8 Ragam Jenis Saus dan Keunikannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
jenis-saus
Daftar Topik

Jenis Saus – Tekturnya yang cair atau kental dan jenisnya yang beragam, membuat saus banyak digunakan sebagai penambah rasa pada makanan. Kata saus berasal dari kata sauce dalam Bahasa Prancis yang diambil dari bahasa Latin salsus yang berarti “digarami”.

Uniknya, penyedap makanan ini punya beberapa nama. Di Spanyol, saus disebut salsa. Sedangkan untuk saus khusus salad diberi nama dressing. Terdapat banyak jenis saus yang beredar di dunia. Kali ini, akan dibahas 9 diantaranya, nih. Simak sajian artikel satu ini sampai habis, ya.

9 Jenis Saus dan Fakta Uniknya

jenis-saus

Umumnya, jenis saus dibagi berdasarkan beberapa kriteria. Seperti bentuknya serta bahan dasarnya. Simak ragam fakta di bawah ini untuk mengenal saus lebih lanjut.

1. Saus Bechamel 

saus-bechamel

Saus putih ini menggunakan susu yang dicampur dengan roux (baca: ru) sebagai bahan utamanya. Roux sendiri terbuat dari mentega panas dan juga tepung yang dicampur. Hal ini lah yang mebuat saus ini punya tekstur yang terbilang creamy. Saus krim dan mustard merupakan beberapa jenis saus bechamel yang terkenal.

2. Saus Veloute

saus-veloute

Merupakan campuran dari kaldu ringan dan juga roux kuning atau putih. Namanya berasal dari kata bahasa Prancis veloute yang artinya “seperti beludru”. Saus ini merupakan salah satu jenis saus yang didaftarkan oleh Auguste Escoffier di awal abad 20. Bersama saus espagnole, bechamel, tomat, dan hollandise. Saus jamur dan Allemende merupakan beberapa turunan dari saus ini.

3. Saus Coklat / Saus Espagnole

saus-espagnole

Sedikit mirip dengan saus veloute, saus espagnole juga berbahan dasar campuran kaldu dan roux. Bedanya, kaldu yang digunakan ialah kaldu coklat. Diable, madere, dan perigeoux merupakan beberapa jenis saus espagnole yang terkenal. Dari segi teksturnya, saus ini juga mirip dengan saus steak dan saus tonkatsu asal Jepang, loh.

Baca Juga: Inilah Daftar Merek Saus Barbeque yang Enak

4. Saus Tomat

saus-tomat

Seperti namanya, saus ini dibuat dari puree tomat asli. Warna merahnya akan menggoda siapa saja yang menyantapnya. Beberapa variasi saus tomat terbuat dari beberapa bahan tambahan lain yang lebih kompleks. Seperti wortel, bawang bombay hingga bayleaf. Saus yang di gunakan di atas pizza dan saus spaghetti bolognese merupakan beberapa contoh saus ini.

5. Saus Hollandaise/ Saus Bearnaise

saus-hollandaise

Saus hollandaise mengandung lemak yang berasal dari butter. Tambahan kuning telur membuatnya semakin kental. Uniknya, saus ini harus disajikan hangat agar telurnya tidak menggumpal. Saus bearnaise, riche dan mousline merupakan beberapa contoh saus hollandaise.

6. Saus Minyak Salad

saus-vinaigrette

Umumunya, saus ini umum digunakan sebagai dressing salad. Untuk jenisnya, saus ini dibagi menjadi 2, yaitu saus mayones dan saus vinaigrette. Saus mayones terbuat dari kuning telur, mustard, cuka, dan minyak selada. Sedangkan saus vinaigrette terbuat dari cuka, mustard, minyak selada, peterseli dan chives.

Baca Juga: Makanan Hits dengan Saus Telur Asin

7. Saus Oriental

saus-oriental

Saus oriental umumnya paling banyak digunakan untuk berbagai hidangan Asia, khususnya Asia Timur. Saus ini memiliki berbagai rasa yang khas tergantung dari bahan dan juga cara penggunaannya yang unik. Beberapa saus oriental yang terkenal diantaranya berbagai jenis kecap, saus teriyaki, saus tiram, saus gochujang, dan masih banyak lagi.

8. Saus Khas Indonesia

saus-khas-indonesia

Indonesia juga punya beberapa saus khas, loh. Dalam hal ini ragam jenis saus sambal, saus kecap, hingga saus kacang merupakan beberapa contohnya. Umumnya jenis saus-saus ini dibagi dari bahan dasarnya. Namun beberapa jenis sambal punya nama khas yang berasal dari daerahnya. Seperti sambal bawang, sambal terasi, sambal matah, saus kecap pedas, dan juga saus pecel.

9.  Saus Inggris

saus-inggris

Di dalam hidangan khas Inggris, terdapat banyak saus yang digunakan. Untuk hidangan utama, biasanya digunakan saus gravy. Saus ini terbuat dari kaldu dan juga tepung. Ada juga saus apel yang digunakan untuk hidangan babi atau domba. Untuk makanan ringan, biasanya digunakan saus coklat dan saus tomat. Uniknya, terdapat juga beberapa jenis kecap inggris dengan rasa yang unik, loh.

Temukan beragam jenis saus sesuai kebutuhanmu di elevenia. Dapatkan juga berbagai promo menarik lainnya, spesial ultah elevenia yang ke 8! Di elevenia, yang kamu cari, ada.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP