai 145 kaki. Hal ini disebabkan karena pohon oak bisa terus tumbuh hingga usianya mencapai seribu tahun.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang kayu oak. Apakah kamu tertarik menggunakan kayu ini sebagai furniture atau perabotan rumah?

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP