Inilah Tata Cara Tayamum Sesuai Sunnah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10320-tayamum debu
Daftar Topik

Saat ini air telah melimpah ruah. Bahkan sangat jarang orang menemui daerah yang mengalami kekeringan sehingga tidak terdapat air sama sekali. Saat ini yang dimaksud dengan kekeringan adalah apabila air yang biasanya melimpah menjadi berkurang dan sedikit. Namun, masih bisa digunakan untuk bersuci. Apabila di suatu daerah tidak terdapat air sama sekali, maka bersuci bisa digantikan dengan tayamum. Karena tayamum jarang dilakukan maka banyak orang yang bingung tata cara tayamum.

Tatacara tayamum yang benar memang sangat jarang diketahui. Terlebih bagi orang yang tidak pernah mengaji kitab fikih dan sebagainya. Berikut ini merupakan cara tayamum yang benar.

Syarat Dilakukannya Tayamum


Tayamum memiliki syarat dalam pelaksanaanya. Syarat ini menjadi sahnya tayamum yang dilakukan karena tayamum memiliki waktu tertentu dan berbeda dengan wudhu. Berikut ini merupakan tata cara tayamum dan syarat dilakukannya tayamum dengan benar.

1. Tidak menemukan air

Apabila seseorang terdapat pada suatu daerah dan tidak terdapat air sama sekali. Hal ini bisa dilihat bahwa air memang benar-benar tidak ada. Meskipun terdapat air, namun air tersebut hanya cukup apabila digunakan untuk minum. Apabila digunakan untuk berwudhu, maka air tidak akan cukup. Maka pada keadaan tersebut, seseorang boleh melakukan tayamum sebagai pengganti dari wudhu.

2. Terdapat air pada tempat jauh

Dalam daerah tersebut terdapat air, namun air tersebut terletak sangat jauh. Apabila orang tersebut tetap mencari air dan mengupayakan berwudhu, maka waktu sholat akan habis. Maka hal tersebut bisa menggunakan tayamum.

3. Air sulit diperoleh

Dalam daerah tertentu, terdapat air yang sangat dekat, namun air tersebut tidak bisa dijangkau. Hal tersebut bisa terjadi, misalkan di dekat air tersebut ditemukan binatang buas seperti adanya ular. Kemudian bisa saja orang tersebut mengalami sakit keras yang tidak memperbolehkan bersentuhan dengan air.

Pelaksanaan Tayamum dengan Benar


Karena tayamum ini memiliki fungsi yang sama dengan wudhu, maka tentu saja pelaksanaanya harus benar-benar memperhatikan rukun hingga syaratnya. Hal ini agar tayammum yang dilakukan menjadi sah. Kemudian ibadah yang dilakukan oleh orang tersebut juga menjadi sah. Hal-hal berikut merupakan pelaksanaan dan tata cara tayamum yang telah sesuai dengan petunjuk atau sunnah nabi.

1. Mempersiapkan debu

Tayamum merupakan cara bersuci dari hadas kecil dengan menggunakan debu. Karena digunakan untuk bersuci, maka debu yang digunakan harus benar-benar bersih. Gunakan debu yang kering dan terbebas dari kotoran.

2. Menghadap kiblat

Saat melakukan tayamum, hendaknya orang tersebut menghadap kiblat. Saat seseorang telah menghadap kiblat, maka selanjutnya bisa melakukan tahapan-tahapan dalam proses tayamum.

3. Menempelkan telapak tangan pada bagian tanah

Dalam menempelkan telapak tangan pada bagian tanah ini dilakukan sembari mengucapkan basmallah. Peletakkan tangan pada debu ini telah memasuki tahapan pertama seseorang melakukan tayamum. Apabila debu yang menempel pada area tangan terlalu banyak, maka orang tersebut bisa meniupnya sedikit. Agar debu menjadi lebih berkurang.

4. Mengucapkan niat pada saat mengusap wajah

Setelah debu berada pada telapak tangan, kemudian tata cara tayamum selanjutnya mengusapkannya pada bagian wajah. Hal ini sama dengan wudhu yang mengucapkan niat pada saat membasuh wajah. Maka, pada tayamum, niat diucapkan dalam hati saat mengusapkan tangan pada wajah.

5. Kembali mengambil debu

Kemudian tata cara tayamum yang selanjutnya yaitu, mengambil kembali debu dengan menggunakan telapak tangan. Telapak tangan bisa direnggangkan saat mengambil debu yang kedua ini. Apabila debu yang menempel terlalu banyak, maka bisa di tiup sedikit agar berkurang. Pengambilan debu yang kedua ini berfungsi untuk mengusap bagian tangan.

6. Mengusap lengan

Kemudian debu bisa di usapkan pada bagian lengan. Cara yang bisa digunakan untuk mengusapkan yaitu, dengan menggunakan telapak tangan kiri, usap bagian lengan. Jangan sampai mengenai telapak. Cukup punggung lengan saja. Secara bergantian, begitu pula telapak tangan kanan diucapkan pada bagian tangan kiri.

7. Usap pada bagian jari-jari

Setelah selesai pada bagian lengan termasuk jempol, maka Anda bisa menepukkan kedua tangan sembari meratakan pada bagian jari-jari tangan

8. Tertib dan membaca doa setelah selesai melakukan tayamum

Sama seperti melakukan wudhu, maka setelah tayamum juga membaca doa. Kemudian tata cara tayamum harus dilakukan dengan tertib dan urut.

Meskipun saat ini sangat jarang ditemui orang yang melakukan bersuci dengan tayamum. Tetapi, tetap saja sangat penting untuk mempelajari tentang tayamum. Mulai dari niat, syarat bisa dilakukannya tayamum hingga cara pelaksanaan tayamum yang tepat.

Meskipun keadaan air sangat melimpah, tetap bisa mungkin terjadi, Anda kesulitan dalam mendapatkan air. Seperti saat sedang melakukan bepergian pada daerah yang sulit mendapatkan air. Maka tata cara tayamum perlu untuk dipelajari.

BACA JUGA!

Inilah Hal-Hal Yang Membatalkan Wudhu dan Wajib Diketahui

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP