Inilah Jenis Jenis Lensa Kamera bagi Pemula

0
9920 Lensa Doss
Source: Doss

Kamera merupakan alat penting bagi Anda pecinta fotografi, selain itu juga berguna untuk mengabadikan berbagai momen penting. Tetapi, mungkin bagi pemula akan bingung dengan tombol serta lensa yang ada pada kamera. Mengingat lensa merupakan komponen penting pada kamera, jadi harus memilih yang paling tepat. Jadi, Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai jenis-jenis lensa kamera.

Macam Lensa Kamera Wajib Diketahui Pemula

1. Lensa Kit


9920 Lensa Kit Dictio
Source: Dicito

Lensa kit mungkin menjadi yang paling familiar untuk Anda, karena memang lensa ini biasanya dijadikan bawaan kamera. Bisa dibilang, lensa kit adalah lensa awal yang berada satu paket dalam pembelian kamera. Walau hanya bawaan, kualitas gambar yang dihasilkan juga berkualitas dan biasanya ukuran lensanya 18 mm hingga 55 mm. Lensa jenis ini memang mudah sekali ditemukan di pasaran dan harganya juga termasuk terjangkau.

Kelebihan yang dimiliki lensa kit adalah lebih fleksibel, dimana jarak fokus bisa diatur. Sehingga, Anda tidak perlu mengganti lensa ketika ingin memperoleh jarak fokus tertentu. Kekurangan lensa kit adalah pada aperture atau bukaan lensa yang tidak bisa maksimal. Apabila panjang fokal 55 mm maka menghasilkan bukaan f5.6 sedangkan 18 mm menghasilkan f3.5.

2. Lensa Fixed atau Prime


9920 Lensa Fixed Atau Prime Plaza Kamera
Source: Plaza Kamera

Lensa fixed atau lensa prime merupakan lensa yang tidak memiliki pengubahan atau elemen bergerak. Maksudnya adalah focal length dan aperture yang tidak bisa diubah. Kelebihan lensa jenis ini adalah hasil gambarnya yang lebih tajam dan bentuk lensa yang ringkas. Karena bukaan aperture nya juga luas, membuat pemotretan di cahaya minim juga lebih baik dan meminimalisasi penggunaan ISO yang tinggi.

Karena lensa ini tidak memiliki elemen bergerak, membuatnya tidak bisa digunakan untuk zoom. Sehingga ketika penentuan sudut gambar juga lebih sulit, karena pengguna harus menyesuaikan sendiri dengan jaraknya. Ketajaman foto juga terfokus pada bagian tengah saja, sehingga Anda perlu menggunakan aperture terkecil supaya hasilnya maksimal.

3. Lensa Sudut Lebar atau Wide Angle Lens


9920 Wide Angle Lens All Things Photography
Source: All Things Photography

Seperti namanya, jenis lensa kamera ini memiliki angle atau sudut pandang yang lebar. Sehingga membuat cakupan area yang masuk ke dalam gambar menjadi lebih luas dan lega. Apabila Anda ingin mengambil gambar secara landscape, maka menggunakan lensa ini adalah pilihan yang tepat. Ukuran lensanya sendiri, secara umum adalah antara 17 mm hingga 40 mm.

Jika dipahami lagi, fungsi lensa ini memang untuk mengambil gambar dengan angle yang luas namun jarak dekat maupun ruang kecil. Karena lensanya wide angle membuat objek foto menjadi lebih kecil, sehingga bisa juga untuk memotret orang lebih banyak. Jika ingin sudut pandangnya semakin lebar, maka bisa menggunakan jarak fokus yang lebih pendek.

4. Lensa Standar


9920 Lensa Standar Foto Co Id
Source: Foto Blog

Apa itu lensa standar? Ini adalah lensa yang memiliki focal length antara 40 mm hingga 60mm. Tangkapan gambar lensa ini juga mirip dengan sudut pandang manusia, dan cocok untuk Anda yang ingin mengambil gambar yang lebih rinci. Selain itu, lensa standar juga sangat bagus jika digunakan untuk mengambil gambar landscape.

Meskipun baik untuk landscape, lensa jenis ini ukuran 50 mm dan f/1.8 juga sangat baik untuk mengambil gambar jenis lain. Yang pasti, Anda bisa menyesuaikan komposisi gambar dengan menggunakan zoom supaya hasil gambar lebih optimal.

5. Lensa Tele


9920 Lensa Tele Semua Tentang Nikon
Source: Semua Tentang Nikon

Lensa jenis ini biasanya memiliki ukuran sekitar 70 mm atau lebih, distorsi yang dihasilkan juga paling kecil sehingga cocok untuk foto portrait. Akan sangat cocok jika Anda menggunakan lensa tele untuk memotret foto dengan objek yang jauh. Misalnya Anda ingin memotret hewan di alam liar atau kegiatan olahraga, maka lensa yang tepat adalah tele.

Semakin besar aperture lensa, maka bodinya juga semakin besar dan berat. Makanya lensa tele ini berat dan agak susah untuk dibawa, ukurannya juga kurang praktis. Karena merupakan lensa jarak jauh, membuat tele menjadi sulit dipakai untuk mengambil gambar pada objek dekat.

6. Lensa Makro


9920 Lensa Makro InfoFotografi
Source: Info Fotografi

Lensa makro ini seperti kebalikan dari lensa tele, dimana tele untuk mengambil gambar jarak jauh dan makro untuk gambar super dekat atau close up. Objek yang banyak dipotret menggunakan lensa ini adalah seperti bunga, serangga, dan benda kecil lainnya. Skala foto yang dihasilkan juga bisa lebih besar dari ukuran yang sebenarnya. Dengan menggunakan lensa ini, Anda bisa memperoleh gambar yang tajam dengan objek dekat.

Karena merupakan lensa close up dan objeknya dekat, sehingga ketika memotretnya juga harus stabil. Jadi Anda bisa menggunakan tripod ketika memotret supaya hasil gambarnya jelas dan tajam.

Jika ingin mengenal dunia fotografi, maka perlu tahu tentang kamera terlebih dahulu. Begitupun dengan jenis lensa kamera, karena fungsinya penting jadi Anda wajib tahu. Apalagi jenisnya ada banyak dan beragam, tentu dengan cara kerja dan fungsi yang berbeda.

BACA JUGA!

Pengertian dan Cara Kerja Kamera Mirrorless

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: