Daftar Jenis Burung Kicau Terpopuler di Indonesia

0
Source: Siap Bisnis

Daftar Jenis Burung Kicau Terpopuler di Indonesia – Bagi beberapa orang yang merupakan penggemar dari burung kicau pastinya tidak akan asing lagi ketika mendengar kicauan kacer, kicauan dari cucak hijau dan lain sebagainya.

Nah, ketika Anda berniat untuk memelihara beberapa burung kicau maka Anda harus mengetahui beberapa jenisnya terlebih dahulu. Apalagi di negara Indonesia terdapat beberapa burung kicau yang cukup populer.

Daftar Jenis Burung Kicau Terpopuler di Indonesia

1. Burung Kicau Kacer


Source: Trubus.id

Untuk yang pertama ini merupakan burung kacer, di mana burung ini menjadi salah satu jenis burung yang paling sering diikutkan lomba. Burung kacer memang memiliki suara yang sangat khas dan terbilang sangat lantang, pakaian karakter yang dimiliki oleh burung kacer ini sangat pemberani.

2. Burung Kicau Cendet


Source: ngertiaja

Merupakan jenis burung kicau predator, namun jangan heran burung ini memiliki variasi suara yang sangat baik. Banyak sekali para penggemar burung kicau yang mengatakan jika jenis baru ini dalam hal perawatan nya sangat susah.

burung cendet juga menjadi burung populer dan favorit di antara para penghobi yang sangat menyukai burung, karena memang burung cendet ini bisa menirukan suara burung lain.

3. Burung Kicau Murai Batu


Source: kompas.com

Perkembangan dunia kicau mania di kawasan pulau Sumatera memang terbilang cukup pesat belakangan ini. Bahkan, di pulau Sumatera sudah banyak sekali perlombaan burung kicau, jumlah peserta yang semakin banyak setiap tahunnya. Terdapat salah satu jagoan dari burung kicau yakni murai batu, yang memang merupakan jawara di dalam perlombaan pulau Sumatera.

4. Burung Kicau Merbah Cerukcuk


Source: Harga Burung

Burung kicau merbah cerukcuk ini merupakan jenis burung yang berasal dari suku pycnonotidae. Untuk orang Sunda menyebutnya burung cerukcuk ataupun burung jogjog. Sedangkan, untuk orang Jawa menyebutnya sebagai burung cerocokan karena memang mempunyai bunyi yang sangat khas.

Burung ini sendiri mempunyai ukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 20 cm dimulai dari ujung paruh sampai ujung ekornya.

5. Burung Kicau Jalak Suren


Source: Siap Bisnis

Jalak menjadi salah satu burung yang berasal dari suku sturnidae. Burung jalak ini biasanya memiliki ukuran di antara 20 hingga 25 cm, dengan kondisi tubuh yang gagah, memiliki paruh yang sangat kuat lurus dan juga tajam.

Selain itu, burung jalak memang tergolong cukup mudah untuk digunakan. Ketika di dalam kandang burung jalak ini memiliki gerakan yang cukup aktif dan suka berkicau, tidak heran jika burung jalak juga menjadi salah satu favorit para penggemar burung kicau.

6. Burung Kicau Tekukur


Source: UD Jalan Suren

Tekukur menjadi salah satu burung dengan ukuran tubuh yang sedang. Terkukur memiliki panjang 30 cm, burung tekukur ini memiliki warna bulu coklat kemerahan campuran. Selain itu, barangnya juga mempunyai ekor yang cukup panjang.

Burung tekukur ini memiliki dua ekor putih pada bagian tepi sedangkan untuk bulu sayapnya jauh lebih tebal jika dibandingkan dengan bulu tubuh.

Burung tekukur ini juga hidup di dekat manusia dan biasanya mencari makanan di permukaan tanah. Biasanya kita sering menjumpai burung tekukur kini duduk berpasangan di tempat terbuka.

7. Burung Kicau Perkutut


Source: Harga Burung

Burung perkutut merupakan jenis burung dengan ukuran yang sama tetapi mempunyai warna abu-abu orang yang memelihara dikarenakan suaranya yang sangat indah. Biasanya, di dalam tradisi orang Jawa bareng perkutut memang sangat digemari bahkan lebih dimuliakan jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Burung perkutut memang masih berkerabat dekat dengan burung puter, burung merpati dan juga burung tekukur.

8. Burung Kicau Jenis Cucak Jenggot


Source: Koran Burung

Untuk yang berikut ini merupakan burung cucak jenggot Monalisa yang mempunyai kelebihan, karena burung ini hanya menggunakan satu tangkringan saja serta duduk tanpa loncat. Banyak sekali para penggemar burung kicau yang terkenal dengan burung jenis ini dikarenakan mampu berkicau setiap awal pertandingan hingga penilaian akhir. Biasanya burung kicau ini akan langsung berbunyi tanpa ngetem dan biasanya akan membawakan lagu gereja tarung.

9. Burung Kicau Tledekan Gunung


Source: Sentra Budidaya

Terakhir ini merupakan burung tledekan yang mempunyai panjang sekitar 8 sampai dengan 20 cm dimulai dari ujung paruh sampai ujung ekornya. Bisa membedakan jenis kelamin dari burung ini adalah dengan melihat pola warna yang kontras di antara burung jantan dan juga burung betina.

Dimana pada burung yang berjenis kelamin betina memiliki corak warna coklat muda pada bagian perut, jangan untuk betina yang masih muda adalah berwarna coklat yang agak keputih-putihan. Sedangkan untuk burung jantan biasanya dilihat dari bulu di kepala yang yang berwarna biru cerah, atau seringkali memiliki warna biru putih.

Untuk Anda yang baru saja masuk kedalam penggemar burung kicau serta memiliki rencana untuk memeliharanya, maka Anda harus mengetahui jenis burung kicau yang populer di negara Indonesia. Dimana dengan mengetahui jenis tersebut, maka Anda akan mengetahui bagaimana cara perawatan dari masing-masing jenis burung kicau.

BACA JUGA!

Tertarik Memelihara Burung Decu? Simak Tips Berikut Ini