Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Jenis Font Yang Paling Sering Digunakan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
jenis font
Daftar Topik

Jenis font. Sebagai seorang yang senang menulis, apalagi sering melakukan design grafis, tentunya kamu akan sering berhubungan dengan pemilihan jenis font yang paling tepat untuk kamu gunakan pada kondisi tertentu. Misalkan saja untuk jenis font yang banyak sekali digunakan di perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi dalam negeri, font yang paling sering digunakan untuk menulis karya ilmiah adalah Times New Roman. Font ini memang yang paling umum dijumpai ataupun digunakan ketika berada di institusi pendidikan. Tapi tahukah kamu bahwa terdapat banyak sekali jenis font yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah karya tulis. Nah, pada artikel ini, saya akan membahas mengenai berbagai  font yang biasa digunakan dengan tujuan dan maksudnya masing-masing.

Sebelum lanjut, saya mau menekankan bahwa font yang akan dibahas di sini tidak terbatas pada font yang ada di Microsoft word saja, melainkan bisa lebih dari itu hingga font yang digunakan untuk membuat design poster dan lain sebagainya. Beberapa font yang akan disebutkan juga sangat segmented penggunaanya. Terlepas dari itu semua, jenis-jenis font ini tentunya akan menambah wawasanmu mengenai kegunaan dan filosofi dari tiap-tiap font yang bisa kamu gunakan di teknologi digital masa kini.

Beda font maka beda juga kesan yang diberikan

jenis font

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya bahwa variasi font yang ada dan digunakan sekarang ini dimaksudkan untuk tujuannya masing-masing. Ada yang untuk kepentingan penulisan formal, casual, maupun untuk penulisan yang lebih santai lagi. Berikut ini adalah beberapa font yang biasa digunakan untuk melakukan design grafis atau yang lainnya:

1. Script

Jenis font yang pertama yang bisa kamu gunakan untuk kepentingan design grafis adalah jenis font script. Font ini menyerupai tulisan tegak bersambung yang menambahkan kesan elegan. Jenis font ini agaknya akan cocok digunakan untuk tulisan yang sangat pendek. Kamu juga membutuhkan kombinasi antara huruf besar dan kecil untuk bisa mendapatkan tulisan yang terus bersambung. 

2. Serif

Font yang kedua yang bisa kamu coba adalah Serif. Serif adalah salah satu font yang paling sering digunakan pada design grafis maupun untuk penulisan karya ilmiah di Microsoft word. Serif ini ditandai dengan adanya tambahan garis kecil yang ada di kaki bawah huruf. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh font jenis ini adalah kemudahannya untuk dibaca. Kamu tentunya sudah familiar dengan times new roman bukan? Nah times new roman adalah font yang masuk dalam kelompok ini. Terdapat beberapa font yang lain yang termasuk ke dalam jenis font serif nih. Beberapa font tersebut diantaraya:

  1. Noto Serif
  2. Serif Pro
  3. Times New Roman
  4. Source Serif Pro
  5. Roboto Slab
  6. Georgia
  7. Cambria
  8. Perpetua
  9. Trajan Pro
  10. Rockwell, dll

Jenis font yang biasa digunakan untuk penulisan ataupun design grafis

Beberapa dari jenis tersebut tentunya umum digunakan baik dalam penulisan ataupun design grafis.

1. San Serif

sans seriffont comic

Font yang selanjutnya adalah San Serif yang tentunya kalian juga sering gunakan di kehidupan sehari hari selama proses pengetikan suatu karya atau pembuatan design grafis, dan keperluan lainnya. Perbedaan San Serif ini dengan yang sebelumnya adalah tidak adanya kaki di sudut hurufnya. Pada beberapa kasus, tulisan dengan font seperti ini akan lebih mudah terbaca. Salah satu  font yang masuk dalam kategori San Serif adalah Arial dan Calibri. Tentunya dua nama font yang sering kalian gunakan ketika menulis dokumen formal maupun kasual. Jenis-jenis font yang masuk dalam jenis San Serif diantaranya:

  • Arial
  • Calibri
  • Comic Sans MS
  • Helvetica
  • Franklin Gothic Book
  • Verdana, dll

2. Font Comic

font comic

Jenis font selanjutnya yang juga kerap kali digunakan adalah jenis font comic.  font ini tentunya memiliki fungsi yang cukup unik juga nih. Sesuai dengan Namanya, font ini cocok banget untuk kamu yang biasa membuat komik-komik keren. Untuk kamu yang memang sudah sering membaca anime, maka kamu akan familiar dengan kenampakan dari font ini tentunya.

Kesan yang ditampilkan dari font ini adalah friendly, nyaman dibaca, dan kekinian. Sangat sesuai dengan tujuan dari pembuatan font ini. 

3. Blacklatter

Font selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Blacklatter yang dikenal sebagai sebuah font bergaya gothic atau bisa disebut Old English. Jenis font ini terkesan sangat dekoratif dan kaya akan ornament di dalam setiap hurufnya. Pada font ini kamu akan menemukan tekstur hitam dan topi dekorasi. Hal ini tentunya bagi Sebagian orang akan menambah daya Tarik tersendiri. Meskipun memiliki desain yang kaya akan ornament, font ini masih terbilang cukup baik dalam segi keterbacaannya.

4. Dekoratif

Font yang selanjutnya ini adalah pengembangan dari huruf huruf terdahulu yang sudah tercipta. Dari namanya saja kita sudah bisa berekspektasi jenis tulisan yang akan kita dapatkan dari font jenis ini. Tentunya tulisan yang kaya akan ornamen yang lebih cocok untuk digunakan saat pembuatan desain grafis. Hal ini dikarenakan banyaknya ornament yang menghiasi huruf-hurufnya menyebabkan tingkat keterbacaannya pun menurun untuk tulisan yang panjang.

5. Stencil

stencil

Font selanjutnya adalah Stencil, istilah yang tak asing di kalangan seniman ataupun seorang pelukis. Keunikan jenis tulisan ini sering dimanfaatkan dalam penulisan di surat kabar. Tak jarang, headline berita menggunakan font ini.

Itulah jenis-jenis font yang bisa kamu gunakan untuk kepentingan penulisan dokumen maupun desain grafis. Dari beberapa pilihan font tersebut, manakah yang paling sering kamu gunakan? Tentunya hal tersebut balik lagi ke tujuanmu sih. Jenis karya apa yang akan kamu buat.

Baca juga:

Cara Download Font secara Cepat, Praktis, dan Gratis

ARTIKEL LAINNYA