Jenis-jenis Sawi, Sudah Tahu Belum?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
pokchoy
Daftar Topik

Jenis Sawi – Sayuran satu ini, sering dipakai di berbagai hidangan lokal Indonesia. Disajikan dalam beragam cara, mulai dari ditumis hingga direbus sebagai pelengkap mie ayam. Tekstur sawi juga terbilang renyah saat dimakan. Walaupun begitu, tanaman dengan kombinasi warna hijau ini punya kandungan air yang cukup banyak. Tapi tahukah kamu kalau sawi terdapat beberapa jenis? Simak pembahasan ini untuk cari tahu lebih lanjut.

Jenis-jenis Sawi di Indonesia

Dari tampilan, semua sawi boleh sama-sama hijau. Namun tidak pada bentuknya yang berbeda-beda. Ini dia beberapa jenis sawi yang lazim ditemui di Indonesia.

Sawi Hijau

sawi-hijau

Sesuai dengan namanya, sawi ini memiliki warna dominan hijau pada seluruh bagiannya. Daunnya berwarna hijau tua, sedangkan bagian batangnya berwarna hijau muda. Saat dimasak hingga matang warna hijaunya akan terlihat lebih tua. Di berbagai daerah sawi hijau juga disebut sebagai caisim atau sesim. Sawi ini punya sensasi rasa yang sedikit pahit ketika dikonsumsi. Karena itu, untuk menghilangkan rasa pahitnya, sebagian orang menjadikannya sebagai bahan utama untuk asinan.

Sawi Putih

sawi-putih

Pamor sawi ini semakin melunjak berkat eksisnya drama Korea di kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, di serial drama Korea, sawi ini sering diolah menjadi kimchi. Kimchi sendiri berbentuk seperti asinan namun dilengkapi dengan bumbu pedas dan minyak ikan. Namun siapa sangka, ternyata sawi putih masih sekerabat dekat dengan kubis. Tak heran ya kalau sawi ini juga dijuluki sebagai kubis cina. Agak berbeda dengan jenis sawi lainnya, warna putih kubis ini cenderung lebih dominan. Selain itu, teksturnya yang lembut membuatnya cocok untuk dijadikan berbagai olahan sawi gulung. Yummy!

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Dia Jenis Sayuran Batang

Sawi Huma

sawi-huma

Nama sawi ini berasal dari tempat hidupnya. Yaitu daerah kering yang berbentuk tegalan seperti huma. Agar tidak ada genangan air, sawi ini biasa ditanam setelah musim hujan. Bentuk daunnya terbilang lebih sempit, begitu juga dengan batangnya yang lebih kecil dan panjang. Warna daunnya agak putih dan memiliki bentuk yang mirip dengan pokchoy.

Pokchoy

pokchoy

Kalau dibandingkan dengan sawi lain, bentuk sawi ini tergolong lebih kecil dan bantet. Ukuran bonggolnya lebih gemuk ketimbang sawi hijau. Menariknya, pokchoy juga memiliki versi kecil yang dinamai baby pokchoy. Tumisan sawi ini cukup populer di berbagai restoran Asia. Karena bentuknya mirip sendok, sawi ini juga dijuluki sebagai sawi sendok. Selain pokchoy, sawi ini juga biasa disebut dengan bokchoy.

Kailan

kailan

Sekilas, bentuk sawi ini sangat mirip dengan saudaranya, sawi hijau. Eits, tapi keduanya punya perbedaan yang cukup mencolok loh. Selain batangnya yang lebih ramping, daunnya juga lebih tipis. Selain itu, warna hijau pada daunnya juga lebih mencolok. Uniknya, sawi ini dijuluki dengan brokoli cina karena masih sekerabat dengan kubis.

Itu dia tadi ulasan tentang beragam jenis sawi yang populer di Indonesia. Jenis sawi mana apakah yang menjadi favoritmu?

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP