Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Jenis-Jenis Teks
Daftar Topik

Jenis teks. Teks adalah sesuatu yang akan kita jumpai setiap harinya. Segala sesuatunya akan dituangkan melalui sebuah teks untuk diabadikan. Dengan segala fungsi yang dibebankan kepada teks tersebut, tentunya kamu akan menjumpai banyak jenis teks yang digunakan dengan fungsi yang bervariasi. Katakan saja, jika kamu ingin membuat iklan di sebuah pamflet ataupun baliho besar di pinggir jalan, tentunya kamu akan menggunakan bahasa yang persuasif, simple, padat, dan jelas. Berbeda sekali jika kamu ingin menuangkan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan. Kamu tentunya akan menggunakan kata-kata yang tepat dan terkadang ilmiah dengan istilah-istilah yang tidak dimengerti semua kalangan. Nah inilah yang menyebabkan terdapat beberapa jenis ini yang bisa digunakan dengan fungsi dan struktur yang berbeda.

Dalam pelajaran bahasa indonesia di sekolah dulu, tentunya kamu sudah diperkenalkan mengenai beberapa jenis ini yang memang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kamu juga disuruh membuat beberapa jenis teks tersebut. Misalkan saja, kamu diperkenalkan mengenai teks anekdot di bangku SMA, teks narasi sejak kamu SD, Teks Persuasif sejak kamu SMP, dsb. Secara teori memang kamu menjumpai jenis teks tersebut pada jenjang pendidikan tertentu, namun realitanya kamu menjumpai jenis ini tersebut di hampir setiap harinya tanpa kamu sadari. 

Terdapat beberapa jenis teks yang bisa digunakan dengan tujuan tertentu, yaitu Teks Narasi, Teks Anekdot, Teks Persuasi, Teks Argumentasi, Teks Eksposisi, Teks Deskripsi, Teks Eksplanasi, dan beberapa jenis teks lainnya yang tentunya dengan karakteristik yang sangat bervariasi.

Jenis-Jenis Teks

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa jenis teks yang bisa digunakan dengan kegunaan dan struktur penulisannya masing-masing. Ada yang untuk hiburan, berita, mendeskripsikan atau menjelaskan sesuatu, karya seni, dll. Dari beberapa jenis teks tersebut, pasti ada setidaknya satu jenis teks yang sering sekali kamu buat dalam kehidupan sehari-hari.

1. Teks Anekdot

Teks Anekdot merupakan jenis teks yang tujuan utamanya adalah menyampaikan sebuah opini yang menyindir ataupun mengkritik perseorangan ataupun sebuah instansi, kondisi yang berada di sekitar kita yang dikemas dengan cerita yang lucu untuk menghindari adanya pihak lain yang tersinggung. Teks anekdot sendiri memiliki struktur, pada umumnya, sebagai berikut:

  • Abstraksi

    Pada bagian ini, penulisa akan memberikan gambaran secara umum dari teks tersebut.

  • Orientasi

    Pada bagian ini, penulis akan menceritakan mengenai bagaimana cerita bermula dan apa yang melatarbelakangi cerita tersebut.

  • Krisis

    Pada bagian ini, penulis akan menceritakan masalah utama dari teks anekdot yang dibuat.

  • Reaksi

    Pada bagian ini, penulis akan menceritakan mengenai bagaimana masalah tersebut terselesaikan, apa solusinya.

  • Koda

    Penutup dari teks anekdot.

2. Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks atau paragraph atau bacaan yang berisi informasi ataupun ilmu pengetahuan yang disajikan secara padat dan jelas melalui fakta dan pendapat dari penulis yang disajikan melalui gagasan-gagasan yang logis dan terstruktur. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa terdapat dua bagian penting yang ada di dalam teks ini. Pertama adalah fakta dan yang kedua adalah opini. Gagasan logis dari sang penulis akan masuk ke dalam bagian opini. Biasanya berisi pendapat, klarifikasi, evaluasi, dan juga menjustifikasi kebenaran dari suatu masalah. 

3. Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan mengenai suatu fenomena alam maupun sosial sehingga teks ini lebih bersifat ke arah ilmiah. Misalkan, penjelasan bagaimana guntur terjadi, gempa bumi terjadi, apel jatuh ke bumi, kesenjangan sosial yang ada di Indonesia, dan lain sebagainya. Tujuan dari penulisan jenis teks ini adalah agar dapat menginformasikan kejadian yang ada, dan jika itu kejadian yang buruk maka diharapkan kedepannya bisa dicegah agar tidak terjadi lagi.

4. Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang menjelaskan mengenai langkah-langkah/ urutan cara melakukan sesuatu yang disajikan secara runut dan terstruktur. Contoh dari teks prosedur adalah panduan resep, cara merakit kipas angina, cara mengoperasikan software, dll. 

Prosedur Masak Mie Instan
Ilustrasi teks prosedur. Sumber: Kumparan.com

5. Teks Laporan

Teks jenis ini ditulis dengan maksud untuk menjelaskan suatu peristiwa yang terjadi dari suatu objek secara detail. Teks laporan ini biasa juga disebut sebagai teks klasifikasi.

6. Teks Persuasi

Teks selanjutnya adalah teks persuasi yang ditulis dengan tujuan awal untuk mempersuasi/ membujuk si pembaca untuk melakukan ataupun mengikuti isi yang ada dalam bacaan. Teks persuasi yang berisi bujukan ini sangat cocok digunakan untuk himbauan kepada pembaca. Karena tujuannya untuk menggiring pembaca untuk mengikuti isi bacaan, maka pemilihan katanya pun harus yang tepat sasaran.

7. Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah jenis teks yang ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan suatu benda, tempat, ataupun sebuah peristiwa secara jelas. Teks deskripsi sendiri berisi informasi-informasi yang bisa digambarkan melalui panca indra kita, seperti bagaimana kenampakannya, aromanya, teksturnya, dll. 

8. Teks Puisi

Jenis teks puisi adalah jenis teks yang digunakan untuk keperluan sastra dimana pembuatannya akan dibuat seindah mungkin dengan pemilihan kata yang imajinatif dan makna yang tersirat. Tak hanya itu, puisi juga dibuat dengan mempertimbangkan irama dan bunyi yang padu ditambah dengan pemilihan kata kiasan.

9. Teks Pantun

Contoh Pantun

Jenis teks yang selanjutnya ini juga merupakan sebuah karya sastra yang memiliki 4 baris disetiap baitnya yang berima abab. Dua baris pertama merupakan sebuah sampiran, dua baris terakhir merupakan isi yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Itulah dia beberapa jenis teks yang umum sekali dijumpai di kehidupan sehari hari. Ada yang terkesan sangat formal dan serius, ada yang serius dan berupa sindiran namun dibungkus dengan kesan yang lucu, ada yang bersifat deksriptif, persuasif, dan bermacam-macam. Dari beberapa jenis teks tersebut, manakah yang paling membuatmu tertarik??

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!!

Baca juga:

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Word Dengan Mudah

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA