Inilah Trik Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Menurunkan-Kolesterol-Secara-Alami[1]
Daftar Topik

Kolesterol adalah sebuah penyakit yang sering menyerang orang dewasa yang memiliki pola makan tidak sehat. Pengertian kolesterol sendiri adalah zat berlilin yang ada pada seluruh sel tubuh untuk menghasilkan hormon, vitamin D, dan beberapa zat baik lainnya. Lalu mengapa orang bisa terjangkit penyakit yang satu ini? Simak penjelasan kolesterol dan trik menurunkan kolesterol secara alami berikut ini.

Mengenal Jenis Kolesterol dan Penyebabnya


Pada dasarnya, kolesterol akan berpindah melalui aliran darah dalam bentuk kecil dan bisa mengikat protein. Ada dua jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh manusia, yaitu low density lipoproteins (LDL) dan high density lipoproteins (HDL). Kedua jenis kolesterol tersebut dikenal dengan kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Akibat dari penumpukan kolesterol tersebut adalah menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti jantung, stroke, hingga gagal jantung yang mengakibatkan kematian. Penyakit kolesterol yang biasa terjadi oleh orang dewasa adalah kolesterol tinggi. Hal tersebut bisa terjadi karena peningkatan kadar kolesterol di dalam darah yang melampaui kadar normal.

Penyebab utama dari penyakit kolesterol tinggi adalah kesalahan pola makan yang tidak sehat. Selain itu, kondisi badan yang tidak sehat akibat kurang berolahraga juga bisa menjadi faktor utama terserangnya penyakit kolesterol ini.

10 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol dengan Alami

Mengapa harus pergi ke dokter membuang biaya mahal untuk melakukan perawatan apabila dengan cara tradisional yang lebih hemat sudah bisa. Nah, berikut ini adalah 6 cara mudah menurunkan kolesterol secara alami yang bisa kamu terapkan di rumah.

Konsumsi oatmeal secara rutin

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi oatmeal. Oatmeal merupakan makanan kaya serat yang bisa menggantikan makanan berat dan sanggup menyerap kolesterol jahat (LDL). Kamu bisa menjadikan oatmeal sebagai pengganti sarapan pagi untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Olahraga teratur

Salah satu langkah yang paling ampuh untuk menghindari diri dari penyakit adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Perlu diketahui, olahraga tidak hanya bisa dijadikan sebagai penurun berat badan saja. Pakar ahli telah membuktikan dengan melakukan olahraga secara teratur juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Tidak harus melakukan olahraga berat, olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, berenang, atau jalan sehat yang dilakukan secara rutin juga bisa membantu menurunkan kolesterol.

Konsumsi kulit manggis

Saat ini, kulit manggis dipercaya memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Banyak sekali obat-obatan herbal yang dibuat dari ekstrak kulit manggis untuk pengobatan beberapa penyakit salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol. Kandungan xanthone yang ada di dalamnya bisa digunakan sebagai zat anti kanker dan antioksidan lebih kuat dibandingkan vitamin.

Cara mengkonsumsi kulit manggis untuk obat kolesterol adalah dengan memblendernya bersama air dan meminumnya secara langsung tanpa di tambah gula atau lainnya.

Minum air jeruk nipis secara rutin

Mengkonsumsi air jeruk nipis setiap pagi dan malam hari secara rutin juga bisa menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kandungan flavonoid di dalamnya mampu menjadikan antioksidan yang sangat kuat sehingga melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas seperti molekul tidak stabil yang bisa merusak sel sehat.

Cara mengkonsumsi air jeruk nipis untuk menurunkan kolesterol adalah cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat ketika bangun tidur dan sebelum tidur di malam hari.

Konsumsi jus jambu merah

Antioksidan dan kandungan vitamin yang ada di jambu merah dipercaya mampu untuk menurunkan kolesterol jahat dan menjaga stabilitas kolesterol baik di dalam tubuh. Apabila kamu ingin menurunkan kolesterol dengan cara alami dan mudah, beli saja jambu merah di pasar dan olah menjadi jus jambu secara rutin setiap hari.

Konsumsi brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang memiliki banyak peminat karena rasanya yang sangat lezat. Nah, ternyata, brokoli ini bisa digunakan sebagai obat kolesterol lho.  Brokoli memiliki kandungan yang bisa dijadikan sebagai detoksifikasi tubuh secara alami dan mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Cara mengkonsumsinya adalah dengan mengolah brokoli dengan cara di rebus. Karena di jadikan sebagai antioksidan penurun kolesterol jahat, kamu harus menghindari lemak dengan tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng.

Begitulah cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Semoga tips-tips di atas membantu proses penyembuhan sobat sekalian.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA