7 Kartun Jadul dengan Cerita Unik, Nostalgia Banget!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
rolie-polie-olie
Daftar Topik

Kartun Jadul – Karakter dan konsepnya yang lucu serta unik membuat serial kartun begitu dicintai oleh anak-anak. Tak terkecuali buat kita yang generasi 90-an. Dahulu, banyak kartun yang menemani anak-anak di akhir pekan. Khususnya di waktu weekend. Beberapa di antaranya bahkan memiliki cerita yang unik dan anti-mainstream dan masih berkesan banget hingga sekarang.

Kali ini Blog elevenia berhasil membahas beberapa kartun dengan konsep cerita yang unik. Sudah siap buat kembali bernostalgia? Simak artikel satu ini sampai habis ya.

Daftar Kartun Jadul dengan Cerita yang Super Unik

backyardigans

Salah satu tema yang paling banyak diangkat dalam animasi jadul ialah keluarga. Namun banyak juga animasi yang mengangkat tema persahabatan, kerja sama dan juga rasa saling tolong menolong. Ini dua daftar lengkapnya.

1. Rolie Polie Olie

rolie-polie-olie

Siapa yang tak kenal kartun unik satu ini? Kartun ini bercerita tentang keluarga Pollie yang merupakan keluarga robot. Mereka hidup di planet yang geometris, planet Polie. Menariknya, keluarga ini di tinggal di rumah yang berbentuk teko. Semua yang ada di rumah keluarga ini berbentuk melengkung, bulat dan juga lingkaran. Begitu juga dengan bentuk tubuh mereka.

Tokoh utama anmasi ini bernama Olie. Keluarga tersebut terdiri dari ayah (Percy Polie), ibu (Polina Polie), adik perempuan (Zowie), kakek (Pappy) dan anjing Olie, Spot. Oh ya, mereka juga memiliki tetangga dekat, loh.  Yaitu keluarga Bevel yang berasal dari Planet Cubey. Selain mengajarkan tentang kasih sayang di dalam keluarga, kartun ini juga berkisah tentang perdamaian di antara perbedaan.

2. Max and Ruby

max-and-ruby

Max and Ruby merupakan salah satu kartun yang seru ditonton di akhir pekan. Berkisah tentang dua kakak beradik kelinci yang lucu dan memiliki kepribadian yang berbeda. Ruby, sang kakak digambarkan punya sifat penyayang, sabar dan juga feminin. Sementara Max, sang adik digambarkan berkepribadian aktif, usil dan selalu ingin tahu.

Waluapun berbeda karakter, kedua kakak beradik ini tetap sayang satu sama lain, kok. Terbukti dari betapa sabarnya Ruby dalam menjaga Max. Dalam kartun ini kamu akan melihat keceriaan dan keseruan hari-hari mereka.

3. The Backyardigans

the-backyardigans

Berpetualang di halaman belakang? Bagi Backyardigans hal itu bukan hal yang gak mungkin. Kawanan ini terdiri dari Pablo si penguin, Tyrone si Rusa, Austin sang kangguru, Tasha sang kudanil dan juga Uniqua si spesies unik. Menariknya, mereka bisa mengubah halaman belakang menjadi berbagai tempat berpetualang yang seru.

Dalam petualangan tersebut, petualangan disajikan dengan satu atau beberapa genre lagu. Mulai dari reggae, big band sampai ska. Salah satu ciri khas dari kartun ini ialah petualangan selalu berakhir di saat salah satu tokoh mengajak yang lainnya untuk makan cemilan. Gak heran kalau kartun ini jadi salah satu kartun yang paling bikin kangen.

Baca Juga: Film Kartun Terbaik Disney yang Wajib Ditonton

4. Wonder Pets!

wonder-pets!

Animasi Wonder Pets! terbilang unik karena menggabungkan beberapa unsur 3 dimensi. Tampilannya akan mengingatkanmu pada scrapbook atau buku tempel. Tokoh utama ini diisi oleh 3 binatang mungil nan lucu.  Linny si guinea pig, Tuck si kura-kura dan juga Ming-Ming si bebek.  Lucunya lagi, mereka juga memakai beberapa asesoris, seperti topi, sepatu dan juga jubah. Kompak banget!

Setiap harinya, petualangan tiga sekawan ini diisi dengan menyelamatkan hewan lain yang sedang kesulitan. Dalam menyelamatkan hewan-hewan, mereka terbang dengan menggunakan kapal terbang bermesin jet dengan huruf W yang khas pada layarnya. Setiap petualangan juga dipenuhi dengan nyanyian yang ceria dan lucu.

5. Little Einstein

little-einsteins

Merupakan salah satu animasi besutan Disney Jr. Animasi ini menggabungkan unsur 2 dimensi dan 3 dimensi sekaligus dalam tampilannya. Berkisah tentang petualangan 4 orang anak, Leo, June, Quincy dan Annie. Hari-hari mereka diisi dengan misi dan juga berbagai petualangan yang menyenangkan.

Uniknya, petualangan tersebut selalu diisi dengan permainan musik, irama dan juga ritme.Dalam berpetualang, keempatnya dibantu oleh Rocket. Rocket sendiri merupakan transportasi canggih yang mereka gunakan setiap harinya. Lucunya, selain dapat terbang di udara, Rocket juga dapat mengapung dan menyelam di air.

6. Little Bear

little-bear

Bercerita tentang kehidupan sehari-hari seekor beruang yang bernama Beruang Kecil. Beruang Kecil tinggal bersama ayah dan ibunya. Uniknya, Beruang keciil juga senang untuk melakukan berbagai hal di luar rumah loh. Mulai dari berkelana, memancing hingga merayakan ulangtahun teman-temannya yang berasal dari berbagai spesies.

Mulai dari burung hantu, ular, manusia, ayam, kucing dan juga angsa. Kawanan ini senang menemukan hal-hal baru dan menarik setiap harinya. Selain nilai moral, kartun ini juga mengajarkan perdamaian di antara parbedaan yang ada. Unik banget, ya.

7. Magic School Bus

the-magic-school-bus

Anak 90-an mungkin gak asing sama kartun yang sempat tayang di Spacetoon ini. Kartun jadul dengan tema sains ini berkisah tentang petualangan Mrs. Frizzle dan murid-muridnya. Miss Frizzle sendiri digambarkan sebagai guru yang nyentrik dan unik. Dia bahkan selalu membawa kadal peliharaannya di setiap perjalanan.

Setiap harinya, mereka menjelajahi berbagai tempat dan juga mempelajari hal baru. Mulai dari tata surya hingga sistem organ manusia. Yang lebih menarik, perjalanan itu dilakukan dengan bus ajaib yang bisa berubah ukutan menjadi besar maupun kecil.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP