8 Jenis Ikan Channa, Cantik untuk Dipelihara!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
gabus-andrao
Daftar Topik

Jenis Ikan Channa- Ikan hias dan kecantikannya saat menari di air, membuatnya banyak dipillih oleh pecinta ikan. Dalam hal ini ikan channa atau ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan hias yang punya banyak peminat. Sirip dan motifnya yang cantik membuatnya banyak memiliki peminat dari kalangan manapun.

Kira-kira dari mana ikan ini berasal? Bagaimana karakter dari ikan  ini. Yuk, temukan jawabannya di artikel yang satu ini.

Jenis-jenis Ikan Channa dengan Warna Cantik

Ikan channa hidup di hampir seluruh perairan Indonesia. Itulaah sebabnya ikan iini memiliki beragam nama dari berbagai daerah. Seperti gabus, kutuk, bocek, aruan, kabongan, hingga kabos. Ikan ini merupakan ikan tawar yang dapat berpindah-pindah dari sungai, danau, rawa hingga parit. Karena merupakan predator, ikan ini memangsa ikan-ikan yang lebih kecil. Ikan channa memiliki nama latin Channa striata.

Untuk ukuran tubuh, ikan ini mampu tumbuh hingga ukuran 1m. Umumnya, warna tubuh ikan ini cenderung gelap. Mulai dari hitam kecoklatan hingga kehijauan. Daya tarik ikan gabus terletak pada corak cantiknya yang berada di kedua sisi samping badannya. Ikan ini punya kandungan gizi yang baik, loh. Salah satunya ialah kandungan proteinnya yang tinggi. Ikan gabus juga dapat meredakan beberapa penyakit serta punya kandungan albumin yang tinggi.

Berikut beberapa jenis ikan channa dengan corak warna yang menarik untuk dipelihara versi Blog elevenia.

 1. Channa Barca

channa-barca

Punya corak yang cantik membuat ikan gabus satu ini memiliki harga yang tinggi di pasaran. Sirip yang melebar ke atas juga makin mepercantik penampilanya. Ukuran badannya pun cukup besar. Panjang badannya dapat mencapai 90 cm.

2. Channa Diplogramma

channa-diplogramma

Ikan ini punya nama lain Malabar snakehead. Motifnya yang cantik membuatnya banyak diminati. Namun ukuran tubuhnya cukup besar. Yaitu mencapai 44 cm.

3. Gabus Gachua

gabus-gachua

Bebeda dari jenis lain, ikan ini memiilik ukuran kecil. Karenanya, orang juga menyebut ikan ini dengan dwarf sneakhead. Ukuran seluruh tubuh badannya cukup mungil, yaitu hanya mencapai 20 cm.

4. Gabus Andrao

gabus-andrao

Ikan satu ini juga jadi salah satu jenis dwwarf sneakhead yang punya ukuran imut. Panjang ikan ini hanya mencapai 11 cm saja, loh. Selain itu, coraknya yang cantik bikin kita semua betah menatapnya lama-lama.

Baca Juga: 6 Ragam Jenis Ikan Discus yang Lucu

5. Channa Asiatika

channa-asiatika

Berbeda dengan jenis ikan gabus lainnya. Ikan gabus ini justru punya kombinasi warna yang cukup unik. Yaitu merah, putih dan lainnya. Ukuran ikan ini cukup panjang, yaitu mencapai 35 cm.

6. Channa Pleuro

channa-pleuro

Kalau ikan gabus yang satu ini punya habitat asli di Pulau Sulawesi dan Kalimantan. Kombinasinya warnanya punya ciri khas corak yang unik. Yaitu warna dasar biru dengan corak kehitaman pada bagian tengah. Ukuran channa peluro sendiri mencapai 40 cm.

7. Channa Argus

channa-argus

Dari penampakannya, channa argus akan mengingatkanmu dengan jenis pleuro. Perbedaannya terletak di ukuran corak. Corak ikan ini terlihat lebih besar dan juga menyebar di seluruh tubuh. Sedangkan ukuran tubuhnya cukup besar, yaitu kisaran 1 meter.

8. Channa Bleheri

channa-bleheri

Satu hal yang paling menarik dari ikan gabus satu ini ialah corak tubuhnya yang menimbulkan efek hologram. Jika diperhatikan dengan baik, efek ini menyerupai pelangi. Pada siripnya, ada kombinasi warna oranye cerah. Ukuran tubuh ikan ini hanya mencapai 17 cm.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP