Internet Konek Tapi Tidak Bisa Browsing, Ini Penyebabnya!

0
Source: AppleToolBox

Saat ini teknologi memang menjadi prioritas utama yang digunakan dalam penyelesaian berbagai tugas. Manusia tak perlu lagi mencari informasi dengan kesulitan. Seperti membaca buku dan mencari ribuan buku. Bukan berarti buku tidak penting, namun dengan adanya internet, sudah pasti seluruh informasi bisa diakses dengan mudah. Meskipun demikian, terkadang terjadi kendala seperti internet konek tapi tidak bisa browsing.

Keadaan tersebut tentunya tidak terjadi begitu saja. Terdapat penyebab yang menjadi alasan terjadinya hal tersebut. Penyebab itulah yang nantinya harus segera diatasi. Berikut ini merupakan hal-hal yang berkaitan dengan internet mengalami konektivitas tapi tidak bisa digunakan untuk melakukan browsing.

Terdapatnya Suatu Gangguan yang Berasal dari Provider


Source: Tech Buzz Thinker

Terkadang apabila terdapat masalah sehingga mengalami kesulitan dalam melakukan browsing karena disebabkan dari providernya sendiri. Anda tak perlu khawatir. Dalam hal ini cukup menunggu. Memang biasanya provider melakukan pengecekan jaringan. Kemudian jika terdapat suatu masalah, maka akan melakukan perbaikan.

Perbaikan tersebut terkadang membutuhkan waktu yang lama. Pada saat perbaikan itulah Anda tidak bisa melakukan akses pada layanan internet. Apabila kondisi provider telah stabil, maka bisa proses browsing juga akan bisa dilakukan dengan normal.

Internet Konek Tapi Tidak Bisa Browsing Gangguan dari Cuaca


Source: Nasional Tempo

Adanya suatu masalah yang berkaitan dengan cuaca. Misalkan saja Anda mengakses internet pada saat hujan, maka biasanya internet akan mengalami gangguan. Gangguan yang terjadi akibat dari cuaca adalah kecepatan internet menurun. Anda akan menemui kesulitan dalam proses koneksi internet.

Internet menjadi lelet dan tidak bisa digunakan untuk melakukan browsing. Maka yang bisa dilakukan adalah tidak mengakses internet saat cuaca tidak mendukung seperti terjadinya hujan. Apabila hujan telah reda kemudian cuaca telah membaik maka Anda bisa mengakses internet kembali. Hal tersebut menjadi penyebab internet konek tapi tidak bisa browsing.

Terdapatnya Gangguan yang Disebabkan Trafik sedang Ramai


Source: Impossible Marketing

Biasanya yang menjadi penyebab dari kesulitan melakukan browsing adalah kunjungan trafik sedang ramai. Anda juga harus tahu bahwa terdapat waktu-waktu tertentu yang menyebabkan kondisi internet melemah. Sehingga kesulitan digunakan untuk browsing. Umumnya hal tersebut terjadi pada jam 6 sore ke atas hingga jam 12 malam. Jika Anda ingin mengakses internet dengan lancar, maka bisa mencoba untuk melakukan akses di atas jam 12 malam atau sebelum jam 6 pagi. Pada saat tersebut, umumnya pengunjung trafik akan berkurang. Jadi, internet menjadi stabil dan bisa digunakan untuk browsing.

Internet Konek Tapi Tidak Bisa Browsing Karena Kesalahan dalam Sistem Konfigurasi


Source: Rini

Sering sekali banyak yang mengeluhkan internet konek tapi tidak bisa browsing. Anda harus tahu penyebabnya, bisa saja terjadi karena dari kelalaian Anda atau pihak yang melakukan setting pada PC Anda. Terdapat suatu kasus yaitu, terjadinya kesalahan dalam sistem penyettingan.

Sehingga internet tidak bisa digunakan untuk browsing. Apabila hal ini terjadi, maka yang harus dilakukan adalah dengan melakukan penyetingan ulang kembali. Apabila telah selesai, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan browsing kembali.

Solusi yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Hal Tersebut


Source: Lintel Technologies

1. Melakukan Restart pada Perangkat

Saat Anda mengetahui bahwa browser tidak bisa dilakukan untuk browsing, maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan restart terlebih dahulu pada komputer atau PC. Restart akan membantu komputer untuk melakukan pembaharuan secara berkala. Bahkan sebenarnya restart ini tidak hanya dilakukan pada komputer yang mengalami masalah saja.

Jika Anda terlalu lama dalam pemakaian komputer, maka sudah pasti komputer atau PC akan kelelahan. Dengan demikian, Anda bisa melakukan restart langsung tanpa menunggu adanya masalah.

2. Melakukan Cek Pada Provider

Dalam melakukan koneksi internet pastinya Anda menggunakan provider tertentu. Saat internet tidak bisa konek, biasanya disebabkan oleh adanya gangguan pada provider Anda. Anda bisa langsung melakukan cek dan apabila ternyata benar, maka harus segera melakukan perbaikan. Hal tersebut agar koneksi internet bisa digunakan untuk browsing.

3. Menunggu Sementara Waktu

Kemudian selain kedua hal tersebut, Anda bisa bersabar terlebih dahulu. Kadang memang jaringan internet sering mengalami lemot. Oleh karena itu, bersabar sementara waktu dan menunggu merupakan cara yang bisa digunakan. Anda jangan terburu-buru. Tunggu hingga beberapa saat sampai jaringan internet menjadi stabil kembali.

4. Melakukan Setting Proxy

Proxy merupakan salah satu komponen yang penting dalam proses terjadinya hubungan antar internet. Proxy sendiri nantinya akan berguna untuk mengatur jaringan. Jadi, Anda bisa melakukan setting terlebih dahulu.

Memang banyak sekali orang yang menemukan masalah sama. Masalah yang sering terjadi pada kondisi internet konek tapi tidak bisa browsing. Sebenarnya hal tersebut bukan masalah yang besar. Jadi, tidak perlu dikhawatirkan.

Anda bisa melakukan beberapa setting tertentu untuk mengatasi hal tersebut. Tetapi apabila Anda kurang memahami terkait dengan setting, lebih baik jangan melakukannya sendiri. Karena dikhawatirkan malah akan membuat PC menjadi error dan sebagainya.

BACA JUGA!

Cara Memasang Ekstensi Google Chrome di Opera Browser