Inilah Perbedaan Simpati dan Empati Beserta Contohnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Inilah-Perbedaan-Simpati-Dan-Empati-Beserta-Contohnya-768x392[1]
Daftar Topik

Pastinya semua manusia diciptakan sebagai makhluk sosial dimana dalam kehidupan semua insan akan membutuhkan orang lain. Dan itulah sebabnya sangat di perlukan memiliki hubungan yang baik antar sesama manusia agar nantinya kehidupan manusia bisa tetap tentram dan juga damai bisa terwujud. Salah satu cara yang paling efektif untuk selalu menjaga kondisi tersebut adalah memiliki rasa empati dan simpati yang tinggi.

Banyak orang yang selalu mengucapkan istilah simpati yang juga empati namun tidak mengerti dengan benar definisi dari simpati dan juga empati sehingga banyak yang salah mengartikan. Simpati dan empati ternyata memiliki beberapa perbedaan yang mana banyak orang yang tidak mengetahuinya. Simpati itu merupakan suatu perasaan yang di miliki oleh seseorang yang memiliki rasa ketertarikan dari penampilan, sikap, wibawa dan perbuatan yang dilakukan orang lain. Sedangkan empati itu tidak hanya perasaan jiwa saja namun juga perasaan yang sangat mendalam di sertai dengan tindakan. Untuk bisa mengetahui perbedaan dan empati lebih banyak maka simak ulasan berikut ini:

Pengertian simpati dan contohnya

Definisi simpati menurut kamus besar bahasa Indonesia bisa di diartikan dengan keikutsertaan seseorang untuk merasakan apa yang di rasakan oleh orang lain misalnya saja seperti sedih, senang, marah dan lain sebagainya.

Munculnya rasa simpati ini bisa di amati dengan adanya sebuah hubungan dari persahabatan, keluarga dan lain sebagainya. Tentu, Anda akan bertanya kapan sih perasaan simpati ini muncul. Perasaan simpati biasanya muncul di saat diri seseorang melihat sikap ataupun penampilan orang lain yang menarik dan baik. Contoh perbuatan simpati:

Contoh simpati ialah seperti pada saat kita mendengarkan kabar duka dari teman jika ada keluarnya yang telah meninggal, pastinya kita pun akan mengucapkan rasa bela sungkawa dan itu juga termasuk pada simpati. Kesimpulannya ialah jika simpati dan empati itu merupakan segala bentuk dari sebuah kepedulian namun yang membedakan adalah mengenai presentasi dari presentasi perasaan yang di punya kepada orang lain.

Definisi empati beserta contoh

Menurus KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia, empati itu adalah suatu kondisi dimana mental seseorang dapat merasakan maupun mengidentifikasi jika dirinya berada di kondisi yang emosional, perasaan dan pemikiran sama dengan orang lain.

Apabila menurut Eileen R dan juga Sylvina S rasa empati ialah kegiatan berfikir yang dimiliki oleh manusia sebagai makhluk individu yang terkait dengan rasa yang mana dihasilkan pada saat berhubungan dengan orang lain.

Dari definisi di atas, kita bisa memperoleh sebuah pemahaman jika seseorang berempati maka hal itu berarti seseorang tersebut sudah bisa mengetahui bagaimana pikiran yang di punya oleh orang lain. Dengan adanya rasa empati yang ada di dalam seseorang maka seseorang dapat mempunyai frekuensi perasaan yang sama dengan perasaan orang lain. perasaan empati juga bisa menjadikan seseorang terbiasa memandang semua hal tidak hanya dari satu sudut pandang. Dengan rasa empati ini, segala permasalahan yang tengah di hadapi juga bisa terselesaikan dengan cepat karena mendorong orang untuk menyelesaikan masalah bukan untuk menyerang orang lain.

Jadi bisa disimpulkan jika rasa empati itu adalah sikap yang memang sepantasnya sudah tertanam di dalam semua insan atau setiap individu. Dengan hadirnya sikap seperti itu menunjukkan jika setiap manusia adalah individu yang mempunyai perasaan. Dengan begitu, pada akhirnya bisa mendorong kita semua menjadi manusia yang dapat bermanfaat untuk sesame manusia.

Contoh dari empati sering kita temukan, misalnya saja pada saat kita melihat ada saudara- saudara kita yang mengalami sebuah musibah bencana alami yang menelan banyak korban. Masyarakat yang dekat maupun jauh dari lokasi bencana pastinya akan berbondong- bonding untuk memberikan sebuah bantuan yang sebaik mungkin dari materi maupun do’a. Tak hanya itu saja, masyarakat juga selalu ikut dalam merasakan apa yang tengah di rasakan oleh saudara- saudara kita yang sedang terkena musibah. Dari kehilangan keluarga, kehilangan anggota tubuh bahkan juga kehilangan harta benda. Contoh lainnya dari rasa empati ialah seperti kita mendengar berita duka yang berasal dari teman atau saudara jauh karena salah satu anggota keluarga ada yang meninggal maka pastinya kita akan memberikan ucapan rasa bela sungkawa.

Itulah sekilas info yang dapat diberikan kepada Anda mengenai perbedaan simpati dan empati. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP