Pengertian iOS Adalah Sebagai Berikut!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7720 IOS Kompas Tekno
Daftar Topik

Ios adalah suatu suatu sistem operasi software bergerak yang diproduksi, dikembangkan serta didistribusikan oleh perusahaan Apple Inc, yaitu perusahaan yang telah memproduksi iPhone, iPad serta MacBook. Ios adalah suatu produk yang hanya dikembangkan untuk produk Iphone saja. Sistem operasi ios tidak sama dengan sistem operasi pada android. Yang menyebabkan perbedaan pada android dan ios yaitu jika pada android sistem operasinya menggunakan mobile yang pengembangannya dilakukan dengan open source. Sedangkan pada ios, perusahaan Apple dalam pengembangannya lebih memilih untuk secara tertutup atau close source. Serta kode nya hanya diketahui oleh perusahaan yang mempunyai logo Apple saja.

Sejarah Perkembangan iOS Beserta Tipe-Tipenya yang Harus Kalian Ketahui

1. 2007- iPhone OS 1


7720 IOS 1
Source: Cult of Mac

iOS pada tahun 2007 dikenal dengan nama iPhone OS. Yang pada saat itu juga mulai dikenalnya iPhone 3G. Basis kode yang digunakan pada iPhone Os yaitu sama dengan basis kode yang digunakan oleh OS X. pada iPhones OS yang versi pertama ini masih  belum ada fitur toko aplikasinya. Aplikasi bawaan pada iPhone ini dikembangkan oleh perusahaan apple itu sendiri. Seperti aplikasi music, aplikasi browser hingga aplikasi kalkulator.

2. 2008 – iPhone OS 2


7720 IOS 2.0
Source: Cult of Mac

Di tanggal 11 juli 2008, perusahaan Apple sudah mulai memperbarui produk iPhone OS yang versi pertama dengan versi yang ke 2 buat iPhone 3G. iPhone Os yang versi kedua ini telah dilengkapi fitur toko aplikasi yang biasa kalian kenal dengan sebutan App Store. Di dalam iPhone OS yang versi kedua ini, untuk yang menggunakan iPhone 3G sudah bisa menambahkan berbagai koleksi aplikasi hanya cukup dengan mengunduhnya melalui App Store.

3. 2009 – Telah ada copy – Paste dan IAP


7720 IOS 3
Source: Cult of Mac

Pada tahun 2009 ini, iPhone OS mulai mengembangkan produknya menjadi iPhone OS 3 yang pada saat itu juga muncul iPhone 3GS. Di iPhone yang versi ketiga ini menghadirkan fitur yang bisa dikatakan penting yaitu fitur pembayaran yang merupakan dukungan in-app purchase. Selain itu, juga ada fitur baru lagi yaitu adanya copy-paste yang dalam hal ini sangat membantu sekali buat para pengguna iPhone 3GS.

4. 2010 – iPhone OS telah diganti namanya menjadi iOS


7720 IOS 4
Source: Cult of Mac

Pada tahun 2010, secara resmi perusahaan Apple telah mengumumkan pergantian nama iPhone OS menjadi nama iOS. Dan di tanggal 21 Juni 2010 iOS 4 mulai dikenal dengan adanya fitur – fitur baru. Salah satu dari fitur terbarunya dan itu sangat penting yaitu fitur multitasking. Dimana fitur multitasking ini adalah untuk mendukung kemampuan iOS yang bisa lebih dari satu aplikasi dijalankan bersama. iOS juga dihadirkan di iPod Touch yang diluncurkan ditahun yang sama.

5. 2011 – Pada iOS 5 telah dikenalkannya Siri


7720 IOS 5
Source: Cult of Mac

Di tahun 2011 ini yang pada saat ada acara Worldwide Developer iOS 5 mulai dikenalkan oleh perusahaan Apple. Pada versi kelima ini, terdapat lebih banyak fitur yang menarik. Fitur- fitur yang dihadirkan itu yakni adanya dukungan iCloud, iMessage dan juga Siri. Dan di versi kelima ini para pengguna iPhone bisa mengaktivasi iPhonenya untuk pertama kalinya bisa dengan tidak menggunakan laptop.

6. 2012 – Mulai diluncurkan Apple Maps


7720 IOS 6
Source: Cult of Mac

Di tahun 2012 ini merupakan versi yang keenam yaitu meluncurkan versi terbaru lagi yaitu iOS 6. Pada iOs di versi keenam ini sudah menambahkan fitur baru lagi yaitu Apple Maps. iOS versi keenam ini dikenalkan dengan bersamanya peluncuran iPhone 5.

7. 2013 – Peluncuran iOS 7


7720 IOS 7
Source: Cult of Mac

Pada tahun 2013, iOS 7 mulai dikenalkan. Pada iOS yang versi ketujuh ini banyak fitur yang ditambahkan serta desain nya juga dirubah. Fitur tambahan pada iOS yang versi ketujuh ini adalah diantaranya AirDrop, Control Center, dan juga dukungan pada Touch ID yang ada pada iPhone 5S.

8. 2014 – Diluncurkannya iOS 8


7720 IOS 8
Source: Cult of Mac

Di tahun 2014, iOS yang versi kedelapan menghadirkan berbagai fitur baru yaitu Family Sharing, Continuity serta aplikasi Health dan iCloud Drive.

9. 2015 – Perilisan iOS 9 dengan aplikasi tambahan


7720 IOS 9
Source: Cult of Mac

Pada tahun 2015 iOS 9 sudah mulai dirilis dengan beberapa fitur baru dan juga aplikasi bawaan tambahan. Fitur baru yang dihadirkan yaitu 3D touch dan fitur yang dihadirkan yaitu news serta merubah aplikasi passbook menjadi wallet.

10. 2016 – Peluncuran iOS 10


7720 IOS 10 Softonic
Source: Softonic

iOS yang versi kesepuluh ini juga sudah mulai banyak membawa perubahan seperti adanya fitur message yang baru dan desain Lock Screen yang baru.

11. 2017 – iOS 11 diluncurkan


7720 IOS 11
Source: Cult of Mac

Ditahun 2017 ini versi iOS yang ketujuh sudah mulai menggabungkan Notification Center dengan Lock Screen.

12. 2018 – Peluncuran iOS 12


7720 IOS 12 Daily Social
Source: Daily Social

Pada versi ini stabilitas serta peningkatan performa lebih diutamakan.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian ios adalah beserta sejarahnya yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

BACA JUGA!

Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA