Mengenal Manfaat dan Jenis-Jenis Kelapa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8. kelapa genjah
Daftar Topik

Jenis kelapa. Cocos Nucifera merupakan bahasa latin dari buah yang sangat kita kenal yaitu Kelapa. Tanaman kelapa sendiri banyak ditemukan di Asia Tenggara, pulau-pulau di Asia Pasifik, dan umumnya Negara pesisir yang dilalui garis khatulistiwa termasuk Negara Indonesia. Hal ini dikarenakan, negara kita memiliki kondisi iklim yang panas dan lembab sehingga membuat tanaman kelapa dapat tumbuh subur dengan baik. Hampir semua bagian dari tanaman kelapa dapat digunakan untuk obat, bahan makanan, bahan kerajinan, bahkan bahan struktur bangunan. Oleh sebab itu, tanaman kelapa mempunyai manfaat dan nilai ekonomis yang cukup tinggi dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat Indonesia. 

Manfaat Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Buah kelapa merupakan salah satu bagian dari tanaman kelapa yang disukai oleh hampir semua orang dan juga mempunyai banyak kegunaan khususnya untuk kesehatan tubuh. Karena dapat memberikan sejuta kegunaan untuk kesehatan tubuh, buah kelapa sering disebut dengan “super food”. Bagian buah kelapa yang biasa dimanfaatkan yaitu daging buah kelapa dan air kelapa. Daging yang lembut, air yang segar, serta terdapat beberapa nutrisi penting membuat buah ini dapat dikonsumsi setiap hari. Apa saja sih manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh? Yuk kita langsung bahas saja.

kelapa

  • Memperbaiki Sistem Imunitas

Air kelapa mempunyai kemampuan untuk memberi perlawanan terhadap beberapa virus penyebab infeksi, demam, dan tifus. Sedangkan, daging buah kelapa mengandung senyawa MCT (medium-chain trigylceride) yang berguna sebagai antivirus, antijamur, dan penghalang timbulnya tumor. Sehingga dapat dikatakan, manfaat dari buah kelapa dapat memperbaiki sistem imun dan menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

  • Menetralisir Racun

Air kelapa juga mengandung elektrolit, mineral, dan zat oksidan yang dapat menetralisir kelebihan urea dan garam di dalam tubuh. Urea dan garam yang berlebih memang perlu dikeluarkan melalui sistem ekskresi, sehingga tubuh tidak akan mengalami keracunan dengan gejala seperti demam, pusing, dan sebagainya.

  • Menurunkan Resiko Hipertensi

Buah kelapa mempunyai kandungan rendah gula, rendah kolestrol, rendah natrium, dan tinggi kalium sehingga akan menurunkan resiko terkena penyakit hipertensi (darah tinggi).  Selain itu, buah kelapa juga aman dikonsumsi sehari-hari asalkan harus diimbangi dengan pola hidup sehat.

  • Memperbaiki Sistem Pencernaan

Kandungan kalium yang tinggi pada buah kelapa dapat memperlancar gerak peristaltik usus halus dan besar sehingga dapat memperlancar pencernaan. Selain itu, kandungan lemak pada daging buah kelapa turut membantu menjaga kesehatan usus dengan cara membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K serta mencegah pertumbuhan jamur di pencernaan.

  • Mencegah Batu Ginjal

Buah kelapa memiliki kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang lebih rendah, sehingga dapat menyeimbangkan kelebihan natrium yang ada di dalam darah. Keseimbangan natrium dan kalium di dalam aliran darah dapat mencegah terbentuknya endapan garam pada ginjal yang bisa menimbulkan penyakit batu ginjal.

  • Menghilangkan Dehidrasi

Selain air putih, air kelapa dapat menghilangkan dehidrasi seketika. Hal ini dikarenakan, air kelapa mengandung sejumlah elektrolit penting seperti natrium dan kalium, yang membuat tubuh tetap terhidrasi, serta menjaga saraf dan otot berfungsi secara optimal.

  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ketidaknyamanan selama periode kehamilan dapat dihindari dengan mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa sangat aman dikonsumsi bagi ibu hamil dan juga sangat bermanfaat untuk bumil untuk menjaga daya tahan tubuh bumil, membersihkan saluran kemih, mencegah morning sicks, memperbaiki mood, dan mencegah dehidrasi.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain memiliki kandungan rendah lemak dan rendah kolesterol, buah kelapa juga mempunyai kandungan senyawa MCT dan serat yang akan membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga buah kelapa sangat bermanfaat untuk orang yang sedang menjalani program diet atau yang orang yang sedang menjaga kestabilan berat badan.

Jenis-jenis Kelapa

Ternyata tidak hanya satu atau dua jenis saja, jenis-jenis kelapa sangat lah beragam. Berikut jenis-jenis kelapa yang perlu kamu ketahui:

  • Kelapa Pandan Wangi

1. kelapa pandan wangi

Sesuai dengan namanya, jenis kelapa satu ini memiliki air dengan rasa manis yang menyegarkan dan terdapat aroma daun pandan yang khas sehingga diberi nama Pandan Wangi. Tidak hanya air kelapanya yang manis dan menyegarkan, daging buahnya juga memiliki tekstur yang renyah dan lembut ketika dimakan. Jenis kelapa ini berbatang pendek dengan tinggi maksimal hanya 3 meter. Kelapa pandan wangi berasal dari Thailand, namun sudah dibudidayakan dalam skala industri Indonesia. Harga 1 butir jenis kelapa ini bisa 10x lipat dibandingkan dengan harga kelapa pada umumnya. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan, namun persediaan kelapa ini masih sangat sedikit.

  • Kelapa Kuning

2. kelapa kuning

Kelapa kuning termasuk jenis kelapa yang banyak ditemui di pasaran. Jenis kelapa ini mempunyai daging buah yang tebal dan kandungan lemak yang berlimpah. Air kelapanya berguna untuk membuat wajah tampak awet muda. Selain buahnya yang bermanfaat, batang kelapanya dapat dijadikan glugu(alternatif bahan bahan bangunan), kerajinan ataupun hiasan dengan omset tinggi. Kelapa kuning juga termasuk jenis kelapa berbatang pendek dan dapat dipanen ketika usia pohonnya sudah 3 tahun dari masa tanam.

  • Kelapa Kopyor

3. kelapa kopyor

Jenis kelapa satu ini merupakan kelapa dengan pertumbuhan yang gagal dikarenakan terjadi kelainan genetika. Hal ini menyebabkan air dan daging buahnya menyatu dan membuat daging kelapa terlalu lunak, air buah kelapa susut serta aroma yang timbul beda dengan kelapa biasanya. Namun, karena hal ini kelapa kopyor disukai banyak orang dan bahkan dijadikan sajian di berbagai makanan dan minuman. Tidak hanya mempunyai rasa yang enak, kelapa ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya yaitu dapat membantu mengembalikan stamina tubuh.

  • Kelapa Hijau

4. kelapa hijau

Selain kelapa kuning, kelapa hijau juga sangat banyak ditemui di pasaran. Sedangkan, dijalanan biasanya dikenal dengan sebutan kelapa muda. Dan memang, kelapa saat masih muda(kandungan daging sedikit) menjadi favorit hampir semua orang.  Air kelapa hijau dapat bermanfaat untuk mensterilkan racun di dalam tubuh. Selain itu, air kelapa dan daging buahnya juga dapat digunakan untuk santan, kelapa parut, dan sebagainya. Kelapa hijau merupakan kelapa asli Indonesia dan termasuk jenis kelapa dengan batang tinggi.

  • Kelapa Sawit

5. kelapa sawit

Kelapa sawit mempunyai manfaat sebagai bahan baku penghasil minyak masak, minyak industri(farmasi, kosmetik, dll), ataupun bahan bakar(biodiesel). Jenis kelapa ini termasuk kelapa dengan batang tinggi dan dapat tumbuh di daratan dengan ketinggian 0 sampai 500 meter di atas permukaan laut. Bentukan dari tanaman kelapa sawit hampir menyerupai tanaman salak, namun durinya tidak terlalu tajam dan keras. Bunga dan buah kelapa sawit bercabang banyak. Apabila sudah masak, buahnya berwarna merah kehitaman dan kecil. Daging buah kelapa sawit juga kaya akan minyak. Batang tanaman kelapa sawit diselimuti bekas pelepah sampai umur 12 tahun. Setelah 12 tahun, pelepah yang mengering akan terlepas sehingga penampilannya menjadi mirip dengan kelapa.

  • Kelapa Raja

6. kelapa raja

Jenis kelapa satu ini berasal dari Sri Langka, dan baru masuk ke perkebunan kelapa nasional pada tahun 2006 di desa Tobelo, Halmahera, Maluku. Nama lain kelapa ini yaitu kelapa kuning madu, namun lebih dikenal dan sering disebut dengan “King Coconut”. Umumnya, Kelapa Raja hanya diambil air kelapanya saja karena air kelapa jenis ini mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan dibandingkan jenis kelapa yang lain. Kelapa raja termasuk jenis kelapa dengan ukuran yang kecil yaitu maksimal tinggi hanya 10 meter saja.

  • Kelapa Wulung

7. kelapa wulung

Kata wulung berasal dari bahasa sunda yang berarti kelapa merah. Sesuai dengan artinya, jenis kelapa ini mempunyai sabut berwarna merah muda keungu-unguan saat kulitnya dikupas. Walaupun sabutnya yang berwarna merah, kulit luarnya tetap berwana hijau, coklat, atau orange. Rasa dari air kelapa wulung agak sedikit pahit, namun kandunngan nutrisinya jauh lebih banyak dibandingkan jenis kelapa lainnya. Sehingga, manfaat kelapa wulung untuk kesehtan tubuh juga jauh lebih banyak dibandingkan jenis kelapa lainnya terutama untuk ibu hamil. Bagi ibu hamil manfaat dari kelapa ini yaitu menjadi penyedia enegi tubuh yang alami.

  • Kelapa Genjah

8. kelapa genjah

Jenis kelapa terakhir yaitu Kelapa Genjah. Menurut KBBI genjah mempunyai arti lekas berbuah. Benar saja, kelapa ini merupakan jenis kelapa yang sangat produktif. Hanya dalam waktu 4-5 tahun saja, kelapa genjah sudah dapat menghasilkan banyak buah. Daging buah kelapa genjah berukuran lebih besar dibandingkan jenis kelapa lain dan berdaging tebal. Buah kelapa jenis ini memiliki warna hijau dan uning gading. Kelapa Genjah mempunyai batang berukuran pendek dengan tinggi hanya sekitar 3 – 4 meter saja. Bahkan, pada akhir produktifnya, tinggi kelapa genjah tidak lebih dari 10 meter.

Nah, demikian pembahasan tentang manfaat dan jenis-jenis kelapa. Bagaimana? Apakah kamu sudah mengenal dan memahami dengan baik manfaat dan jenis-jenis dari kelapa? Semoga informasi ini dapat memberi manfaat.

Baca juga:

Jenis Jenis Baterai yang Harus Diketahui

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP