Jenis Pisang dan Cara Pengolahannya

0
30720 Pisang
Source: Teras Jakarta

Jenis Pisang dan Cara Pengolahannya – Pisang adalah buah yang sudah ramah dengan lidah orang Indonesia. Buah yang identik dengan warna kuning ini juga dikenal memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. selain itu buah yang satu ini mudah tumbuh dimanapun, bukan buah musiman yang hanya bisa dinikmati di masa tertentu saja. sampai saat ini pisang merupakan makanan yang disukai banyak orang. selain bisa dimakan langsung, beberapa orang juga membuat inovasi baru dalam mengolah pisang.

Ini terbukti dengan banyaknya tempat makanan yang menggunakan pisang sebagai bahan utama pembuatan aneka camilan yang inovatif. Perlu diketahui bahwa ada berbagai jenis pisang yang tersebar di Indonesia. Berbagai jenis pisang tersebut tentu berbeda mulai dari rasa hingga cara pengolahannya. Misalnya saja pisang untuk bahan kripik tentu berbeda dengan pisang yang kiranya akan dijadikan pisang goreng.

Hal ini dikarenakan setiap jenis pisang yang tersebar memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Oleh sebab itu cara pengolahan pisang pun tidak dapat di sama ratakan. Agar lebih mengenal berbagai jenis pisang, berikut kali paparkan 7 jenis pisang dan cara pengolahannya.

Jenis Pisang dan Cara Pengolahannya

1. Pisang Ambon


30720 Pisang Ambon ELapauAnda mungkin sudah pernah menjumpai pisang ambon di pasar tradisional atau supermarket. Pasalnya pisang ini sudah banyak disukai karena memiliki daging buah dengan tekstur lembut dan manis. pisang ambon pun memiliki beberapa jenis salah satunya yang paling terkenal adalah Pisang Cavendish.

Pisang ambon sangat tepat jika dimakan langsung atau sebagai campuran bahan kue pisang. Tekstur pisang ambon yang lembut tidak cocok untuk dijadikan pisang goreng. Jadi alangkah baknya jika pisang yang satu ini dijadikan campuran bahan kue. Karena jika Anda membuatnya menjadi pisang goreng, ketika matang akan terlalu lembek dan kurang enak.

2. Pisang Tanduk


30720 Pisang TandukSeperti namanya, buah pisang yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar seperti tanduk. Buah pisang tanduk yang telah matang ditandai dengan warna kulitnya yang menghitam. Jadi, ketika memilih buah pisang tanduk perhatikan dulu warna kulitnya. Pisang tanduk adalah buah yang memiliki  tekstur legit dan padat. Selain itu rasanya pun juga tidak terlalu manis.

Banyak makanan yang bisa diolah dengan bahan dasar pisang tanduk. Diantaranya adalah kolak, pisang goreng, pisang bakar sampai keripik

3. Pisang Nangka


30720 Pisang NangkaJika biasanya buah pisang identik dengan warna kuning, maka pisang nangka memiliki kulit berwarna hijau meski buah tersebut telah matang. Kematangan buah yang satu ini bisa dicium dari aromanya yang khas. Selain itu, pisang nangka yang telah matang memiliki daging buah berwarna kuning agak kemerahan.

Pisang nangka memiliki rasa yang sedikit asam dengan tekstur padat. Selain itu, pisang nangka juga tidak akan terlalu lembek meski digoreng. Oleh sebab itu jenis pisang yang satu ini dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti keripik, pisang goreng, atau sebagai isian kue.

4. Pisang Uli


30720 Pisang UliTekstur buah yang satu  ini kenyal dan padat. Rasa buahnya juga manis legit dengan aroma buah yang harus ketika sudah matang. Tidak heran pisang yang satu ini disukai banyak orang, karena teksturnya yang tidak terlalu lembek.

Selain itu, pisang uli juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Meski bisa dimakan langsung, pisang Uli enak dijadikan aneka camilan seperti pisang goreng, molen, kolak, atau jongkong pisang.

5. Pisang Mas


30720 Pisang MasJenis pisang selanjutnya adalah pisang Mas yang ukurannya lebih kecil dari pada pisang pada umumnya. Untuk tekstur pisang Mas sendiri hampir sama dengan pisang ambon, yaitu manis dan lembut. Pisang yang satu ini enak dimakan langsung dan kurang cocok dijadikan pisang goreng.

Namun jika Anda ingin rasa yang berbeda dari pisang Mas, menggunakannya untuk campuran kue adalah hal terbaik. Atau Anda juga bisa mengonsumsi langsung buah yang satu ini dengan mencelupkannya ke dalam lelehan coklat.

6. Pisang Susu


30720 Pisang SusuBentuk pisang susu hampir sama dengan pisang mas yaitu relatif kecil. Bedanya adalah pada pisang susu terdapat bintik kehitaman di bagian kulitnya. Di luar itu pisang susu memiliki rasa yang manis dengan daging buah yang lembut.

Mengolah pisang susu menjadi berbagai camilan juga tidak ada salahnya. Pisang yang satu ini tepat dijadikan campuran bahan kue, isian sandwich, ataupun diolah menjadi dadar gulung pisang.

7. Pisang Raja


30720 Pisang RajaPisang raja adalah pisang berkulit kuning oranye dan memiliki rasa yang manis. selain itu, tekstur pisang yang satu ini juga legit sehingga enak meski dimakan langsung. Meski begitu pisang raja juga cocok diolah menjadi makanan lain.

Biasanya pisang raja dipakai untuk tambahan kue basah seperti nagasari atau es pisang ijo. Selain itu, pisang yang satu ini juga enak untuk isian roti pisang, carang gesing sampai barongko pisang.

Selain 7 jenis pisang di atas masih banyak lagi jenis pisang lain yang tersebar di Indonesia. Ini membuktikan bahwa Indonesia kaya akan  berbagai jenis tumbuhan  yang layak konsumsi.

BACA JUGA!

Cara Menanam Buah Delima Dari Biji dengan Langkah Termudah

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: