Jenis-Jenis Pondasi Bangunan yang Perlu Dipahami

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
24420-pondasi tiang pancang
Daftar Topik

Dalam membangun rumah modern ataupun rumah tradisional, tentunya anda harus membuat pondasi rumah terlebih dahulu agar rumah anda nantinya kuat dan tidak roboh.  Kualitas pondasi rumah baik atau tidaknya itu sangat berpengaruh pada daya tahan serta kekuatan bangunan rumah. Maka dari itu, sebelum membangun rumah, anda harus mengetahui jenis-jenis pondasi banguna itu apa saja.

Untuk anda yang belum mengetahui apa saja jenis–jenis dari pondasi banguna n, Berikut akan kami bagikan jenis–jenis pondasi bangunan rumah yang harus anda ketahui sebelum membangun rumah.

Inilah Daftar Jenis-Jenis Pondasi Bangunan yang Sangat Penting  untuk Anda Pahami

Ada 2 jenis pondasi bangunan yaitu pondasi jenis dangkal dan juga pondasi jenis dalam. Untuk yang pertama, berikut akan kami bagikan mengenai pondasi yang jenis dangkal.

1. Jenis pondasi bangunan rumah tipe dangkal

Pada pondasi tipe dangkal ini dibuat yang kedalamannya itu sangat rendah. Yaitu 1/3 dari panjang pondasi yang mempunyai kedalaman maksimal adalah  3 meter. Terdapat 6 jenis pondasi bangunan tipe dangkal ini yaitu

  • Jenis pondasi Tapak

Pondasi tapak adalah pondasi yang digunakan sebagai dukungan titik beban yang tunggal dalam sebuah bangunan. Bentuk pondasi tapak ini adalah bulat serta juga ada yang bentuk kotak atau persegi. Jenis pondasi bangunan rumah yang satu ini ternyata dapat dibangun secara tingkatan-tingkatan.Untuk membangun pondasi ini struktur yang digunakan yaitu lapisan beton yang bertulang yang mempunyai tingkat ketebalan yang sama.

  • Jenis pondasi bangunan rumah Jalur

Jenis pondasi bangunan jalur ini biasanya lebih dikenal dengan pondasi yang bentuknya panjang. Pondasi jenis jalur ini digunakan dalam membangun bangunan yang bebannya memanjang. Pada jenis pondasi jalur ini dibuat dengan berbagai macam campuran seperti batu kali dan pecahan beton serta cor beton.

  • Jenis pondasi rakit

Pondasi bangunan rumah jenis rakit ini biasanya lebih digunakan sebagai penampung beban yang areanya luas dengan tujuan supaya dapat lebih menyebar. Penyusunan pondasi jenis rakit ini yaitu disusun oleh plat beton yang besar yang diikuti berbagai jalur dengan kolom garis yang disesuaikan dengan permukaan tanah.

Pada pondasi jenis rakit ini, biasanya didirikan dari pelat beton yang tidak bertulang dan dipakai di tanah yang lemah dan daya tahan yanhg dimiliki rendah.

  • Jenis pondasi sumuran

Jenis pondasi ini merupakan pondasi yang memiliki bentuk bulat dan beton yang digunakan lebarnya mulai dari 60 hingga 80 cm dan kedalamannya mencapai 1 hingga 2 meter dari dalam tanah. Pondasi jenis sumuran ini biasanya diisi dengan coran beton yang akan dicampur dengan menggunakan batu kali yang ditambahkan di atasnya dengan elemen kebesian.

  • Jenis pondasi umpak

Pada jenis pondasi umpak ini biasanya ditaruh diatas permukaan tanah dimana tanah tersebut sudah dipadatkan dengan menggunakan batu kali beserta sloof yang digunakan sebagai pengikatnya

  • Jenis pondasi plat beton lajur

Untuk jenis pondasi keenam ini yaitu pondasi yang dipakai untuk sebagai dukungan sederet kolom yang ada dibangunan. Pondasi jenis plat beton lajur ini adalah jenis pondasi yang sangat kuat karena terbuat dari beton yang tak bertulang serta teksturnya sangat padat. Harga jenis pondasi jenis plat beton lajur ini bisa dikatakan lebih murah jika dibandingkan dengan pondasi batu kali.

2. Jenis pondasi bangunan rumah dalam

Pada jenis pondasi dalam ini, merupakan jenis pondasi yang  kedalamannya mencapai 3 meter dan pondasi ini yang selalu dipakai di permukaan tanah. Jenis pondasi dalam ini, merupakan jenis pondasi yang digunakan ukuran pada bangunannya cukup lebar. Jarak antar bangunan mencapai 6 meter. Jenis pondasi bangunan ini terdapat 3 jenisnya yaitu

  • Jenis pondasi tiang pancang

Merupakan jenis pondasi yang pembuatannya dengan beton maka bisa langsung ditanam didalam tanah. Pondasi jenis ini biasanya lebih dipakai dalam tanah yang teksturnya begitu lembek, tanahnya berawa serta tanah yang kandungan airnya tinggi.

  • Jenis pondasi piers

Jenis pondasi piers ini adalah pondasi yang dibuat untuk memasang struktur pondasi kedalam tanah. Biaya yang dikeluarkan yaitu relatif murah. Jenis pondasi ini dibentuk persegi panjang yang pembuatannya menggunakan beton precast.

  • Jenis pondasi bangunan Caissons

Pengeboran tanah pada permukaan tanah sangat dibutuhkan pada jenis pondasi bangunan ini . Setelah itu, pondasi beton di cor pada lubang yang telah dibor.

Nah, itulah sedikit penjelasan singkat mengenai jenis- jenis pondasi bangunan yang perlu dipahami yang bisa kami bagikan.  Bagaimana caranya sangat mudah bukan untuk diterapkan?  Semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu dan bisa dijadikan sebagai pedoman untuk anda yang akan mulai membangun rumah baru.

BACA JUGA!

Ingin Membuat Desain Rumah Gratis? Aplikasi ini Bisa Kamu Coba!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP