Inilah Segudang Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
manfaat terong
Daftar Topik

Siapa sih yang tidak mengenal sayuran lonjong satu ini? Sayur yang memiliki warna hijau dan ungu ini kerap kali menjadi makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Tak heran apabila di beberapa tempat makan ternama, sayuran terong ini selalu ada pada menu teratas pada sajian mebu vegetable.

Terong ini biasanya disajikan dalam bentuk lalapan atau sambal goreng, paling banyak dua macam model olahan ini yang seringkali laris manis saat penjualannya. Banyak orang yang menyukai sayuran terong ini karena rasanya yang enak, tanpa mengetahui khasiat atau manfaat yang ada di dalam kandungannya. Apabila beberapa orang menyukai terong ini karena alasan untuk mengambil manfaatnya, pasti tidak ada satu pun orang yang melewatkan untuk memakan terong secara rutin. Tanpa disadari, terong baik hijau atau ungu memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Terong

Sayuran ini memiliki nama ilmiah solanum melongena, sayuran ini berasal dari India dan Sri Lanka. Jenis sayuran ini sering kali diolah menjadi lauk makan yang sedap dan mantap. Lauk terong ini bukan hanya memiliki cita rasa yang enak dan lezat tapi juga mengandung banyak sekali manfaat di dalamnya. Manfaat – manfaat ini banyak sekali, sehingga membuat kesehatan para pengonsumsi terong ini menjadi cukup baik.

Kandungan Gizi Pada Terong

Sayuran terong dikenal sebagai sayur lalap yang ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bagus untuk tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. ada juga, zat besi, Antosianin, komponen fenolik (Ellagic Acid), retensi dan Phycocyanian.

Kandungan gizi pada terong ini tentunya sangat baik pada kesehatan. Terong ini adalah salah satu makanan yang sangat di sarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena memang sangat aman dan tidak akan memperburuk kondisi seseorang yang menderita diabetes,

Manfaat Terong

Bagi Anda yang selama ini mengonsumsi sayuran terong hanya karena rasanya, sepertinya Anda juga harus tahu apas saja manfaat dari terong. Dan bagi Anda yag tidak suka dengan sayuran yang satu ini, Anda juga wajib tahu apa sajakah manfaat yang terkandung di dalamnya. Berikut ini adalah beerapa manfaat yang terkandung di dalam sayuran terong.

  • Jantung.

Terong memiliki manfaat yang bisa membuat kadar kolesterol menjadi stabil. Bukan hanya itu saja, tekanan darah juga akan menjadi normal. Dengan begitu, maka akan mengurangi resiko dari penyakit jantung.

  • Otak

Memakan terong ini ternyata sangat berpengaruh pada perkembangan otak, dengan mengonsumsi terong secara rutin ini ternyata aka menjaga membrane sel otak dari adanya kerusakan. Dan juga meningkatka daya ingat.

  • Diet

Terong ternyata baik untuk dijadikan menu untuk diet karena mengandung banyak air da kalori yang rendah. Terong ini adalah pilihan makanan yang tepat untuk program penurunan berat badan. Tekstur terong yang kenyal, menandakan bahwa sayur tersebut bisa dikonsumsi dalam wujud mentahan.

  • Pencernaan

Permasalahan system pencernaan ini seringkali muncul dan dialami banyak orang. Biasanya permasalahan system pencernaan ini diakibatkan oleh kurangnya pengonsumsian serat. Dan terong ini adalah salah satu sayuran yang cukup memiliki kandungan serat yang baik.

  • Kadar Gula Darah

Terong memiliki kandungan karbohidrat larut yang cukup rendah. Terong ini memiliki manfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah dan juga bisa mengontrol tingkat penyerapan glukosa. Dengan begitu, terong ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Kulit

Kandungan air yang banyak di dalam terong ini membuat kulit menjadi tetap lembab. Dengan begitu, maka kulit akan terhindar dari dehidrasi. Orang yang sering mengonsumsi terong ini maka kulitnya akan sehat, halus dan lembab.

  • Kulit kepala

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalam terong ini ternyata juga akan memberikan nutrisi yang baik untuk kulit kepala. Dengan mengonsumsi terong secara rutin maka permasalahan kulit kepala ini akan terhindari.

Nah, itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam kesehatan. Dari berbagai macam jenis kandungan yang terdapat pada sayuran ini, tentunya memang cukup banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika mengonsumsi terong ini secara rutin. Bagi Anda para pecinta terong, jangan bosan dengan sayuran yang satu ini. Dan bagi Anda yang tidak menyukai terong, sebaiknya Anda berpikir ulang, mengingat banyaknya manfaat yang sangat baik dan kandungan yang berguna untuk tubuh.

 

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA