Jenis Kura-Kura yang Biasa Dijadikan Peliharaan

Kamu termasuk orang yang suka memelihara hewan? Lantas hewan apa yang kamu pelihara? Memelihara hewan seperti kucing, kelinci, ayam itu sudah biasa bukan. Coba deh kamu pelihara hewan kura-kura. Kura-kura adalah hewan yang tergolong pada jenis reptil. Hewan yang punya kaki empat ini memiliki keunikan. Bagaimana tidak? Kura-kura memiliki tubuh bersisik namun bercangkang, sungguh unik bukan? Jadi bagaimana, kamu yang suka memelihara hewan tidak tertarik kah untuk memelihara kura-kura?

Buat kamu yang merasa tertarik untuk memelihara kura-kura, kami akan membagikan jenis kura-kura yang bisa kamu jadikan untuk hewan peliharaan. Tapi sebelumnya kamu harus tahu apa sih manfaat dari memelihara hewan reptil ini? simak ulasan kami dibawah ini.

Manfaat Memelihara Kura-Kura

Ini alasan kenapa kamu harus memilih kura-kura untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah.

  • Jika kamu memelihara hewan kura-kura tidak akan menghabiskan banyak air. Karena kura-kura hanya membutuhkan air dengan jumlah yang minim.
  • Jika kamu memelihara kura-kura akan sangat mudah untuk mendapatkan makanannya. Kamu bisa memberinya sayuran, buah-buahan ataupun pellet.
  • Bentuk dan warna tubuh yang dimiliki oleh hewan kura-kura ini sangat bagus.
  • Jika kamu memelihara hewan kura-kura ini bisa dijadikan untuk investasi dalam berbisnis.
  • Dalam jangka waktu yang lama pun hewan kura- kura ini akan mampu bertahan.

Jenis Kura-Kura yang Bisa Untuk Dipelihara

Jadi dalam memelihara hewan kura-kura itu tidak dengan asal pelihara. Karena tidak semua jenis kura-kura dapat dijadikan peliharaan. Maka dari itu, jika kamu tertarik bisa memelihara jenis kura-kura yang kami rekomendasikan dibawah ini.

1. Red Eared Slider

Red ear slider adalah jenis kura kura pertama yang bisa dijadikan hewan peliharaan. Jenis Ini merupakan kura-kura dari Brazil. Karena dia memiliki tubuh yang sangat unik, warnanya pun sangat mencolok di bagian telinganya karena dipadukan antara hijau dengan merah maka sangat banyak yang memilih untuk dipelihara. Kura-kura jenis red ear slider ini adalah yang paling gampang dalam merawatnya. Jadi jika kamu memelihara hewan ini cukup dengan menyiapkan kolam ataupun akuarium yang seukuran dengan kura-kura. Dan tempertaur airnya pun hanya 20 derajat celcius. Kamu cukup menempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari atau bisa juga dengan lampu reflektor. Untuk memberi makan pun juga cukup kamu berikan makanan yang mengandung nutrisi seperti telur, daging ayam, wortel , pisang, pepaya dan juga pellet.

2. Sulcata

Selanjutnya kura-kura yang dapat kamu jadikan peliharaan adalah Sulacta yang berasal dari gurun pasir Afrika. Kura-kura ini juga memiliki tubuh yang sangat menarik. Dengan warna tubuh yang dipadukan antara kuning dan coklat akan terlihat sangat mencolok. Untuk merawat kura- kura Sulacta ini sama dengan kura-kura Brazil. Kura-kura Sulacta ini mampu hidup sampai berumur 150 tahun dan bobot yang dimiliki kura-kura ini adalah 105 kg. akan tetapi dari segi makanan, kura- kura ini tidak bisa makan makanan yang memiliki kandungan air berlebih. Jadi jika kamu merawat kura-kura jenis ini cukup diberi makan seperti kaktus centong, pepaya, kangkung, wortel dan pisang.

3. Indian Star

Kura-kura selanjutnya yang bisa kamu jadikan hewan peliharaan adalah jenis indian star. Kura-kura indian star mempunyai warna coklat kehitaman. Dan untuk makanannya itu bisa dikasih yaitu kombinasi antara buah dan sayuran. Kura-kura ini sudah mulai langkah untuk dicari. Tapi jika kamu menemukannya untuk dijadikan peliharaan harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan kura-kura indian star. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bagian hidung dari kura- kura ini harus bersih dari segala bentuk cairan.
  • Jangan sampai terjadi luka di bagian tempurung kura-kura
  • Jika ingin tahu respon dari kura-kura indian star kamu bisa menyentuh di bagian kakinya.
  • Pastikan pada bagian matanya itu tidak ada kotoran.
  • Jika kura- kura berjalan dengan tegap berarti dia sehat.

4. Leopard Tortoise

Selanjutnya kura-kura yang dapat kamu jadikan hewan peliharaan adalah kura-kura leopatrd tortoise. Kura-kura ini mempunyai warna tubuh seperti macan tutul. Kura-kura ini adalah jenis kura- kura yang sangat suka jika tubuhnya terkena sinar matahari atau berada pada suhu yang hangat daripada berada di tempat yang memiliki suhu dingin. Hal ini karena kura-kura ini jika tinggal ditempat yang lembab atau suhunya dingin akan lebih mudah terkena penyakit. Oleh karena itu dalam memelihara kura-kura jenis ini sangat dibutuhkan perawatan yang ekstra.

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami bagikan mengenai jenis kura-kura yang biasa dijadikan hewan peliharaan. Bagaimana? sangat tertarik memelihara kura-kura? Jika iya, semoga rekomendasi jenis kura-kura diatas dapat kamu jadikan pilihan. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin memelihara kura-kura.

BACA JUGA!

Beginilah Cara Merawat Kelinci yang Baru Lahir