Jenis-Jenis Awan dan Gambarnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Apakah kamu pernah melihat awan diatas langit hanya untuk sekedar menikmati segala keindahan ciptaan tuhan?  Pastinya pernah dong. Pada saat kamu melihat awan di atas langit pasti akan mendapatkan jenis awan yang berbeda-beda terkadang ada yang berwarna putih dengan bentuk mirip dengan gumpalan kapas ada juga yang berjejer seperti pasir di pantai. Bahkan ada pula yang memiliki warna hitam dan itu akan sangat menakutkan.

Ternyata, tuhan menciptakan awan ini dengan  berbagai jenis. Terdapat banyak sekali jenis- jenis awan  dan gambarnya yang  bisa menyebabkan turunnya hujan bahkan yang bisa membahayakan penerbangan. Agar kamu lebih mengerti apa itu awan berikut akan kami berikan pengertian serta jenis-jenis awan dan gambarnya.

Pengertian Awan

Awan merupakan sebuah gumpalan yang berasal dari uap air dan terbentuk karena terdapat siklus daur air yang terjadi secara terus- menerus.  Dan siklus ini disebut dengan siklus hidrologi. Air mengalami pemuaian yang mengakibatkan uap dari air tersebut tergabung di tingkat ketinggian di atas langit menjadi satu dan menyebabkan terbentuknya awan.  Hingga di tahun 1894 telah disepakati oleh komisi cuaca dan langit internasional untuk membagi jenis dari awan tersebut. yaitu ada awan tinggi, awan rendah,awan sedang serta awan perkembangan vertikal.

Jenis-jenis Awan

1. Awan Berdasarkan Bentuknya

Awan Cumulus


Awan cumulus adalah jenis awan yang pertama dan sering kamu lihat pada saat langit sedang cerah. Awan cumulus memiliki bentuk mirip dengan gumpalan kapas dan terbentang dengan arah horizontal dan akan terlihat mirip permen kapas. Dimana awan ini tampak sangat indah jika dipandang.

Awan Stratus


Awan stratus adalah awan yang memiliki bentuk mirip dengan karet karena membentang ke segala arah. Dan bentuk awan ini sama antara satu dengan lainnya.  Awan yang ada di atas langit ini menyebabkan cuaca akan terasa lebih sejuk. Mengapa begitu? Karena awan ini menutup sinar matahari secara langsung hingga ke permukaan bumi.

Awan Sirrus


Merupakan awan yang memiliki bentuk seperti bulu ayam atau pasir pantai. Awan sirus ini adalah jenis awan yang tenang, dan diam. Akan tetapi antara bagian awan satu dengan yang lainnya terdapat serta. Awan ini tidak akan berpotensi untuk menyebabkan hujan karena memiliki volume yang lebih sedikit meskipun massa yang dimilikinya banyak.

2. Berdasarkan Ketinggian Awan

Awan Tinggi ( 6 – 18 Dm Dpl)


Awan Cirromulus

A. Awan Cirrus

Awan cirrus adalah awan tertinggi yang mempunyai bentuk mirip dengan serta filament halus.  Didalam awan cirrus terdiri gumpalan uap air yang mengalami perubahan menjadi Kristal air dimana hal ini karena suhu dan iklim  yang sangat dingin hingga terbentuklah awan ini. awan cirrus berbentuk melingkar dan horizontal. Jika kamu ingin melihat awan jenis ini bisa dilihat pada saat suasana langit sangat biru cerah dan biasanya akan terlihat lebih jelas lagi jika terkena pancaran sinar matahari.

B. Awan Cirromulus

Awan  cirromulus ini adalh jenis awan  yang memiliki ketinggian hampir sama dengan awan sirus. Awan ini mempunyai bentuk yang putus-putus dan akan lebih terlihat seperti hamparan pasir pantai atau gerombolan domba yang menjadi satu. Awan cirrimulus ini  juga terdiri dari kumpulan kristal air yang telah membeku dan akan berubah menjadi kristal es.

C. Awan Cirrostratus

Awan yang ketiga ini mempunyai bentuk yang sama dengan awan tinggi lainnya. Akan tetapi warna dari awan ini agak kelabu dan bentuknya pun serabut serta jalur-jalur tipis dan menyebar ke segala arah langit.  Awan ini mempunyai tekstur yang halus dan tipis hingga menyebabkan awan ini lebih cerah serta bersinar terang pada saat siang hari.  Dan ternyata yang menyebabkan adanya fenomena cincin matahari. Iya hal ini terjadi karena awan ini bertemu dengan panasnya terik matahari. Hingga menyebabkan efek tersebut.

Awan Sedang ( 2 – 8 Km Dpl)


Awan Altocumulus

A. Awan Altocumulus

Merupakan jenis dari awan sedang yang mempunyai bentuk mirip dengan butiran- butiran kecil serta banyak jumlahnya. Awannya memiliki warna putih dan abu-abu serta bentuknya  mirip dengan serat bulu burung.  Awan ini akan mudah ditemukan pada saat pagi hari dan senja sore.

B. Awan Alto Stratus

Merupakan awan yang mempunyai bentuk melebar den menutupi langit secara total serta sebagian. Warna dari awan ini adalah abu- abu kebiruan. Awan ini mempunyai  potensi untuk menurunkan hujan namun ringan dan tidak deras.

Awan Rendah ( 2000 Mdpl)


Awan Nimbo Stratus

A. Awan Strato Cumulus

Awan ini merupakan salah satu dari jenis awan rendah. Dan biasanya akan kamu jumpai di daerah sekitar pantai. Mempunyai bentuk yang seperti bola da nada lapisan tipis.  Awan ini mempunyai warna putih dan juga kelabu. Dan tingginya sekitar 1500 hingga 2000 meter dpl.

B. Awan Stratus

Awan ini mempunyai bentuk seperti serat dan berwarna putih atau kelabu dan berlapis-lapis. Tingginya sekitar 2000 mdpl. Dan awan ini juga dapat berpotensi menurunkan hujan ringan tapi berskala local.

C. Awan Nimbo Stratus

Awan jenis ini mempunyai bentuk yang tidak pasti  karena mesti berubah—ubah. Terbentuk pada ketinggian 600- 3000 mdpl.  Awan ini mempunyai potensi menurunkan hujan ringan dan jangka waktunya lama.

Awan Perkembangan Vertical (500 – 1500 Mdpl)


Awan Cumulonimbus

A. Awan Cumulus

Awan ini mempunyai bentuk yang mirip dengan bunga kol . mempunyai warna putih cerah pada bagian satu sisi dan sisi satunya berwarna kelabu. Tinggi dan lebar yang dimiliki awan cumulkus ini hingga 1000 m.

B. Awan Cumulonimbus

Awan jenis ini adalah salah satu awan yang sangat dikhawatirkan oleh dunia penerbangan. Karena awan ini akan mengeluarkan petir yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan pesawat. awan yang berwarna kelabu gelap ini bisa menyebabkan datangnya hujan yang sangat lebat. Tingginya pun mencapai 2000 – 26.000 mdpl.

Nah, itulah pembahasan  mengenai pengertian beserta jenis jenis awan dan gambarnya yang bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas dapat kamu  jadikan bahan untuk menambah wawasan tentang pengertian awan dan jenis jenisnya.

BACA JUGA!

Pengertian Lingkungan Hidup Serta Unsurnya

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA