Inilah Tips Diet Saat Puasa yang Aman Bagi Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Jika kamu termasuk sebagai salah satu orang yang ingin melakukan diet pada saat puasa, maka asupan makanan yang kamu makan harus sangat diperhatikan. Pada saat berpuasa memang seharusnya tidak menjadi suatu halangan untuk tetap menjaga kebiasaan menjalani polah hidup yang sehat. Saat berpuasa, tubuh akan lebih banyak membutuhkan asupan makanan yang kaya akan nutrisi agar tetap bisa memenuhi kebutuhan energi untuk dapat beraktivitas dalam kegiatan sehari-hari.

Pada dasarnya, cara diet saat puasa sama seperti cara diet yang kamu lakukan dalam keseharian di luar bulan Ramadhan. Kamu harus tetap melakukan diet yang seimbang dengan proporsi asupan karbohidrat, protein dan lemak yang tepat pada saat sahur dan berbuka. Jika hal tersebut tidak kamu perhatikan dan tidak pula kamu lakukan, maka makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka justru akan membuat berat badan kamu bertambah.

Selain itu, jika kamu ingin menjalankan diet pada saat puasa kamu juga harus bersikap disiplin. Hal ini dikarenakan jika kamu tidak melakukannya secara disiplin, kesempatan kamu untuk menurunkan berat badan dan menjadi lebih sehat akan terbuang dengan percuma.

Berikut ini merupakan tips yang bisa kamu lakukan untuk menjalani diet pada saat puasa yang aman bagi tubuh dan tentunya tidak akan mengganggu aktifitas berpuasa kamu.

Tips Diet Saat Puasa yang Aman Bagi Tubuh

Memperhatikan asupan nutrisi

Pastikanlah jika makanan yang kamu konsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa sudah terpenuhi kelengkapan nutrisinya dan memenuhi semua kelompok makanan, seperti:

  • Penuhi kebutuhan karbohidrat dari gandum utuh, kentang, nasi merah atau oat.
  • Makan makanan yang mengandung protein yang tinggi dari telur, keju, kacang almond, edamame, dan yang lainnya.
  • Penuhi kebutuhan serat dengan mengkonsumsi sayuran dan buah seperti apel, pisang, wortel, bayam dan yang lainnya.
  • Konsumsilah makanan yang mengandung lemak sehat yang berasal dari ikan, daging sapi tanpa lemak, dada ayam, minyak zaitun, dan sebagainya.

Hindari produk olahan

Pada umumnya, makanan yang lezat dan membuat kita ketagihan adalah makanan yang mengandung MSG, pemanis buatan, sodium dan lemak dalam jumlah yang banyak. Itulah yang membuat kamu mudah merasa lapar karena sulit untuk mengontrol keinginan untuk memakan makanan tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu yang ingin menjalankan program diet saat puasa untuk menghindari produk makanan olahan dan juga junk food. Kamu harus mengurangi atau kalau bisa sebaiknya hindari memakan gorengan atau makanan lainnya yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Ketika berbuka dan sahur, pilihlah menu makanan yang dibuat sendiri agar asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu terjamin. Untuk membuat makanan olahan sendiri agar kandungan nutrisinya terjaga, kamu bisa menggunakan metode memasak dengan cara ditumis, rebus, kukus, dan dipanggang.

Makanlah secara perlahan

Sebagian besar orang pasti berkata bahwa mereka sering kali kalap ketika menyantap hidangan berbuka puasa. Memakan makanan dalam jumlah yang banyak dalam waktu dekat akan menyebabkan perut kita sakit dan bahkan kembung, sehingga tubuh pun akan merasa tidak nyaman karena kekenyangan.

Oleh karena itu, mulailah berbuka puasa dengan kurma, kemudian air putih yang diikuti dengan sup hangat dan semangkuk kecil salad sayuran atau buah-buahan. Setelah itu, lanjutkan dengan menyantap hidangan utama yang telah disiapkan.

Jika kamu telah merasa kenyang setelah memakan salad, kamu bisa memakan hidangan utama setelah 2 sampai 3 jam setelahnya. Memakan sup hangat akan membuat perut kamu terasa nyaman. Selain itu, dengan mengkonsumsi sup maka kebutuhan tubuh akan cairan pun akan terpenuhi sehingga dapat membantu sistem pencernaan untuk menerima makanan yang lebih berat. Makanan berkuah yang dianjurkan bagi kamu yang sedang menjalani program diet pada saat puasa adalah sayur bayam, sup jagung, sup ayam, atau sup sayuran campur.

Kurangi makanan tinggi gula

Sebagian besar orang yang berbuka akan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Akan tetapi, apakah kamu tahu bahwa jika kamu langsung mengkonsumsi banyak makanan dan minuman manis justru akan membuat perut kamu terasa kembung dan akan mengakibatkan terhambatnya sistem pencernaan. Makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi juga akan membuat kadar gula dalam darah menjadi tidak stabil. Kamu bisa memakan kurma pada saat berbuka puasa karena selain sebagai salah satu Sunnah berbuka, ternyata kurma juga merupakan sumber gula yang baik dan mengandung banyak nutrisi seperti serat, magnesium dan potassium yang dapat membantu memperlancar pergerakan sistem pencernaan.

Mengontrol asupan cairan dalam tubuh

Pada saat kita sedang menjalani puasa, tubuh akan mengalami dehidrasi secara perlahan. Oleh karena itu, pada saat berbuka dan sahur sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung air yang banyak untuk membantu tubuh dalam memenuhi asupan cairan.

Selain itu, hindarilah untuk memakan makanan yang mengandung garam dalam jumlah yang tinggi. Karena makanan yang banyak mengandung garam biasanya terdapat pada olahan pabrik seperti dalam kemasan kalengan atau pun makanan yang beku. Jika kamu memakan makanan seperti itu, maka kamu akan merasa lebih mudah haus ketika berpuasa. Makanan yang kadar garamnya tinggi akan membuat Anda lebih mudah haus ketika berpuasa. Kamu bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak air seperti air kelapa, semangka, selada, ketimun, jeruk dan sebagainya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjalankan program diet pada saat berpuasa yang aman bagi tubuh. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA