Inilah Takaran Beras Merah Untuk Penderita Diabetes yang Pas

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Takaran Beras Merah Untuk Penderita Diabetes – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak meresahkan masyarakat karena sulit disembuhkan bahkan bisa menyebabkan kematian. Penderita diabetes juga tidak bisa mengkonsumsi sembarang makanan sehingga harus benar-benar selektif di dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Mereka harus benar-benar mencari makanan dengan kandungan gula rendah dan memperbanyak serat. Nah, salah satu jenis makanan yang cocok untuk penderita diabetes adalah beras merah. Beras merah sendiri berbeda dengan beras putih yang terkenal memiliki kandungan gula agak banyak. Dengan mengkonsumsi beras merah, Anda akan bisa mencegah peningkatan gula darah pada tubuh.

Sekalipun mengkonsumsi beras merah yang terkenal kaya akan serat, namun Anda juga harus tetap memperhatikan takarannya dan tidak bisa seenaknya sendiri supaya kadar gulanya tetap stabil. Nah, berikut akan diulas mengenai takaran beras merah untuk penderita diabetes yang pas.

Image result for beras merah

Mengapa Beras Merah Baik Untuk Penderita Diabetes

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa seseorang yang menderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi beras merah dalam kesehariannya. Ada beberapa alasan yang didasarkan pada hasil penelitian. Alasan pertama adalah karena beras merah memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Penting untuk dijadikan pengetahuan bahwa proses olahan mentah beras putih adalah dengan menghilangkan bagian kulitnya dengan komposisi yang lebih banyak dibandingkan dengan beras merah. Dengan proses tersebut, sebagian dari serat beras putih akan hilang. Sedangkan untuk beras merah sendiri ternyata memiliki serat setidaknya empat kali lebih banyak dari pada beras putih. Dengan pemurnian yang minim tersebut, tentu kandungan vitaminnya juga lebih banyak. Selain itu, mineralnya pun juga tidak akan terbuang.

Nah, disebabkan karena perbedaan kandungan serat tersebut, maka beras putih memiliki kandungan glikemik yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras merah. Tentu ini menyebabkan peningkatan kadar gula di dalam tubuh. Oleh karena itu, beras merah sangat disarankan untuk para penderita diabetes.

Alasan selanjutnya adakah karena kandungan Asam fitat pada beras merah yang mempunyai sifat protektif. Kandungan ini terdapat pada bagian kulit padinya. Kandungan tersebut memiliki kemampuan mengikat mineral yang terdiri dari magnesium, seng, serta kalsium sehingga tidak bisa diserap oleh tubuh.

6 Daftar Nama Merk Beras Berkualitas Beserta Harganya

Takaran Beras Merah untuk Penderita Diabates

Image result for Beras Merah diabet

Nah, selanjutnya seorang penderita diabetes juga tidak bisa seenaknya menkonsumsi beras merah. Ada kadar tertentu bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi beras merah. Perlu digaris bawahi bahwa semakin banyak Anda memakan beras, maka kadar gula juga akan meningkat dalam jumlah yang cukup besar. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melebihi takaran saat mengkonsumsi beras merah sekalipun.

Kebanyakan orang akan mengkonsumsi nasi dalam jumlah cukup banyak setiap satu kali makan. Ini bisa membahayakan diabetes Anda. Bahkan ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa jika seseorang mengkonsumsi beras merah dalam kadar yang lebih tinggi banyak yang menderita diabetes mellitus.

Karena itu, Anda perlu memangkas sedikit demi sedikit porsi makan sehingga menjadi ideal bagi penderita diabetes. Biasakan diri Anda untuk mengkonsumsi nasi hanya dalam jumlah sekitar 45-60 gram setiap kali makan. Ini adalah jumlah yang umum untuk penderita diabetes. Namun, supaya lebih tepat dan cocok untuk Anda sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Baca Juga: 6 Daftar Nama Merk Beras Berkualitas Beserta Harganya

Tambahkan Pula Sayuran dalam Jumlah Banyak

Image result for konsumsi sayuran

Selain memperhatikan takaran, Anda juga harus pastikan memiliki asupan sayur yang cukup. Hal itu disebabkan karena sayuran memiliki kandungan serat yang lebih banyak dan bisa membantu Anda tetap kenyang. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah naiknya gula darah Anda sehingga tetap stabil. Karena kandungan glikemik pada beras itu cenderung tinggi, maka sebaiknya asupan makanan Anda diimbangi dengan sayuran yang cukup. Bahkan, Anda juga perlu memperbanyak konsumsi sayur dibandingkan dengan nasi supaya kadar gula Anda menjadi normal kembali.

Karena harus diakui bahwa seseorang yang menderita diabetes terkenal sulit untuk menjadikan kadar gula mereka normal kembali. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar berusaha ekstra. Di samping sayuran, Anda juga perlu memakan buah dan juga makanan lain yang memiliki kandungan serat cukup banyak seperti kacang-kacangan.

Demikianlah uraian mengenai takaran beras merah bagi penderita diabetes yang bisa dijadikan sebagai acuan dan juga pengetahuan. Dengan menggunakan takaran di atas, tentu diabetes Anda bisa sembuh dan normal kembali. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda harus mengkonsumsi takaran tersebut secara rutin dan teratur sampai kadar gulanya menjadi stabil. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA