Jenis-Jenis Panggung Teater yang Wajib Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
panggung-proscenium
Daftar Topik

Jenis-Jenis Panggung Teater – Pada pertunjukan seni, panggung merupakan salah satu komponen yang paling penting. Dalam sejarahnya, jenis panggung teater dibagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan kegunaannya. Karenanya, seorang penata panggung harus memahami dengan baik masing-masing jenis panggung. Berikut ini ulasan singkat tentang jenis panggung teater yang berhasil dirangkum Blog elevenia.

1. Panggung Arena, Menciptakan Kedekatan dengan Penonton

panggung-arena

Panggung arena adalah salah satu bentuk panggung dimana tempat duduk penonton mengelilingi panggung utama. Karena posisi penonton yang berkeliling, dekorasi panggung ini tidak bisa dipasang secara vertikal dan tertutup. Hal ini dapat menghalangi pandangan penonton. Untuk itu, semua dekorasi harus diperhatikan dan direncanakan dengan baik-baik.

Menariknya, bentuk panggung ini sering dipilih sebagai tempat untuk pertunjukkan tradisional. Ada satu hal istimewa yang dimiliki panggung ini. Yaitu letak tempat duduk penonton yang dekat dengan pertunjukkan menimbulkan interaksi. Aspek kedekatan ini lah yang menarik bagi penonton.

Baca Juga: 8 Jenis Cerita Rakyat, Beserta Contohya

Hal ini tentunya tidak lepas dari tujuan pemilihan panggung ini. Yaitu untuk mendekatkan dan menimbulkan interaksi langsung antara pemain dan penonton. Adapun pengaturan panggung ini termasuk fleksibel dan dapat diatur menjadi beberapa bentuk. Seperi melingkar, persegi, maupun hanya menempatkan penonton di dua sisi panggung.

2. Panggung Proscenium, Untuk Kesan yang Lebih Nyata

panggung-proscenium

Panggung teater satu ini biasa dijuluki dengan panggung bingkai. Dalam panggung ini, penonton menyaksikan pertunjukan pada panggung atau lengkung proscenium (proscenium arc). Biasanya, akan dipasang gorden pada bingkai tersebut. Hal ini lah yang memisahkan pertunjukkan dan penonton. Sehingga penonton hanya dapat menyaksikan pertunjukan secara satu arah.

Walaupun sudah jarang digunakan dalam dunia teater, panggung ini memiliki keunikan tersendiri. Yakni jarak yang tercipta antara penonton dan pemain yang jauh. Siapa sangka, hal ini justru membuat pemain merasa tidak ada penonton. Sehingga apa yang ditampilkan terlihat seperti benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata.

Bentuk panggung ini ternyata sangat menguntungkan dalam segi perencanaan properti dan dekorasi. Kedalaman panggung ini dapat dimanfaatkan untuk menampilkan persfektif tertentu. Bentang jarak yang menimbulkan pantulan menciptakan pengalaman yang unik bagi penonton. Hal ini juga yang menyebabkan properti panggung tidak harus dihadirkan dengan sangat detail.

Selain itu, bentuk panggung ini ternyata juga mampu dibuat untuk menciptakan ilusi. Jarak yang besar juga dapat digunakan untuk menciptakan gambaran kreatif. Semua yang ada dipanggung dapat ditampilkan seolah-olah nyata. Selain itu, lampu teater dapat ditata secara tidak terlihat. Inilah yang menjadi kekuatan dari jenis panggung teater ini.

3. Panggung Thrust, Gabungan Panggung Arena dan Proscenium

panggung-thrust

Merupakan penggabungan antara jenis panggung arena dan proscenium. Pada panggung ini, dua pertiga bagian depannya menjorok ke arah penonton. Tempat duduk penonton juga dapat ditempatkan di sisi kanan dan kiri panggung. Sehingga tetap menciptakan kesan yang dekat antara pemain dan penonton.

Pada bagian depan panggung, tidak terdapat bangunan vertikal yang dipasang, mirip seperti panggung arena. Sedangkan pada bagian belakang digunakan untuk menampilkan kedalaman objek dan menciptakan perspektif. Bentuk panggung ini telah digunakan sejak abad pertengahan (Medieval) dalam panggung berjalan di sebuah karnaval.

Bentuk panggung ini kemudian diadopsi untuk menciptakan kesan yang lebih artifisial dari segi lakon pemain agar lebih menarik penonton. Panggung ini juga menciptakan kesan presentasional untuk pertunjukan yang dibawakan langsung pada penonton.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP