Jenis Jenis Baterai yang Harus Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
jenis baterai
Daftar Topik

Jenis jenis baterai. Dewasa ini, tentunya kita akan kesulitan ya tanpa alat elektronik untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Alat elektronik sudah sanagt melekat dengan kita dan sangat membantu untuk kehidupan kita. Tentunya alat elektronik yang tidak langsung terhubung dengan listrik, akan membutuhkan baterai sebagai penyedia daya-nya. Nah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai baterai dan bahkan rekomendasi merek baterai yang bisa digunakan untuk keperluan alat elektronik kamu.

Terdapat beberapa jenis jenis baterai alat elektronik yang beredar di pasaran saat ini, yang memberikan daya ke alat pribadi kamu. Terlepas dari ukurannya, terkadang kamu juga mempertimbangkan jenis baterai yang digunakan. Hal ini karena kamu menyadari bahwa baterai adalah salah satu komponen terpenting yang ada di gawai pribadi kamu.

Kebanyakan dari alat elektronik yang ada sekarang ini, tertanam baterai yang rechargeable. Meskipun demikian, terdapat minoritas alat elektronik yang masih menggunakan baterai sekali pakai. Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai baterai non-rechargable terlebih dahulu dilanjutkan dengan jenis baterai ponsel.

Baterai Primer/ Baterai sekali pakai

jenis baterai

Pada artikel kali ini saya akan membahas jenis jenis baterai primer berdasarkan ukurannya. Ternyata baterai-baterai ini memiliki kode universalnya loh. Simak ulasan berikut ini:

1. Baterai AAA

A3

Baterai ini memiliki ukuran terkecil dari jenis yang lainnya. Baterai ini biasanya digunakan untuk remote TV maupun AC. 

2. Baterai AA

Baterai ABC Dry Cell

Baterai selanjutnya sedikit lebih besar bila dibandingkan dengan baterai A3. Baterai ini adalah yang paling banyak digunakan untuk alat elektronik. Baterai jenis ini umum digunakan untuk jam dinding, mainan anak-anak, hingga senter.

3. Baterai C

Baterai ini memiliki ukuran yang lebih besar dari dua baterai sebelumnya yang umumnya digunakan untuk senter.

4. Baterai D
jenis jenis baterai

Baterai ini memiliki ukuran yang lebih besar dari yang sebelumnya dan biasanya digunakan untuk radio portable.

5. Baterai 9V

batere-9-volt-IMG_0018

Baterai ini adalah baterai yang bisa digunakan untuk perangkat elektronik yang ada di gitar misalnya, dan beberapa alat elektronik lainnya.

Jenis Baterai Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Baterai-Primer

Berdasarkan bahan pembuatnya, baterai memiliki beberapa kategori, diantaranya:

1. Baterai Alkaline

Jenis baterai yang pertama berdasarkan zat pembentuknya adalah baterai alkaline. Baterai ini tersusun atas zat alkali yang berperan sebagai zat elektrolitnya. Jika berbicara mengenai ketahanan, baterai ini bisa dibilang cukup unggul dibanding baterai zinc-carbon.

2. Baterai Zinc-Carbon

Pada baterai ini, sesuai dengan namanya, kamu akan menemukan komponen Zinc yang berperan sebagai kutub negative, dan batang carbon yang berperan sebagai kutub positif. Baterai ini termasuk yang paling umum digunakan di kehidupan sehari-hari sehingga banyak dijual di warung.

3.Baterai Lithium

Baterai ini bentuknya pipih, berbeda dari dua yang lainnya yang disebutkan di atas. Baterai ini biasanya digunakan di jam tangan kamu.

Rekomendasi Merek Baterai Non-Rechargable Terbaik

1. Baterai ABC Dry Cell
Baterai ABC Dry Cell

Merek baterai ini biasanya dikemas dengan warna biru bercampur dengan garis putih. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa ukuran baterai yang bisa kamu temui di baterai ini.

2. Baterai ABC Super Power

Baterai ABC Super Power

Baterai yang selanjutnya adalah ABC super power yang dikemasi dengan warna hitam. Baterai ini juga memiliki banyak varian seperti baterai ABC dry cell.

3. Baterai ABC alkaline

Baterai Alkaline

Baterai selanjutnya adalah baterai alkaline dari ABC.  Baterai ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding dua varian ABC sebelumnya yang hanya 2000-an saja. Baterai ini dibanderol 4000 rupiah. 

4. Baterai Enelong
Baterai Enelong

Merek selanjutnya ini bisa dibilang terbilang mahal relative terhadap yang sebelumnya, yaitu 20000. Keunggulannya adalah lebih tahan lama dan rechargeable.

Itulah dia jenis jenis baterai dan merek baterai yang sering digunakan pada alat elektronik kamu sehari-hari. Beberapa diantaranya memang sudah lewat masa keemasannya. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Kumpulan Kode Remot TV Universal untuk Semua Merk

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP