Jangan Bingung! Inilah Perbedaan Antara BB Cream dan Foundation

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
foundation-vs-bb-cream[1]
Daftar Topik

Ada sejumlah cara atau trik untuk memuluskan atau pun menutup bagian wajah bernoda dengan cara instan. Biasanya cara ini dilakukan untuk menampilkan wajah yang mulus bebas noda. Produk yang biasanya digunakan adalah foundation dan BB Cream. Kedua krim ini bisa dibilang krim ajaib sebab bisa menutupi noda, baik itu bekas jerawat atau pun jerawat itu sendiri dengan sempurna. Namun adakah perbedaan di antara keduanya?

Perbedaan Antara Foundation dan BB Cream

Berdasarkan Funsinya

Foundation cenderung lebih berfungsi untuk menutup noda-noda di wajah, seperti bintik hitam, berkas jerawat sampai meratakan warna wajah yang tidak rata. Sebenarnya fungsi BB Cream juga sama saja, hanya saja BB Cream memiliki peran ganda karena di samping menutupi noda, BB Cream juga bisa memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak, meregenerasi kulit baru dan lainnya, sehingga banyak yang menyebut jika BB Cream berfungsi sebagai foundation dan moisturize sekaligus.

Beda Kandungan

Kandungan dalam foundation berupa, avocado oil, UV Protection, Jojoba oil, vitamin A dan E. sementara untuk BB Cream juga sama mengandung UV Protection, hanya saja dilengkapi dengan kandungan lain yang dapat meregenerasi kulit seperti squalane moisturizer untuk melembabkan wajah, mineral tourmaline untuk meregenerasi kulit, dan lainnya.

Pilihan Warna

Pada dasarnya, foundation memiliki variasi warna yang lebih banyak dibandingkan BB Cream, dari warna yang terang sampai gelap. Sebab fungsi foundation di sini adalah sebagai penutup noda di wajah, dari noda yang ringan sampai yang berat. Sementara untuk BB Cream, hanya memiliki sedikit pilihan warna, sebab fungsi BB Cream sebagai penutup noda sekaligus mentreatment wajah. Tidak heran jika teksturnya lebih ringan dibanding foundation. Dengan menggunakan BB Cream, tak hanya tampilan wajah yang lebih menarik, tapi sekaligus juga menutrisi wajah supaya lebih sehat.

Cara Penggunaan

Foundation

  • Kamu wajib mengoleskan terlebih dahulu moisturizer atau pun pelembab sebelum mengoleskan foundation.
  • Ratakan ke seluruh wajah, dan tunggu beberapa menit sampai pelembab meresap.
  • Setelah itu, ulaskan foundation secara merata pada wajah.
  • Terakhir, gunakan bedak dengan cara ditekan-tekan supaya menempel di kulit wajah.

BB Cream

  • Oleskan secara langsung BB Cream tanpa harus memakai pelembab terlebih dulu.
  • Ratakan BB Cream dengan jari.
  • Wajah akan tampak lebih cerah seketika. Kamu bisa menambahkan bedak agar tampak lebih matte.

Hasil dari BB Cream dan Foundation

Coverage Level

Sekilas keduanya memang terlihat sama. Namun foundation memiliki tekstur yang kental, menutup lebih tebal tanpa harus beberapa kali pulasan. Sementara BB Cream bertekstur lebih tipis sehingga terkesan lebih natural dan tipis. Hal ini membuat penggunanya tidak tampak menggunakan apapun setelah beberapa saat.

Beda Event

Bila kamu membutuhkan full coverage, maka disarankan untuk menggunakan foundation. Utamanya untuk acara-acara formal. Foundation ini dapat menjadi alaas makeup, untuk hasil makeup yang lebih maksimal. Sementara BB Cream, membuat makeup lebih natural dan terasa kurang untuk acara formal.

Manfaat Bagi Skincare

Bedanya foundation dan BB Cream, formulanya bisa dibilang lebih ringan namun juga memiliki fungsi skin care. Hal ini karena beberapa BB Cream telah dilengkapi dengan mineral yang dapat mengatasi masalah kulit. Sementara untuk foundation, hanya berlaku sebagai alas bedak saja.

Warna yang Masih Terbatas

BB Cream tidak memiliki banyak pilihan warna. Biasanya hanya terdapat 1 sampai 2 pilihan saja. Tak hanya itu BB Cream juga cenderung menampilkan hasil kulit yang lebih putih. Sementara foundation

Alat Aplikasi

Ada sejumlah cara yang bisa kamu praktekan untuk mengaplikasikan foundation, misalnya menggunakan kuas, sponge, atau pun jari. Namun untuk BB Cream, kamu hanya perlu menggunakan jari. Hasilnya pun tetap bagus tanpa cakey.

SPF Lebih Tinggi

Jika dilihat secara umum, kandungan SPF pada BB Cream lebih tinggi dibandingkan dengan foundation. Sebab, sebagian dari BB Cream merupakan skin care. Tidak heran jika BB Cream sangat disarankan untuk pemakaian sehari-hari dibandingkan foundation.

Cakey

Jika dibandingkan, jelas foundation lebih cakey dan terkadang pecah bila salah memulaskan atau bahkan saat tidak sesuai dengan jenis kulit. Inilah mengapa sering kali melihat wanita seperti tengah memakai topeng. Sementara untuk BB Cream lebih lembut dan menyatu pada tampilan kulit.

Melembabkan

BB Cream menjaga kelembapan kulit dibandingkan dengan foundation. Kandungan pelembab yang ada di BB Cream lebih merata dan tentu saja lebih mudah diserap oleh kulit.

Itulah sejumlah informasi terkait dengan perbedaan antara foundation dan BB Cream. Keduanya sama-sama memiliki fungsi yang penting, hanya saja bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA