Jenis Kijang Kapsul dan Perbedaan pada Tipenya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Kijang kapsul
Daftar Topik

Jenis kijang kapsul. Kamu tentu sangat tidak asing dengan nama mobil kijang kapsul. Jenis mobil ini memang sangat populer di pasar Indonesia sampai saat ini. Mobil kijang memang merupakan produk dari perusahaan raksasa Jepang yang sengaja diperuntukkan sebagai mobil keluarga. Kijang juga sampai disebut-sebut sebagai ikon mobil keluarga di Indonesia berkat konsistensinya memproduksi berbagai jenis dengan ukuran mobil keluarga. Dan salah satu produk kijang yang paling terkenal dan laris manis di pasaran ialah Kijang Kapsul.

Kendaraan roda empat yang diproduksi Toyota pada tahun 1996 hingga 2004 ini, mempunyai banyak sekali tipe, serta menggunakan mesin yang berbahan bakar bensin dan diesel. Saat ini sudah diteruskan kembali dengan model terbaru, yaitu Kijang Innova. Sedangkan untuk kamu yang mencari mobil baru di kelas MVP, kamu saat ini bisa memilih beberapa produk baru Toyota seperti Toyota Sienta atau Toyota Avanza. 

jenis Kijang kapsul diesel

 

Perjalanan Kijang Kapsul dari Dulu hingga Sekarang 

Kijang kapsul adalah penerus dan penyempurna dari kijang ekstra, yang memiliki desain bulat dan dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1800cc hingga 2400cc. Pada mobil kijang kapsul, terdapat empat jenis atau tipe mesin, diantara lain yaitu mesin bensin 1800 cc dengan sistem karbrator dan juga sistem injeksi EFI dan mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar full injection, serta aja juga yang menggunakan mesin diesel 2400 cc. Mobil yang mampu menampung 8 hingga 9 penumpang ini memiliki sekitar 7 tipe. Ketujuh tipe kijang kapsul tersebut adalah SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX, dan kijang kapsul Krista. 

Tipe-tipe di atas juga dibagi beberapa tipe, yang pertama adalah tipe standart yaitu pada versi SX dan LX. Yang kedua adalah tipe deluxe yaitu SSX dan LSX, serta tipe grand yang meliputi SGX dan LGX, dan diakhir ada tipe kijang tertinggi yaitu Kijang Krista. 

Kijang sendiri memiliki dua versi yaitu versi pendek dan panjang. Hal tersebut bisa dilihat dari huruf pertama pada tipenya. Huruf S unutk short dan huruf L untuk kijang yang long. Dimanakah letak perbedaannya? Perbedaannya adalah, untuk tipe S, kursi bagian belakang menghadap ke samping dan sedangkan pada tipe L, kursi pada baris belakang menghadap ke depan. Selain itu, untuk membedakan interior dan aksesoris dari mobil kijang, bisa ditandai dengan huruf belakangnya.

 

Kijang kapsul

Jenis-jenis Kijang Kapsul

Selain tipe diatas, yang membedakan masing-masing kijang kapsul adalah pada interior dan aksesorisnya, yang ditandai dengan huruf dibelakangnya. Ada apa saja jenis kijang kapsul, berikut ini penjelasannya

1. SX dan LX

Tipe ini merupakan tipe standard dan minimalis. Tipe ini belum dilengkapi dengan AC, power steering, power window, dan aksesoris lainnya. 

2. SSX dan LSX

Pada tipe ini merupakan tipe medium. Tipe ini memiliki interior yang lebih bagus dari tipe sebelumnya, dan sudah dilengkapi dengan AC, serta memiliki sistem audio yang cukup.

3. SGX dan LGX

Tipe ini merupakan tipe lengkap. Tipe ini sudah dilengkapi dengan AC double blower, power steering, power window, audio, wiper depan dan belakang, lampu kabut, spoiler, dan juga bumper depan.

4. Krista

Tipe yang satu ini merupakan tipe paling atas dan lengkap. Krista memiliki eksterior lebih sporty dengan two tone color

Selain itu, dalam perkembangannya, kijang kapsul telah mengalami perubahan pada tiga periode, yaitu:

  • Edisi pertama, yakni di tahun 1997 sampai awal 2000. Pada kijang kapsul first edition body mobil terasa tebal, apalagi jika dibandingkan dengan second edition. Tipe ini dilengkapi dengan mesin 2000 cc dan berbahan bakar bensin. 
  • Edisi kedua, yakni di tahun 2000 sampai tahun 2003. Pada kijang kapsul edisi kedua memiliki body-steel yang lebih tipis dari generasi pendahulunya. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi harga jual. Edisi ini menggunakan mesin dengan 2000cc dan berbahan bakar bensin. Selain itu ada juga yang 2400 cc dengan diesel engine, serta 1800 cc dengan teknologi EFI. 
  • Edisi ketiga, yakni pada tahun 2003 hingga tahun 2005. Pada edisi ini, LSX, LGX series, dan SGX, telah mengalami sedikit perubahan dari edisi-edisi sebelumnya, seperti pada bagian door trim dan interior. Pada edisi ketiga ini, mesin mobil masih sama dengan edisi kijang kapsul kedua. 

Kijang Kapsul muat 8 penumpang

Kelemahan dan Kelebihan

Mobil Kijang Kapsul yang diproduksi perusahaan asal Jepang, Toyota, ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu:

  • Bahan bakar cukup boros
  • Suspensi sering mengalami masalah, terutama pada medan yang cukup berat
  • Karet pada body mobil sering retak
  • Untuk mesin bensin kode 7K, pada bagian piston sering mengalami bocor, sehingga oli sering masuk ke ruang bakar
  • Untuk mesin diesel dengan kode 2L, terdapat masalah pada saluran injector, yaitu pada kepala sinlindernya yang retak.

Namun bukan hanya memiliki kelemahan, kijang kapsul juga memiliki beberapa kelebihan, diantara lain:

  • Mesin diesel terbilang hemat
  • Memiliki suku cadang yang mudah didapat dan terbilang murah
  • Perawatan mobil sangat mudah
  • Memiliki visibilitas yang sangat baik
  • Kabin dalam mobil cukup lapang
  • Kaki dan mesin sangat tangguh
  • Harga terjangkau hingga sekarang

Itu dia penjelasan mengenai kijang kapsul beserta dengan tipe dan jenisnya. Kamu yang tertarik untuk memiliki kendaraan roda empat ini wajib mengetahuinya. Semoga tulisan ini bermanfaat yaaaa

Baca juga:

Daftar Harga Ban Motor Zeneos Terbaru

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP