Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Tahan Lama

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ikan-Hias-Air-Tawar-Yang-Tahan-Lama[1]
Daftar Topik

Dalam menghilangkan kebosanan banyak diantara kita lebih memilih untuk melakukan aktivitas tertentu yang tak jarang menjadi hobi baru. Terdapat banyak hobi yang bisa kita pilih untuk salah satunya adalah hobi memelihara ikan hias air tawar. Cukup aneh memang, namun sangat menyenangkan apalagi tak jarang memelihara ikan hias tertentu akan bernilai investasi.

Diantara hobi memelihara hewan, ikan hias air tawar adalah yang tidak terlalu merepotkan dalam perawatannya. Umumnya hanya cukup dengan aquarium dan makanan ikan (pelet) saja sudah akan memenuhi kebutuhan dasar ikan hias Anda. Eits, kendati demikian Anda tetap harus hati-hati dalam perawatannya.

Ngomong-ngomong membicarakan soal hobi memelihara ikan hias air tawar, bagi Anda pemula khususnya, sangat disarankan memilih jenis ikan hias yang mudah dipelihara dan perawatannya tidak rumit. Tentu hal ini berdampak pada daya tahan si ikan sendiri. Nah, berikut daftar jenis ikan hias air tawar yang direkomendasikan:

Ikan Tetra

Ikan Neon Tetra | Shopee Indonesia

Berikutnya si cantik  dan mungil ikan tetra. Ikan tetra sendiri memiliki beragam jenisnya yang tampak jelas dapat dibedakan melalui warna. Ikan tetra merupakan jenis ikan tawar yang hidupnya berkelompok atau berkoloni. Jadi saat Anda memilih untuk memeliharanya sangat direkomendasikan memelihara dengan jumlah yang banyak.

Ikan tetra sangat mudah dalam perawatannya. Ikan tetra sangat cantik terutama apabila sedang berenang berkelompok dengan koloninya. Ikan jenis ini pun memiliki harga yang relatif murah. Kendati demikian untuk jenis tertentu harganya bisa mencapai jutaan hanya satu ekornya.

Ikan Cupang

9 Jenis Ikan Cupang Hias yang Cantik dan Elegan

Tahukah Anda ikan cupang masih satu famili dengan ikan gurame loh. Jenis ikan hias air tawar yang satu ini pun cukup populer di kalangan masyarakat. Banyak orang memilih memelihara ikan jenis ini karena selain perawatannya mudah, ikan jenis ini memiliki variasi warna cantik yang beragam.

Tak jarang ikan cupang dijadikan sebagai investasi loh. Bahkan dilombakan dalam event-event tertentu. Ikan jenis ini pun tidak memerlukan aquarium besar. Ikan cupang biasanya ditempatkan di botol-botol kecil terpisah karena sifatnya yang agresif dan dapat menyerang sesamanya.Untuk makanannya cukup diberikan jentik-jentik nyamuk, cacing rambut atau cacing dara.

Swordfish atau Ikan Pedang

Fakta Seputar Ikan Todak (Swordfish)

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini memiliki warna khas dan mencolok yaitu merah menyala. Ciri khas yang paling menonjol adalah sirip lancip memanjang seperti pedang yang dimiliki pejantan dari ikan jenis ini. Karena rupanya yang unik pulalah banyak orang memilih memelihara ikan ini.

Selain karena bentuknya, dalam hal perawatannya pun ikan ini sangat mudah. Anda tidak membutuhkan peralatan yang rumit, cukup aquarium beserta pelet sebagai pakan ikan hias jenis ini bisa bertahan cukup lama kendati tanpa filter atau oksigen sekalipun.

Ikan Guppy

Jual ikan guppy Tiger. Jantan dan betina - Kab. Tangerang - Baby_Atan |  Tokopedia

Berikutnya ada ikan guppy yang dalam perawatannya pun cukup minim dan daya tahan nya lama. Ikan guppy pun banyak menjadi idola bagi para pecinta ikan hias air tawar karena rupanya yang cantik. Ikan guppy ini memiliki ukuran yang kecil dengan sirip serta ekornya berwarna-warni. Selagi ikan guppy merasa nyaman dengan tempatnya, ikan guppy pun akan mudah berkembang biak.

Ikan Black Ghost

Cara Memelihara Ikan Black Ghost: Ciri, Perilaku, Makanan - Gerava | Ikan  Hias | Burung Kicau | Kucing | Anjing

Di Indonesia baru-baru ini dihebohkan dengan kemunculan jenis ikan air tawar unik yang diburu oleh banyak pecinta ikan hias yaitu ikan hantu atau black ghost. Kendati sangat populer di Indonesia, asal muasal ikan ini adalah dari sungai Amazon dan Suriname yang juga dikenal sebagai ikan black phantom.

Yang menjadikan ikan jenis ini cukup populer adalah warna hitam pekat yang dimiliki serta bentuk pipih dengan siripnya yang panjang. Ikan jenis ini pun sangat mudah dalam perawatannya, bahkan tidak pilih-pilih soal makanan.

Ikan Molly

Perawatan Ikan Molly Balon, Ciri-ciri, Jenis, dan Makanannya - Gerava |  Ikan Hias | Burung Kicau | Kucing | Anjing

Ikan hias tawar berikutnya ada si mungil namun gembul yaitu ikan molly. Ikan molly cukup populer dan memiliki banyak penggemar. Selain karena jinak, gembul dan lucu ikan jenis ini pun sangat mudah untuk dipelihara dan dirawat. Ditambah varian warna yang dimiliki ikan hias air tawar yang satu ini yang memiliki daya tariknya sendiri.

Sama hal nya dengan jenis ikan hias air tawar lainnya, hanya bermodal aquarium dan pakan saja ikan ini mampu hidup dan bertahan. Bahkan tanpa dengan bantuan alat filter dan pompa oksigen sekalipun.

Jadi, jenis ikan hias air tawar yang membuat Anda tertarik. Tinggal pilih keenam jenis ikan yang hingga saat ini masih tetap menjadi paling populer dipelihara selain karena cantik juga karena daya tahannya.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP