Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Inilah Ukuran Margin Makalah yang Baik dan Benar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
1411-margin1
Daftar Topik

Buat kamu yang seorang pelajar ataupun mahasiswa pastinya tidak asing lagi dengan kata makalah. makalah sendiri merupakan tugas sekolah atau tugas kampus yang diharuskan untuk dicetak serta umumnya akan dikumpulkan pada saat pertemuan yang akan datang.

Makalah sendiri makan naskah yang sistematik dan juga utuh, biasanya makalah ini merupakan garis garis besar tentang sebuah masalah yang ditulis dengan pendekatan satu atau lebih menggunakan disiplin keilmuan tertentu. Entah itu, untuk menerangkan pendapatnya dalam bidang ilmu yang terkait.

Pembuatan makalah sendiri rupanya juga memiliki ketentuan terlebih lagi dalam pengaturan kertasnya. Untuk pengaturan kertas biasanya akan menggunakan fitur margin yang ada di Microsoft word. Banyak sekali para pelajar ataupun mahasiswa yang tidak mengetahui ukuran margin yang benar pada pembuatan makalah.

Fungsi Fitur Margin pada Microsoft Word


Margin sendiri merupakan sebuah fitur yang selalu ada di Microsoft word di mana mesin tersebut berguna untuk mengatur jarak di antara bagian kiri atas, bagian bawah, bagian kiri, dan bagian kanan. Di mana penghitungan jarak dari dokumen tersebut menggunakan hitungan cm.

Tak hanya itu, dengan adanya fitur margin ini kalau pun juga dapat mengatur orientasi yang ada pada dokumen tersebut apakah nantinya akan ditampilkan dalam bentuk cetakan yang memanjang ke atas atau dicetak ke dalam bentuk memanjang ke samping.

terlebih lagi kegunaan dari margin sendiri rupanya juga memungkinkan kamu pada saat mengatur border atau garis tepi pada dokumen. Di mana kamu bisa menyesuaikan garis apa yang ingin digunakan apakah garis biasa, garis putus-putus atau pun melakukan modifikasi sedemikian rupa agar memiliki tampilan dengan ukuran yang sangat kecil yang mana garis tersebut mengitari tepi document.

Teknik Pembuatan Makalah


Dalam pembuatan makalah hal pertama yang wajib untuk kamu lawan ialah sudah menentukan tema atau topik yang akan dibahas. jika topik yang kamu bawa sudah dirancang maka penentuan judul makalah akan menjadi lebih mudah. namun biasanya bagi para pelajar ataupun mahasiswa penentuan dari judul makalah telah diatur oleh dosen atau guru sehingga kamu pun hanya perlu mencari topik pembahasannya.

Langkah yang berikutnya kamu diwajibkan untuk mengumpulkan bahan referensi. referensi ini bisa kamu dapatkan dari buku, jurnal, ataupun artikel yang berada di perpustakaan atau internet. ketika referensi telah sesuai dengan judul yang kamu miliki maka penulisan dari makalah harus sistematis, dimana nantinya kamu harus menyesuaikan dengan struktur makalah.

Ukuran Margin yang Baik dan Benar dalam Pembuatan Makalah


Pembuatan Margin Ukuran 4 3 4 3

Biasanya masing-masing kampus memiliki aturan tersendiri dalam pengaturan margin ketika pembuatan makalah. Teruntuk kamu yang melakukan pengaturan ukuran makalah dengan format 4 3 4 3, maka bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Langkah yang pertama kamu diharuskan untuk memilih menu page set up yang ada di Microsoft word. Yang mana menu page setup tersebut berada di menu page layout.
  • Langkah yang berikutnya ialah dengan memilih menu margin, yang nantinya muncul pop-up margin lalu kamu bisa memilih tulisan custom margin.
  • Dan nantinya akan muncul jendela page setup.
  • Kemudian pada menu margin nantinya kamu perlu mengartur secara manual seperti berikut ini Top: 4 cm ; Left : 3 cm ; Bottom : 4 cm ; Right : 3 cm.
  • Langkah yang berikutnya ialah dengan masuk ke menu paper.
  • Pada menu ini kamu diharuskan untuk mengatur menu paper size menjadi A4.
  • Dan berikutnya adalah klik OK agar membuat margin dari makalah 4 3 4 3.

Pembuatan Margin Ukuran 4 4 3 3

Untuk ukuran margin yang satu ini memang sangat cocok jika digunakan untuk membuat makalah dan sekaligus dalam pembuatan skripsi. Langkah pertama dalam pembuatannya kamu pun juga harus memilih menu page layout, Di mana mang tersebut akan memudahkan anda dalam pengaturan margin. Selanjutnya kamu diharuskan untuk memilih menu page set up.

Jendela page setup pun akan muncul mengenai menu menu margin, namun kamu harus memilih tulisan yang paling bawah yakni tulisan custom margin. Lalu pada menu tersebut akan muncul pengaturan pada bagian atas, bawah, kanan, kiri, kertas. Untuk pengaturan bisa dilakukan secara manual. Setelah kamu telah menuliskan ukuran pada masing-masing kolom tersebut, maka kamu harus menekan tulisan Ok.

Nah, itulah sekilas info yang bisa diberikan kepada kamu mengenai ukuran yang tepat dalam pembuatan makalah. Pastikan kamu memahami dengan betul langkah-langkah dari pembuatan margin sehingga makalah pun tidak mengalami kekeliruan. Dengan adanya penjelasan diatas semoga saja dapat membantu kamu yang ingin membuat makalah.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT UKURAN MARGIN SKRIPSI 4 4 3 3

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP