10 Jenis Jambu Air yang Dapat Ditemui di Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Jambu air Camplong
Daftar Topik

Jenis Jambu Air. Jambu air merupakan salah satu buah-buahan yang hanya dapat ditemukan di daerah Asia Tenggara, seperti Indonesia. Jambu air ini cukup unik, karena memiliki kadar air yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Warnanya yang menarik sangat menggugah selera bagi siapapun yang melihatnya. Tumbuhan jambu air ini bisa tumbuh di alam tanpa membutuhkan perawatan khusus. Namun, saat ini jambu air sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat untuk mendapatkan hasil terbaik. Terdapat beberapa jenis jambu air yang harus kamu ketahui sebelum mencobanya. Berikut beberapa jenis jambu air yang ada:

Jenis Jambu Air

1. Jambu Air Camplong

Jambu air Camplong

Jambu air camplong, berasal dari Jawa Timur yang hanya ada pada saat bulan Juli hingga Agustus. Jambu air camplong memiliki berat sekitar 80-100 gram, daging jambu airnya tebal dan banyak mengandung air. Jambu air ini juga tidak memiliki biji, jadi bisa langsung dimakan tanpa halangan. Warna putih dan sedikit hijau mendominasi jambu air camplong ini. 

2. Jambu Madu Kesuma Merah

Jambu Madu Kesuma Merah

Jambu madu kesuma merah, memiliki daging tebal yang padat dan tidak memiliki biji. Warna merah merona dari madu kesuma merah sangat menggiurkan. Rasa manis sudah pasti didapatkan saat kamu mencoba jambu madu kesuma merah. Tidak seperti jambu air pada umumnya, saat ingin memakan jambu ini harus dibantu dengan pisau untuk membelah daging agar lebih mudah. Apabila kamu ingin mencoba jambu ini, harus lebih banyak bersabar karena waktu panen jambu madu kesuma merah lebih lama yakni 13-15 bulan.

3. Jambu Air Cincalo Merah

Jambu Air Cincalo Merah

Rasa manis dan segar akan kamu dapatkan saat mencoba jambu air cincalo merah. Jambu air ini merupakan salah satu varietas unggulan di dunia jambu air. Hal ini karena jambu air cincalo merah memiliki daging tebal dan padat. Uniknya lagi, jambu air cincalo merah berbentuk seperti lonceng. Bentuknya menggemuk di bawah dan lurus dari atas sampai ke bagian tengah. 

4. Jambu Air Citra

Jambu Air Citra

Jambu air citra merupakan salah satu jambu air unggulan yang memiliki ukuran buah cukup besar. Tidak hanya rasa yang memuaskan, rasa manis bisa kamu dapatkan saat mencoba jambu air citra. Jambu ini juga berbeda dari lainnya, karena tidak butuh waktu lama untuk memanennya. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 bulan sudah dapat kamu panen. Pohon jambu air citra juga dapat berbuah sampai tiga kali. 

5. Jambu Air Delima

Jambu Air Delima

Jambu air delima, salah satu buah khas dari Jawa Tengah yakni Demak. Kandungan air pada jambu air delima cukup tinggi. Jambu air delima juga memiliki tekstur daging yang renyah saat digigit. Rasa dari jambu air delima bisa dibilang mirip seperti jambu air citra. Rasanya yang manis dan menyegarkan bisa bikin nagih bagi siapapun yang mencobanya.

6. Jambu Madu Super Green

Jambu madu Super Green

Sesuai dengan namanya, jambu ini memiliki ukuran yang super. Diperkirakan satu buah jambu madu super green setara dengan satu botol minuman kemasan. Karena satu buah jambu super green beratnya bisa mencapai 250 gram. Jambu madu super green ini memiliki warna hijau yang menggiurkan, rasa yang ditawarkan juga tidak akan mengecewakan. Rasa manis yang merata bisa kamu coba sama memakan jambu madu super green. 

7. Jambu Bol

Jambu Bol

Warna merah menggoda tentu sangat menggiurkan saat melihat jambu bol. Jambu ini memiliki ukuran jambu setara dengan genggaman tangan orang dewasa. Daging jambu bol yang tebal juga memberikan rasa nikmat tersendiri saat mencobanya. Jambu bol ini merupakan salah satu varietas jambu air unggulan. Jambu bol memiliki manfaat khusus untuk kesehatan kulit dan mata. 

8. Jambu Air Bajang Leang

Jambu Air Bajang Leang

Jambu air bajang leang memiliki ukuran yang cukup besar yakni sekitar 300 gram. Jambu air bajang leang ini masuk dalam kategori yang mudah ditemui. Jambu air ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi, rasa nya juga manis. Satu pohon jambu air bajang leang bisa buah berkali-kali. Bentuk jambu ini mirip seperti lonceng yang memanjang. Warna jambu air ini saat masak sangat unik, karena bisa bercampur tiga warna yakni merah, kuning, dan hijau. 

9. Jambu Madu Deli Hijau

Jambu Madu Deli Hijau

Sesuai dengan namanya, Deli Hijau memiliki warna hijau. Walaupun begitu, jambu air madu deli hijau memiliki rasa manis. Pada saat gigitan pertama, kamu bisa merasakan bahwa jambu ini teksturnya sangat rapuh. Tidak memiliki biji, hal ini mempermudah kamu untuk langsung memakannya setelah dipanen. Ukuran jambu madu deli hijau cukup berbeda dengan jambu air lainnya, deli hijau masuk dalam kategori jambu air yang berukuran kecil. 

10. Jambu Air King Rose

Jambu Air King Rose

Jambu air king rose memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda dengan beberapa jenis jambu lainnya seperti jambu madu super green. Satu ukuran jambu king rose bisa mencapai 300 gram. Dinamakan king rose, karena jambu air ini memiliki warna merah yang menyerupai mawar. Berbeda dengan jenis jambu air lainnya, jambu air king rose tidak memiliki biji. 

 

Walaupun ada beragam jenis jambu air, kandungan vitamin yang dimiliki rata-rata sama. Jambu air mengandung vitamin C, vitamin A, serat, kalsium dan kalium. Kandungan air yang tinggi dari jambu air juga sangat baik untuk kesehatan. Manfaat utama saat kamu mengkonsumsi adalah dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, dapat mengontrol diabetes, kolesterol jahat, serta infeksi jamur. 

Baca juga:

7 Daftar Situs SMS Gratis Lewat Internet Cepat Terbaik

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA