Jenis Pola Asuh Orang Tua Serta Dampaknya Pada Anak

0
271020 Pola Asuh Permisif

Dalam mengasuh anak  pastinya akan ada cara berbeda yang dilakukan oleh setiap orang tua. Ada tipe orang tua yang dalam mengasuh anaknya dengan cara mendisiplinkan anak melalui hukuman, atau ada juga yang tidak sama sekali diberikan hukuman.  Apapun itu, cara yang dilakukan oleh orang tua dalam mengasuh anak tentunya akan memiliki dampak pada anak tersebut.

Sebenarnya dalam parenting itu dibagi menjadi empat jenis. Dan dari masing-masing jenisnya tersebut juga mempunyai dampak tersendiri bagi sang anak. Nah, buat anda yang belum mengetahui apa saja pola asuh orang tua dan juga dampaknya bagi anak, silahkan simak ulasannya berikut ini.

4 Jenis Pola Asuh Orang Tua yang Harus Diketahui


271020 Pola Asuh Otoritatif

1. Pola Asuh Otoriter (Authoritarian)

Pola asuh orang tua yang pertama adalah otoriter.  Jadi yang dimaksud dengan pola asuh otoriter ini, parent dalam mengasuh anaknya itu menerapkan suatu prinsip yaitu jangan dibantah. Jadi jika sang anak sedang melakukan suatu hal namun tidak  diperbolehkan oleh orang tua dan ternyata si anak ini menanyakan apa alasannya tidak diperbolehkan maka sang parent hanya menjawab “pokoknya tidak boleh”. Orang tua yang memiliki pola asuh otoriter ini juga tak akan pernah memberikan suatu kesempatan untuk sang anak dalam berpikir serta memecahkan suatu masalahnya sendiri.  Dan jika sang anak telah berbuat suatu kesalahan maka parent dengan pola asuh otoriter ini akan menghukumnya. Jadi jika ada parent yang memiliki pola asuh otoriter itu membuat anak harus menuruti apa yang telah dikatakan oleh orang tuanya.

2. Pola Asuh Otoritatif (Authoritative)

Pola asuh orang tua yang otoritatif ini merupakan kebalikannya dari pola asuh yang otoriter. Jadi pada pola asuh yang bersifat otoritatif ini parent akan terus mencoba untuk membangun suatu hubungan yang positif dengan anaknya. Hingga dalam mengasuh itu orang tua akan mempertimbangkan terhadap sisi anak. Meskipun demikian, parent yang mempunya pola asuh otoritaif ini juga telah mengajarkan anaknya tentang suatu kedisiplinan, yaitu dengan menerapkan segala peraturan tapi dengan memberikan alasan yang jelas mengapa aturan itu harus dilaksanakan hingga akan membuat anak menjadi mengerti. Parent yang mempunyai pola asuh seperti ini juga akan memberikan sebuah apresiasi jika sang anak telah berhasil.

3. Pola Asuh Permisif (Permissive)

Pola asuh orang tua yang ketiga adalah permisif. Jadi dalam pola asuh yang seperti ini yaitu parent akan memiliki sebuah pemikiran bahwasanya sang anak akan belajar konsekuensi dari apa yang sudah dilakukan. Pola asuh yang permisif ini juga tidak pernah memberikan hukuman maupun teguran untuk sang anak. Ketika orang tua membuat peraturan pun maka tak banyak yang ditegakkan. Parent yang mempunyai pola asuh permisif ini mereka akan menganggap bahwa dirinya adalah teman bagi anaknya serta tidak akan pernah melarang sang anak jika melakukan suatu hal yang buruk.

4. Pola Asuh Orang Tua yang Tidak Mau Tahu (Uninvolved)

Dan untuk pola asuh orang tua jenis terakhir ini yaitu adalah uninvolved.  Dimana orang tua tidak pernah menanyakan bagaimana kabar dari  sang anak, apakah di sekolah tadi mendapatkan PR. Jadi tipe yang tidak mau tahu ini bukan berarti mereka menelantarkan sang anak. Akan tetapi hal itu terjadi karena memang orang tua mempunyai suatu kesibukan sehingga tidak sempat untuk menanyakan kabar tentang sang anak.  Misalnya saja orang tuanya sedang bekerja seharian ataupun sang orang tua mempunyai kondisi kesehatannya yang sangat buruk.

Dampak yang Diperoleh Anak Akibat Pola Asuh Orang Tua


271020 Pola Asuh Permisif

Jadi dalam setiap pola asuh yang sudah dijelaskan diatas itu mempunyai dampak tersendiri yang akan dialami oleh sang anak. Lalu apa dampak yang diperoleh sang anak?  Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Dampak dari Pola Asuh Otoriter

Jadi dampak yang akan diperoleh oleh sang anak jika orang tuanya mempunyai pola asuh otoriter yaitu anak akan mempunyai tingkat kepercayaan diri yang sangat rendah hal ini karena  pendapatnya merasa tidak pernah dihargai serta sang anak juga akan bersifat agresif dan juga mudah untuk berbohong.  Hal ini dilakukan karena mereka ingin menghindari suatu hukuman yang diberikan oleh orang tuanya.

2. Dampak dari Pola Asuh Otoritatif

Jadi dampak yang akan diperoleh oleh sang anak jika orang tuanya mempunyai pola asuh yang seperti ini adalah anak akan terlihat bahagia dan juga sukses. Sang anak juga akan semakin berani dalam membuat suatu keputusan.

3. Dampak dari Pola Asuh Permisif

Dampak yang akan diperoleh sang anak jika orang tuanya mempunyai pola asuh seperti ini yaitu akan membuat sang anak merasa kesulitan dalam hal akademik serta tidak dapat menghormati sebuah peraturan.

4. Dampak dari Pola Asuh Tidak Mau Tahu

Dampak yang akan diperoleh sang anak jika mempunyai orang tua dengan tipe seperti ini yaitu anak akan mengalami suatu masalah dalam hal akademik dan pada tingkat rasa percaya dirinya bahkan juga dalam hal kebahagiaan.

Nah itulah informasi tentang 4 jenis pola asuh orang tua dan dampaknya bagi anak yang bisa kami bagikan. Nah, anda termasuk pola asuh yang nomor berapa? Semoga saja anda termasuk orang tua yang mempunyai pola asuh dengan mengakibatkan dampak yang positif buat sang anak.

BACA JUGA!

Masalah Obesitas Pada Anak yang Harus Diketahui Oleh Para Orang Tua

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: