Jamur Pada Kucing: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
obat-jamur-kucing
Daftar Topik

Jamur pada Kucing – Jamur merupakan jenis parasit yang bisa menyerang beragam makhluk hidup. Khususnya manusia dan hewan. Jamur juga kerap kali menyerang mamalia, loh. Termasuk anabul kesayanganmu. Apa saja ya jenis jamur yang biasa menyerang kucing? Apa penyebabnya dan cara mengatasinya?

Tenang, kamu bisa menemukan semua jawabannya di artikel yang satu ini. Simak sampai habis, ya.

Fakta Jamur pada Kucing dan Cara Mengatasinya

jamur-kucing

Biasanya, jamur pada kucing timbul akibat tertular dari lingkungan luar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ini dia daftar informasi selengkapnya.

Penyebab dan Jenis Jamur pada Kucing

jenis-dan-penyebab-jamur-kucing

Ada beberapa jenis infeksi jamur pada kucing, maring-masing memiliki jenis dan juga tempat yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya ialah Aspergillosis, Kandidiasis, Koksidioidomikosis, Kriptokokosis, Histoplasmosis, Misetoma, Blastomycosis Amerika Utara, Rhinosporidiosis, Sporotrichosis, dan Faeohifomikosis.

Dilansir dari Merdeka, jenis jamur ini dapat menyebar di seluruh tubuh kucing. Selain itu, jenis infeksi akan menunjukkan gejala tertentu pada anabul. Salah satu sumber jamur pada kucing ialah tanah yang disentuh ataupun dihirup secara langsung. Salah satu jenis jamur yang sering menginfeksi ialah ringworm.

Ringworm sendiri merupakan istilah umum yang digunakan pada jamur yang menginfeksi lapisan superfisial, kulit, rambut dan juga kuku kucing. Umumnya, organisme kecil penyebab jamur itu disebut dengan dermatofit. Dalam dunia medis infeksi akibat dermatofit disebut dermatofitosis.

Jamur ini terbilang sulit terdeteksi. Namun kerak abu rokok dan juga rambut kucing yang rontok bisa jadi beberapa gejala yang umum terjadi jika terinfeksi jamur. Jamur ini juga dapat menyerang manusia loh. Infeksi jamur ini juga dapat timbul dari penularan jamur dari lingkungan maupun dari organisme lain pada kucing.

Baca Juga: 5 Obat Mata Kucing Terbaik, Redakan Beragam Infeksi

Cara Mengatasi

mengatasi-jamur-kucing

Ada beberapa cara yang bisa jadi alternatif dalam mengatasi infeksi jamur pada anabulmu. Seperti pemberian obat secara topikal maupun oral. Untuk mengatasi jamur secara topikal kamu dapat mengoleskan salep dan juga krim pada permukaan yang terinfeksi. Agar lebih mudah, kamu juga dapat mencukur bulu kucing yang ada di area tersebut.

Untuk mengatasi jamur secara oral kamu dapat menggunakan beberapa obat yang tersedia. Seperti griseofulvin, terbinafine (Lamasil) dan  itraconazole. Beberapa obat ini memiliki reaksi dan juga efek samping yang berbeda. Adapun waktu yang dianjurkan untuk melakukan pengobatan ini ialah minimal 6 minggu hingga infeksi jamur mereda.

Membersihkan lingkungan sekitar juga tak kalah penting dalam pengobatan jamur kucing. Dalam hal ini, kamu dapat mencampur larutan pembersih klorin dan juga air dengan perbandingan 1:8, 1:10 ataupun 1:100. Jangan lupa juga untuk merawat bulu dan memandikan kucing secara teratur. Lakukan pemeriksaan ke dokter hewan atau veterinanian jika diperlukan.

Baca Juga: 5 Merk Obat Tetes Telinga Kucing Terbaik

Rekomendasi Obat Jamur Kucing

obat-jamur-kucing

Setelah mengenal jenis, penyebab, hingga cara mengatasi jamur kucing, yuk simak rekomendasi obat jamur kucing. Ini dia daftar obat jamur kucing terbaik yang berhasil dirangkum oleh Blog elevenia.

1. VCO (Virgin Coconut Oil/Minyak Kelapa Murni) 

vco

Sebagai bahan alami, VCO juga merupakan salah satu zat anti jamur. Minyak kelapa murni mengandung asam folat dan juga polifenol sebagai antioksidannya. Untuk mengatasi jamur, lakukan perawatan selama 2 atau 3 minggu pada kulit kucing.

2. Itraconazole

itraconazole

Kamu dapat menggunakan obat ini pada kucing yang terkena blastomikosis parah. Untuk memberikannya, kamu bisa memberikannya langsung atau mencampurnya pada makanan kucing. Satu hal yang pelu dicatat, obat ini memerlukan resep dokter karena dapat menimbulkan efek samping.

3. Scadix

scadix

Obat satu ini jadi salah satu obat jamur kucing yang ampuh. Kandungan ampicillin trihydrate, trichlorofon, dan neomicyn sulphate didalanya aktif mengatasi jamur. Agar bekerja secara optimal, cukup semprotkan Scadix pada permukaan kulit kucing sebanyak 2-3 kali sehari.

Itu dia informasi seputar jamur kucing yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat untuk kita semua, ya.

Temukan beragam obat kucing terbaik untuk anabulmu di elevenia. Dapatkan juga promo spesial Berkah Ramadhan setiap harinya. Di elevenia, semua yang kamu cari, ada.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP