Jurusan Psikologi: Perkuliahan, Prospek Kerja, Syarat Masuk, dan Universitas

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
jurusan-ilmu-psikologi
Daftar Topik

Jurusan Psikologi – Ketika kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, memilih jurusan kuliah adalah hal yang penting. Bagi yang berminat dengan pelajaran eksak dan ilmu sains, maka bisa mengambil jurusan di bidang sains dan teknologi.

Sedangkan yang merasa memiliki bakat di ilmu sosial maka bisa mengambil jurusan di bidang sosial dan humaniora. Tentu ada banyak jurusan yang bisa dipilih, dan lebih baik memilih yang paling sesuai. Salah satu jurusan yang banyak peminatnya ialah psikologi.

Kira-kira, apa saja ya hal-hal yang harus diketahui sebelum masuk jurusan ini? Temukan jawabannya di sajian Blog elevenia satu ini!

Sekilas Tentang Jurusan Psikologi

jurusan-ilmu-psikologi

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari secara mendalam tentang perilaku mental manusia.  Bukan hanya perilaku yang terlihat secara jelas di keseharian, tetapi juga pola pikir yang mendasari perilaku manusia. Teori yang ada pada ilmu psikologi juga banyak digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam suatu peristiwa yang berhubungan dengan aktivitas manusia.

Jika dilihat dari istilahnya memang berasal dari bahasa latin yaitu psychologia. Pertama kalinya istilah ini digunakan adalah pada akhir abad 15 hingga awal abad 16 oleh salah satu tokoh yaitu Marlo Marulic. 

Jurusan Psikologi akan membahas mengenai beragam teori maupun praktek ilmu ini secara lebih lanjut. Dengan masuk jurusan ini, kamu dapat mempelajari tentang kepribadian, mental, jiwa manusia dan juga beragam ilmu terkait lainnya. Menarik bukan?

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

prospek-kerja-jurusan-psikologi

Siapa bilang jurusan jurusan ini hanya bisa menjadi psikolog atau konselor? Nyatanya, ada banyak prospek karis yang bisa kamu coba setelah lulus, loh.

Secara garis besar, berikut beberapa prospek pekerjaan di jurusan psikologi, yaitu:

  1. HRD
  2. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus
  3. Konselor
  4. Trainer
  5. Psikolog
  6. Head Hunter
  7. Guru di Sekolah Kepribadian
  8. Trainer
  9. Research and Development

Selain beragam prospek karir di atas, kamu juga bisa memilih pekerjaan lain. Kalau kamu juga tertarik dengan hukum, kamu bisa mengambil pekerjaan di sektor psikologi forensik  kepolisian. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di luar ilmu psikologi. Seperti manajemen ritel ataupun sumber daya manusia.

Proses Perkuliahan Jurusan Ilmu Psikologi

proses-perkuliahan-jurusan-psikologi

Terdapat 2 jenjang yang bisa kamu pilih di jurusan yang satu ini. Kamu bisa memilih tingkat Strata 1 (S1) maupun Magister (S2). Kamu bisa memilih salah satu yang sesuai dengan minat dan juga kebutuhanmu.

Dalam menjalani kuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai hal terkait kepribadian manusia. Mulai dari mata kuliah Filsafat, Statistika, Psikologi Kepribadian, Psikologi Klinis, Biopsikologi dan sebagainya.

Dalam Psikologi Kepribadian, kamu akan belajar mengenai jenis-jenis kepribadian manusia, sejarah, hingga filosofi dasarnya. Sedangkan Psikologi Klinis akan membahas lebih lengkap tentang beragam masalah kejiwaan dan penanganannya. Untuk Biopsikologi akan mengulas tentang ilmu mental, prosesnya serta kaitannya dengan ilmu kedokteran, biologi hingga ilmu psikologi itu sendiri.

Walaupun kamu akan jarang bertemu dengan berbagai mata kuliah eksak atau hitungan, kamu perlu memiliki kemampuan analisis yang kuat. Hal ini karena kamu akan mempelajari mengenai berbagai riset tentang kepribadian manusia. Termasuk psikotes yang sering digunakan dalam berbagai keperluan. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang dasar ilmu statistika. Mulai dari perencanaan sampai presentasi data yang telah didapatkan. Siap untuk masuk jurusan ini?

Syarat Masuk Jurusan Psikologi

syarat-masuk-jurusan-psikologi

Untuk masuk jurusan kuliah, setiap jurusan tentu punya persyaratan masing-masing. Ada beberapa syarat yang diperlukan untuk jurusan Ilmu Psikologi ini, nih. Satu hal yang harus kamu ingat, beberapa kampus mungkin punya syarat berbeda.

Ini dia beberapa persyaratan umum yang harus kamu penuhi:

1. Lulus SMA sederajat, dalam hal ini kamu bisa menyiapkan Surat Keterangan Lulus.

2. Cek prodi jurusan Psikologi dari kampus yang kamu tuju. Pastikan jika jurusan Psikologi masuk dalam Prodi MIPA atau Soshum.

3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru.

4. Menyiapkan berkas-berkas penting, seperti:

  • Ijazah
  • Akta Kelahiran
  • Kartu Keluarga
  • Rapor SMA
  • Slip penghasilan ortu
  • Dll.

5. Surat keterangan bebas buta warna.

6. Sehat jasmani dan rohani.

7. Bebas narkoba dan obat terlarang.

8. Skor TOEFL atau IELTS.

Daftar Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik

Karena termasuk jurusan yang ramai peminat, sudah banyak kampus terbaik di Indonesia yang membuka jurusan ini, loh. Berikut beberapa kampus populer yang bisa kamu tuju jika ingin masuk Jurusan Ilmu Psikologi:

  1. Universitas Airlangsa (UNAIR)
  2. Universitas Gajah Mada (UGM)
  3. Universitas Indonesia (UI)
  4. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta)
  5. Universitas Padjajaran (UNPAD)
  6. Universitas Surabaya (UBAYA)

Itu dia tadi beragam informasi terkait jurusan Psikologi yang wajib diketahui. Semoga dengan informasi di atas, kita dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan. Terkhusus untuk kamu calon mahasiswa maupun mahasiswa baru yang bingung memilih jurusan.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP